PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO SERVIS HP CEMERLANG
DOI:
https://doi.org/10.61722/jrme.v1i2.1447Keywords:
Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian, Regresi Linear Sederhana, Toko Servis HP CemerlangAbstract
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Servis HP Cemerlang, Balikpapan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data dari kuesioner kepada pelanggan pada Mei 2024. Instrumen dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai r hitung > r tabel, dan Cronbach’s Alpha > 0.6. Data residual berdistribusi normal berdasarkan uji Kolmogorov-Smirnov (signifikansi 0.085 > 0.05). Nilai R Square yang dihasilkan dari analisis regresi linear sederhana sebesar 0.267, berarti 26.7% variasi dalam keputusan pembelian dijelaskan oleh kualitas pelayanan. Persamaan regresi: Y = 11.369 + 0.507X, mengindikasikan setiap peningkatan satu unit kualitas pelayanan meningkatkan keputusan pembelian sebesar 0.507 unit. Uji t menunjukkan pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian (t hitung 3.960, signifikansi < 0.001). Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya kualitas pelayanan dalam mempengaruhi keputusan pembelian, dengan saran untuk peningkatan kualitas pelayanan melalui pelatihan karyawan, pembaruan fasilitas, dan sistem penanganan keluhan yang lebih baik.
References
Andrian, Putra, C. I. W., Jumawan, & Nursal, M. F. (2022). Perilaku Konsumen (R. Iye, Ed.; 1st ed.). Rena Cipta Mandiri.
Chandra, T., Chandra, S., & Hafni, L. (2020). Service Quality, Consumer Satisfaction, dan Consumer Loyalty: Tinjauan Teoritis (M. Ainawati, A. Wibowo, C. I. Gunawan, & M. T. Hidayat, Eds.; 1st ed.). CV IRDH.
Djafar, N., Yantu, I., Sudirman, S., Hinelo, R., & Hasiru, R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di CV. Mufidah Kota Gorontalo. Journal of Economic and Business Education, 1(2), 76–82.
Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran) (D. Novidiantoko & E. R. Fadilah, Eds.; 1st ed.). Deepublish.
Ginting, G. (2018). EKMA4568 – Pemasaran Jasa (Edisi 2) (2nd ed.). Universitas Terbuka.
Imanto, T., Edris, M., & Faris. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Toko ATK Hikmah. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 313–318.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan (1st ed.). Unitomo Press.
Patmala, H. S., & Fatihah, D. C. (2021a). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di UKM Mart Kartika Widya Utama. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 1154–1170.
Patmala, H. S., & Fatihah, D. C. (2021b). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di UKM Mart Kartika Widya Utama. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 1154–1170.
Ramadani, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Handphone. IQTISHADequity, 1(2), 36–46.
Situmorang, E. D. B., Gultom, R., Nadapdap, K., & Sihite, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Toko Amanda Brownies. Jurnal Riset Manajemen, 6(1), 38–49.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (26th ed.). CV. Alfabeta.
Sulistiyowati, W. (2018). Buku Ajar Kualitas Layanan: Teori Dan Aplikasinya (S. B. Sartika, Ed.; 1st ed.). UMSIDA Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.