Pengaruh e-Trust, e-Service Quality, dan Minat Pembelian Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Shopeepaylater di Platform e-Commerce Shopee.
DOI:
https://doi.org/10.61722/jrme.v1i1.1156Keywords:
e-trust, e-service quality, minat pembelian, keputusan pembelian, shopeepaylaterAbstract
Saat ini, Shopee berinovasi untuk mendapatkan e-Trust, e-Service Quality maupun meningkatkan minat pembelian konsumen melalui shopeepaylater. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-Trust, e-Service Quality dan minat pembelian terhadap keputusan pembelian menggunakan shopeepaylater di platform e-Commerce shopee. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi Mahasiswa Program Studi D-IV Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Malang. Data dikumpulkan dengan cara menyebar kuesioner atau angket kepada 75 responden menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan pendekatan Purposive Sampling. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Mahasiswa Program Studi D-IV Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Malang melakukan keputusan pembelian menggunakan shopeepaylater di platform e-Commerce shopee dengan mempertimbangan e-Trust, e-Service Quality, dan Minat Pembelian.
References
Alma, Buchari. 2018. Manajemen Pemasaran. Bandung: PT Alfabeta.
Asarila, Inggardini. 2021. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pembayaran Shopee PayLater. Bandung: Universitas Telkom.
Ayuningtiyas, Kartika. 2018. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Daring Di Aplikasi Bukalapak Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Business Administration, e-ISSN:2548-9909, Vol 2, No 1, Maret 2018, hlm. 152-165.
Dailysocial.id, (2022). (https://dailysocial.id/post/PayLater-makin-diminati-konsumenuntuk-belanja-online diakses pada 8 Februari 2023, Pukul 12.48)
Firdausya, Cantika Puspa. 2019. Pengaruh E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian. Prosiding Manajemen, ISSN: 2460-6545, Volume 5, No. 1, Tahun 2019.
Emeralda. et. al. 2020. Analisis E-Trust, E-Wom, Dan E-Service Quality Dalam Keputusan Pembelian Online. Jurnal Perspektif Bisnis, P-ISSN: 2338-1115, EISSN: 2721-1363, Volume 3, Nomor 2, November 2020, (63-75).
Hairun, Rizkia. 2022. Pengaruh Harga, Kepercayaan dan E-Service Quality terhadap Keputusan Konsumen Membeli Barang Online. Jurnal Kolaboratif Sains, ISSN 2623-2022, Volume 05, Nomor 06, Juni 2022.
Hidayah, R. T., & Utami, E. M. 2017. E-Service Quality and E-Recovery ServiceQuality on E-Satisfaction Lazada.com. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 8(2), 257-274.
Junardi & Sari, Melia. 2019. Analisis Pengaruh E-Service Quality Terhadap ELoyalty Melalui E-Satisfaction Pelanggan JD.ID di Pontianak. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, ISSN 2654-7325, ISSN 2656-7695, Vol. 2 No. 1.
Kotler, Amstrong. 2016. Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England. Pearson Education Limited.
Koufaris, Mario. 2004. The Development of Trust in An Online Company by New Customers. Information and Management Journal, Vol. 41, pp. 377-397.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.
Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi ke-3. Jakarta: Salemba Empat.
Nurmanah, Ima. 2021. Pengaruh Kepercayaan (Trust) Dan Kualitas Pelayanan Online (E-Service Quality) Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Bukalapak. At-Tadbir: Jurnal Ilmiah Manajemen, DOI: 10.31602/atd.v5i1.3384, Vol. 5, No. 1, 2021, 11 – 21.
Rozi, Imam Fakhrur. 2017. Pengaruh E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Kereta Api Online. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), ISSN: 2337-6708, Volume 01, Nomor 01, Tahun 2017.
Sunyoto, Danang. 2019. Dasar Dasar Manajemen Pemasaran, Konsep, Strategi dan Kasus. Jakarta: Center of Academics Publishing service.
Sriyanto, Agus. 2019. Pengaruh Brand Ambassador, Minat Beli, Dan Testimoni Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomika dan Manajemen, Vol. 8, No. 1, April 2019, hlm. 21-34.
Tjiptono et. al. 2020. Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
Turban, Efraim. ed. 2015. Electronic commerce a Managerial and Social Networks Perspective 8th edition. Springer.
Wibowo. 2016. Manajemen Kinerja. Edisi Kelima, -14240. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.