https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jmia/issue/feed JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK 2024-07-05T19:02:38+00:00 Muhamad Sidik office@kampusakademik.co.id Open Journal Systems <p><strong>JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK (JMIA)</strong> ISSN: (cetak), ISSN: (online) adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh CV. Kampus Akademik Publising . JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK<strong> </strong>merupakan platform publikasi jurnal Karya suatu hasil penelitian orisinil atau tinjauan Pustaka yang ditulis oleh dosen atau mahasiswa. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin diantaranya yaitu: Manajemen, Ekonomi, Ekonomi Syariah, Akuntansi, Kewirausahaan, Bisnis, Ilmu Sosial Humaniora, Sastra, Bahasa, Pertanian, Kesehatan, Peternakan, perikanan, Politik, Pendidikan, Ilmu Teknik, Sistem Informasi, Teknik Elektro dan Informatika, Desain Komunikasi Visual, Ilmu Komunikasi, Hukum. Jurnal ini terbit 1 tahun 6 kali<strong> (Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, Desember)</strong></p> https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jmia/article/view/1808 BELAJAR MEMBACA KATA MELALUI PEMBELAJARAN VISUAL BASED LEARNING 2024-06-23T16:31:11+00:00 Rafli Aji Pangestu raflaysucay@gmail.com Ainun Jibral Nashor raflaysucay@gmail.com Syamsul Arifin raflaysucay@gmail.com <p>Guru atau seorang pendidik melakukan pemanfaatan teknologi informasi dalam aktifitas pembelajaran agar menarik perhatian siswa dan siswi untuk tujuan meningkatkan minat belajar siswa agar siswa dan siswi menyukai minat membaca kami selaku guru menginovasi cara belajar menggunakan pembelajaran visual based learning agar minat siswa dan siswi menyukai pembelajaran yang diberikan oleh guru dan meningkatkan.penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode mengumpulkan data menggunakan kuesioner. Berdasarkan uji lapangan ditemukan menggunakan visual based learning sebagai inovasi pembelajaran dapat meningkatkan minat dan kualitas membaca pada proses pembelajaran.</p> 2024-06-24T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jmia/article/view/1811 PERAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA 2024-06-23T18:46:45+00:00 Fajriyatul Munawaroh fajriyatulmunawaroh85@gmail.com Devi Prastika fajriyatulmunawaroh85@gmail.com Dwi Putri Malinda fajriyatulmunawaroh85@gmail.com M Tansilurrahman fajriyatulmunawaroh85@gmail.com <p>Jenis penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk mengeksplorasi peran perpustakaan sekolah dalam meningkatkan keinginan membaca siswa dan meningkatkan minat membaca mereka. Pendekatan kualitatif ini memungkinkan peneliti untuk mengeksplorasi, menggambarkan, dan menjelaskan berbagai aspek peran perpustakaan sekolah dalam meningkatkan keinginan membaca siswa. Data primer yang dikumpulkan secara langsung dari sumber utama dan data sekunder dikumpulkan secara langsung dari sumber utama. Hasil dari peran perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat membaca siswa adalah bahwa siswa yang sebelumnya tidak tertarik untuk mengunjungi perpustakaan menjadi lebih tertarik dan lebih beta menghabiskan waktu di perpustakaan, terutama di luar kelas. Mendapatkan pengetahuan baru tentang perpustakaan untuk petugas perpustakaan. Di antara banyak penyebab kualitas pembelajaran yang rendah adalah kurangnya pemanfaatan sumber belajar oleh dosen dan siswa.</p> 2024-06-24T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jmia/article/view/1869 EFEKTIVITAS GAME SPEELING BEE DAN PUZZLE GAMES DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSA-KATA BAHASA INGGRIS SISWA 2024-06-30T16:49:44+00:00 Selviana Tantri Imani fiana0920@gmail.com Yulia Qur’aini fiana0920@gmail.com Fitrotun Amaniyah fiana0920@gmail.com <p>Permainan speeling bee adalah permainan kompetisi mengeja kata yang dapat meningkatkan kemampuan mengeja kata yang dapat meningkatkan kemampuan mengeja kata siswa dalam pengenalan kosa kata baru, sementara itu permainan puzzle adalah seperti teka-teki silang dan anagram yang dapat membantu meningkatkan keterampilan pemahaman dan penguasaan kosa kata. Pada penelitian ini kami menggunakan metode literatur review dimana peneliti mencari, mengumpulkan, kemudian membaca jurnal² tersebut yang terkait dengan judul artikel. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perbandingan "efektivitas game speeling bee dan puzzle game dalam meningkatkan kosa kata bahasa inggris siswa".hasil review yang peneliti temukan menunjukkan bahwa permainan puzzle dan permainan speeling bee keduanya secara signifikan berkontribusi terhadap peningkatan kosa kata bahasa inggris. Dapat peneliti simpulkan bahwa dari kedua permainan ini, permainan speeling bee dan puzzle game dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran yang efektif dalam pengajaran kosa kata bahasa inggris bagi siswa.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jmia/article/view/1870 PERANAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER DAYA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIERA DIGITAL 2024-06-30T16:50:12+00:00 Nur Kholisa Aprilia kholisaaprilianur@gmail.com <p>Penulisan ini menjelaskan peranan perpustakaan sebagai sumber pembelajaran dalam meningkatkan literasi diera digital. Rumusan masalahnya yaitu bagaimana peran perpustakan dalam meningkatkan literasi diera digital.&nbsp; Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengkaji dan meningkatkan bagaimana literasi diera digital bukan hanmya tentang penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak sambil memperoleh pemahaman informasi yang mendalam. Adapun metode yang digunakan yaitu metode literatur riview, dimana penulisan yang menggunakan beberapa sumber dari jurnal ilmiah untuk di jadikan acuan atau referensi yang relevan dengan pokok masalah yang di bahas. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah bahwasanya perpustakaan sebagai sumber pembelajaran merupakan hal yang perlu dan sangat penting dalam dunia Pendidikan.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jmia/article/view/1871 EFEKTIVITAS PROGRAM LITERASI KELUARGA DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK 2024-06-30T17:18:34+00:00 Fitrotun Amaniyah fitratunamaniyah@gmail.com Ach. Cholisur Rahman fitratunamaniyah@gmail.com Oneil Izzat Zakaria fitratunamaniyah@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas program literasi keluarga dalam meningkatkan minat membaca anak serta faktor-faktor yang terkait di dalamnya. Metode deskriptif kualitaif digunakan dalam penelitian ini adalah orang tua siswa usia sekolah dasar (SD). Metode pengumpulan data menggunakan data menggunakan wawasan pustaka: mencari, membaca, menganalisis, dan menarik kesimpulan dari berbagai jurnal yang berkaitan dengan subjek tersebut.Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa efektivitas program literasi keluarga memiliki peranan yang baik dalam meningkatkan minat baca pada anak usia dini. Dan juga dapat memotivasi siswa agar lebih minat dalam membaca.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jmia/article/view/1872 PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA 2024-06-30T17:20:10+00:00 Rifdah Rihhadatul Aisy rifdah2428@email.com Lailatul Hasanah rifdah2428@email.com Nazwa Fenty Nurmalita rifdah2428@email.com <p>Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana pengaruh penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian literatur, dengan cara mengumpulkan data dan menganalisisnya dari berbagai sumber yang akurat seperti, buku, jurnal dan sebagainya. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan teknologi informasi&nbsp; dapat membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajar dalam semua mata pelajaran. Selain untuk siswa, teknologi informasi juga dapat digunakan untuk guru. Penggunaan teknologi informasi mempermudah guru dan siswa untuk mendapatkan informasi secara cepat. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknologi informasi merupakan media yang sangat penting, juga mempermudah siswa dan guru untuk mencari dan mendapatkan informasi, selain itu juga dapat meningkatkan motivasi belajar mengajar.</p> 2024-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jmia/article/view/1873 FENOMENOLOGI LITERASI INFORMASI TERKAIT PERILAKU KONSUMTIF MEDIA SOSIAL TIKTOK 2024-06-30T17:21:17+00:00 Suliastika Candra Wati arcadiacandra@gmail.com Shela Nabila arcadiacandra@gmail.com Dzildiyana arcadiacandra@gmail.com <p>Saat ini literasi menjadi hal yang cukup minim. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi pengaruh negatif terkait pembelian impulsif atau perilaku konsumtif di media sosial khususnya TikTok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dalam pendekatan fenomenologi ini, peneliti melakukan observasi dan wawancara sekilas dengan beberapa subjek untuk menemukan titik terang mengenai fenomena dan pengalaman yang dialami oleh subjek. Penelitian ini dilakukan dengan minimnya subjek dan waktu yang cukup singkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosial media TikTok sangat mempengaruhi literasi maupun perilaku konsumtif. Anak muda saat ini menilai bahwa globalisasi mempengaruhi keinginan untuk memiliki barang-barang yang bahkan belum tentu mereka butuhkan. Hanya dikarenakan media massa menginformasikan bahwa barang tersebut menarik, tanpa memikirkan fungsi mereka akan tetap membeli barang tersebut.</p> 2024-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jmia/article/view/1874 PENGUATAN LITERASI INFORMASI; BENTUK PENCEGAHAN BERITA HOAX DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI 2024-06-30T17:21:48+00:00 Ach Syamsul Muarifillah yuliaquraini211@gmail.com Yulia Qur’aini yuliaquraini211@gmail.com Fitri Saswani yuliaquraini211@gmail.com <p>Teknologi informasi dan Komunikasi merpakan suatu bidang ilmu pengetahuan yang perkembangannya semakin pesat dari tahun ke tahun. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi ini sangat bermanfaat bagi setiap manusia jika digunakan dengan sebai-baiknya dalam keidupan. Namun ada beberapa manusia yang salah dalammenyalahgunakan teknologi informasi dan komunikasi sehingga yang biasanya menjadi sarana yang bermanfaat bagi manusia namun dijadikansuatu sarana untuk merugikan manusia. Seperti halnya penyebaran berita palsu atau informasi yang tidak benar-benar terjadi dengan cepat melalui sosial atau platform online yang dapat mempengaruhi opini publik dan mengganggu stabilitas sosial. Oleh karena itu penting kita mampu memerangi dan mencegah adanya berita palsu tersebut dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dengan sebaik-baiknya. penelitian ini bertujuan untuk menguatkan literasi informasi dan mengetahui peran teknologi informasi dan komunikasi terhadap pembelajaran serta mengetahui solusi terhadap pemberantasan berita palsu</p> 2024-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jmia/article/view/1875 DAMPAK GLOBALISASI TERHADAP MORALITAS REMAJA DI TENGAH REVOLUSI DIGITAL 2024-06-30T17:22:18+00:00 Yuli Dwi Safitri yulisafitri294@gmail.com Ibrizal Karomi yulisafitri294@gmail.com Alvin Faridl yulisafitri294@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dampak globalisasi terhadap moralitas remaja di era revolusi digital. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti wawancara mendalam, observasi partisipan, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa globalisasi telah membawa perubahan dalam nilai-nilai, norma, dan gaya hidup remaja. Remaja cenderung terpapar oleh budaya asing melalui media massa dan teknologi digital, yang dapat memengaruhi pola pikir dan perilaku moral mereka. Namun, dengan penguatan identitas budaya, pendidikan moral di sekolah, penggunaan teknologi yang bijaksana, dan pembentukan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler, remaja dapat tetap menjaga moralitas bangsa di tengah arus globalisasi. Kesimpulannya, kerjasama antara keluarga, sekolah, masyarakat, dan pemerintah penting untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan moral yang baik bagi generasi muda Indonesia.</p> 2024-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jmia/article/view/1876 STRATEGI GURU DALAM MENGOPTIMALKAN INTERAKSI SISWA DI KELAS 2024-06-30T17:22:57+00:00 Irwan Rasyad irwanrasyad08@gmail.com Sri Rahayu Wulandari irwanrasyad08@gmail.com Ghazali irwanrasyad08@gmail.com <p>Strategi pengoptimalan interaksi siswa di kelas melibatkan berbagai pendekatan pedagogis yang dirancang untuk meningkatkan keterlibatan dan partisipasi aktif siswa dalam proses belajar-mengajar. Pendekatan ini meliputi penggunaan teknologi pendidikan interaktif, penerapan metode pembelajaran berbasis proyek, serta penyusunan lingkungan belajar yang mendukung kolaborasi dan komunikasi antar siswa. Penerapan strategi ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pemahaman akademik, tetapi juga untuk mengembangkan keterampilan sosial dan emosional siswa. Penelitian menunjukkan bahwa interaksi yang efektif di kelas dapat meningkatkan motivasi belajar, memperkuat hubungan antar siswa, dan menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan menyenangkan.</p> 2024-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jmia/article/view/1877 ANALISIS PEMANFAATAN AI TERHADAP PEROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA ANGKATAN 2022 PRODI PJKR STKIP PGRI SUMENEP 2024-06-30T17:23:32+00:00 Moh Junaidi mohjunaidi147@gmail.com Ach Khoirul Umam mohjunaidi147@gmail.com <p>AI (Artificial Intelligence) menjadi sebuah pembahasah yang menarik di kalangan Mahasiswa bagai mana tidak platfrom berbasis kecerdasam buatan dapat melakukan segala perintah manusia yang berpusat pada pengetahuan ataupun yang lainnya, korelasinya dengan pendidikan mengingat pertubuhan teknologi kian hari makin berkembang apakan mampu membanatu mahahasiswa dalam mengatasi rintangan dalam memahami proses pembelajaran lebibaik. Disini penulis merasa tertarik dengan fenomena tersebut dan bertujuan meneliti pemanfaatan AI atau yang kita kenal sebagai kecerdasan buatan terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa Prodi PJKR Kelas 4D STKIP PGRI Sumenep. Dengan demikian menyatakan AI atau kecerdasan buatan mampu memberikan dampak positifbagi mahasiswa dalam mehami materi dan referensi ide baru dengan lebibaik. Dinamika tersebut merupakan bukti bahwasanya AI membatu dalam proses pembeajaran mahasiswa.</p> 2024-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jmia/article/view/1878 ANALISIS PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN SENAM IRAMA 2024-06-30T17:24:15+00:00 Moh Fahrus Shadikin fahrusshadiqin52@gmail.com Dodik Sugianto fahrusshadiqin52@gmail.com Wirah Ayu fahrusshadiqin52@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai pengaruh kegiatan rutin senam irama di TK Miftahul Ulum terhadap perkembangan fisik motorik peserta didik di kelas TK B. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data diambil atau dilakukan dengan cara mengamati peserta didik ketika melakukan kegiatan senam irama di sekolah, dan wawancara terhadap kepala sekolah, serta melakukan pengamatan dari hasil perkembangan fisik motorik anak yang telah diampu. Adapun analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data terlebih dahulu, reduksi data sehingga memperoleh kesimpulan. Senam irama mempunyai peran yang tinggi terhadap perkembangan fisik motorik anak usia 4-5 tahun. Dalam penelitian ini seluruh peserta didik di kelas TK B semangat dalam mengikuti kegiatan senam irama tersebut. Sehingga, nilai motorik kasar anak berkembang dengan baik, dan dapat dikatakan juga bahwa senam irama sudah cukup mewakilkan dalam media stimulasi anak.</p> 2024-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jmia/article/view/1905 ANALISIS PERHITUNGAN DAN PENERAPAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 SERTA PELAPORANNYA 2024-07-01T20:20:30+00:00 Mutiara Dewi mutiaradewi736@gmail.com Rizkika Zalzabila Utami rizkika@gmail.com Siti Aisyah sitiaisyah@gmail.com Dini Vientiany dini1100000167@uinsu.ac.id <p>PPh Article 21 regulates income tax deductions on income received or earned by domestic individual taxpayers in connection with work, services and other activities. This research aims to analyze the mechanism for withholding, reporting and remitting PPh Article 21 and its implications for employers and employees. The research method used is descriptive analytical with a qualitative and quantitative approach. The research results show that withholding PPh Article 21 makes a significant contribution to state tax revenues, but there are still challenges in implementation caused by taxpayers' lack of understanding and inaccuracies in calculations. This research also provides recommendations for increasing compliance and efficiency in the administration of Income Tax Article 21.</p> 2024-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jmia/article/view/1954 Pelaksanaan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas IV SDN Pandeanlamper 02 2024-07-05T07:03:57+00:00 Nurulul Fatimah nurululfatimah211@guru.sd.belajar.id <p><em>Learning Indonesian has one skill, namely writing. Writing skills material is a travel report. In reality, students in writing travel reports could not reach KKM scores, especially at SDN Pandeanlamper 02 Semarang. This attracts researchers to find out how to improve writing skills at the elementary school level in grade IV. This attracts researchers to find out how to improve writing skills at the elementary school level in grade IV. This study uses quantitative research with experimental research taking the population of all students in the class totaling 27 students.</em> <em>Data collection using the test method. The results of the study showed that there was an increase in student learning outcomes, which was originally only 36.50% to 100%. Thus, it can be concluded that using serial images can improve the writing skills of grade IV students' travel reports.</em></p> 2024-07-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jmia/article/view/1953 PENERAPAN METODE PERMAINAN BISIK BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN RANDUGARUT 2024-07-05T07:03:17+00:00 Madaliyah Izah Mansyur madaliyahmansyur47@guru.sd.belajar.id <p><em>This research originated from observations that have been made in Class IV of Randugarut State Elementary School, that students' speaking skills are still lacking. This study aims to determine the application of the whispering chain game method to the speaking skills of fourth grade students of Randugarut State Elementary School. This type of research is quantitative research with experimental research type. The population in this study were all fourth grade students of Randugarut State Elementary School, totaling 23 students. The sampling technique uses purposive sampling Data collection was done through observation method and test method. The results of the research that has been carried out show that the use of the whispering chain game method affects the speaking skills of grade IV students of Randugarut State Elementary School, this is evidenced by the increase in the results of students' speaking skills in the experimental class. And there is a significant effect on the application of the chain sentence game method on the speaking skills of class students.</em></p> 2024-07-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jmia/article/view/1961 Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa 2024-07-05T07:04:21+00:00 oky wulandari okywulandari70@guru.sd.belajar.id <p><em>activity of choosing, establishing, and developing methods to desired learning outcomes based on existing conditions. During the educational process, students must have good speaking skills. In fact, students have not yet had good speech skills, as evidenced by the lack of communication between teachers and students as well as the student's condition of passivity during learning in the classroom. It attracted researchers to improve the speaking skills of V-grade students by applying the Think Pair Share learning model to the Indonesian language lesson. This study uses qualitative descriptive research taking the population of the entire VC class of 28 students. Data collection with observation and lifting methods. The results of the study showed the effectiveness of speaking skills of VC class students with a percentage of 90,20%. thus can be taken the conclusion that applying the learning model Think Pair Share can improve the speech skills of Class V students</em></p> 2024-07-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jmia/article/view/1970 PANDANGAN SYAFI’IYAH TENTANG KEENGGANAN UNTUK MENIKAH PADA WANITA DEWASA (STUDI KASUS DI DESA NYALINDUNG KECAMATAN CIPATAT KABUPATEN BANDUNG BARAT) 2024-07-05T18:06:08+00:00 Rofi Risti fauziawati rofiristi1408@gmail.com Abdullah Afif rofiristi1408@gmail.com <p><em>Islam encourages its followers to get married, as a form of obedience to Allah SWT. Although marriage is encouraged, in Nyalindung Village there is still an adult woman who is reluctant/postponing getting married. This reluctance triggers curiosity and opens questions: What are the factors behind this reluctance, and what is the view of Syafi'iyah regarding the factors that motivate the reluctance to marry an adult woman. This research is descriptive qualitative research using field or empirical studies. The author in obtaining data uses three data collection techniques, namely interviews, observation, and documentation. Meanwhile, the analysis used is data reduction, exposure and conclusion techniques. Based on the results of field research, the factors that cause adult women to be reluctant to marry are: trauma (psychological) factor, the factor of feeling happy without marriage and wanting to focus on career, and the factor of wanting to take care of parents. If in Syafi'iyah, the law of marriage for women who are reluctant to marry for the reasons above is makruh.</em></p> 2024-07-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jmia/article/view/1974 PANDANGAN MASYARAKAT TENTANG PERNIKAHAN NGETAN-NGULON DI DESA WONOREJO KECAMATAN GUNTUR KABUPATEN DEMAK PERSPEKTIF ‘URF 2024-07-05T19:02:38+00:00 FARIDATUN NISA nisrengganis12@gmail.com MASROKHIN Masrokhin@unhasy.ac.id <h1>The Ngetan-Ngulon wedding is a wedding tradition that is still preserved in Wonorejo Village, Guntur District, Demak Regency. This tradition prohibits Mbarep children from marrying someone whose home position is that the prospective groom is from the West and the bride is from the East, or vice versa. This research aims to determine the community's views on ngetan-ngulon marriages in Wonorejo Village.</h1> <p>This research uses qualitative methods with an Empirical Sociology approach. Data was obtained through observation, interviews and documentation. The path taken in collecting data was field research. The informants for this research were community leaders, religious leaders, and married couples who married in the Ngetan-Ngulon tradition.</p> <p>The results of the research show that people's views about the Ngetan-Ngulon marriage are divided into two. First, people support this tradition because it is considered an ancestral tradition that brings blessings and harmony in the household. Second, people do not support this tradition because it is considered an outdated tradition and the good intentions of their children. Third, the perpetrator continued to carry out the Ngetan-Ngulon marriage, even though the community and even himself believed that the Ngetan-Ngulon marriage was prohibited. With the different views of one society from another, this has proven that the Value of 'Urf must be upheld at every level of society. Urf is not something final but rather a way to enforce inequality.</p> <p>The results achieved from this research are that the factors that cause the community to maintain the Ngetan-Ngulon marriage in Wonorejo Village are myth, economic, psychological, health, traditional and cultural factors and traditional figures are still used as role models for the habits inherited from their ancestors.</p> 2024-07-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK