ANALISIS PERBANDINGAN PERSEPSI PELANGGAN TERHADAP BAURAN PEMASARAN KOPI JANJI JIWA DAN FORE COFFEE

Authors

  • Rapiana Universitas Terbuka
  • Nugraha B S Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.61722/jrme.v1i3.1632

Keywords:

Bauran Pemasaran, Coffee Shop, Presepsi Pelanggan, Kopi Janji Jiwa, Kopi Fore

Abstract

Perkembangan bisnis Coffee Shop memunculkan berbagai banyak merk baru yang mulai memasuki pasar bisnis food and beverages. Cepatnya pertumbuhan bisnis Coffee Shop berjalan seiring dengan peningkatan permintaan konsumen terhadap produk minuman siap saji terutama produk Kopi. Perubahna gaya hidup banyak mempengaruhi cara konsumen dalam mengonsumsi produk kopi yang tidak hanya menuntut adanya rasa enak tetapi juga fungsi dan manfaat lain misalnya suasana dan penyediaan tempat. Saat ini terdapat dua brand Coffee Shop yang popular yaitu Kopi Janji Jiwa dan Kopi Fore. Karya ilmiah ini merumuskan masalah bagaimana presepsi pelanggan terhadap bauran pemasaran pada brand Kopi Janji Jiwa dan Kopi Fore. Tujuan penulisan dilakukan untuk mengetahui presepsi konsumen terahdap bauran pemasaran yang mampu dilakukan oleh setiap brand. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui survey. Teknik pengambilan sampel dilakukan melalui accidental sampling, didapatkan 33 konsumen yang dapat ditemui dan bersedia mengisi survey selama 14 hari pengamatan. Hasil didapatkan bahwa kedua brand baik Kopi Janji Jiwa maupun Fore memiliki capaian responden secara keseluruhan yaitu Baik. Namun Kopi Janji Jiwa mampu mendapatkan nilai capaian responden lebih tinggi dari Kopi Fore. Kopi Janji Jiwa mendapat nilai capaian responden sebesar 86,87% sedangkan Kopi Fore mendapatkan total capaian responden sebesar 86,11%. Maka perbedaan presepsinya overall hanya tipis sekali. Perbedaan selanjutnya yaitu pada presepsi konsumen pada Kopi Janji Jiwa mayoritas menyatakan bahwa brand Kopi Janji Jiwa Amat baik sedangkan Kopi fore konsumen mayoritas menyatakan bauran pemasaran brand Kopi Fore baik.

References

Aslichati, L. (2023). Metode Penelitian Sosial. Universitas Terbuka.

Christian, I., & Kartawidjaja, J. (2021). Analisis Perbandingan Persepsi Pelanggan Terhadap Bauran Pemasaran Kopi Janji Jiwa Dan Kopi Kenangan. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(7), 3269. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i7.3653

Dharmmesta, B. S. (2023). Manajemen Pemasaran. Universitas Terbuka.

Kotler, P. dan G. A. (2018). Principles of Marketing Global Edition 17th Edition. Pearson Education.

Pratiwi, R. W. (2022). Persepsi Anak Muda Di Surabaya Mengenai Coffee Shop Sebagai Gaya Hidup Masyarakat Perkotaan. Commercium, 5(2), 238–248. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/47850/39945

Rahmadani, P., Sumar, S., & Saputra, D. (2023). Analisis Perbandingan Customers Perceived Quality, Customer Experience dan Service Quality pada Coffee Shop “Lain Hati” dan “Temu Kopi” Pangkalpinang. Holistic Journal of Management Research, 8(2), 44–54. https://doi.org/10.33019/hjmr.v8i2.4341

Rizqiawan, H., & Novianto, I. (2023). Persepsi Pelanggan Pada Aspek Atmosfer Bisnis Kafe Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 628–652. https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2613

Simamora, B. (2019). Pemasaran Strategik. Universitas Terbuka.

Simarmata, A., Jocom, S. G., & Kaunang, R. (2022). Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Aspek Bauran Pemasaran (Marketing Mix 7p) Pada Black Cup Coffee Roaster Di Kota Manado. Agri-Sosioekonomi, 18(3), 699–708. https://doi.org/10.35791/agrsosek.v18i3.44693

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sumarwan, U. (2022). Perilaku Konsumen. Universitas Terbuka.

Utami, H. N., & Kamilia, N. (2017). Presepsi Konsumen Thematic Coffe House Terhadap Merek, Kualitas Produk dan Pelayanan serta Nilai Pelanggan Produk Kopi Lokal. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6(1), 60. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v6i1.9870

Wachdijono, W., & Yahya, A. C. (2021). Persepsi Konsumen Terhadap Keberadaan Coffee Shop Dan Barista Pada Era Pemasaran Kopi Ke Tiga. Paradigma Agribisnis, 4(1), 11. https://doi.org/10.33603/jpa.v4i2.5886

Downloads

Published

2024-06-10

Issue

Section

Articles