ANALISIS STRATEGI PENENTUAN LOKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK PEMBELI PADA UMKM ES DAWET DAN CINCAU DI KOTA MEDAN SUMATERA UTARA

Authors

  • Dea Puspita Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mardiah oktaviani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Adhwa Nayatama Sinaga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zainarti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61722/jrme.v1i3.1694

Keywords:

Marketing Strategy, Marketing Location, Buyer Attraction, MSMEs, Es Dawet, Cincau

Abstract

This research aims to analyze strategies for determining effective marketing locations in attracting buyers for Es Dawet and Cincau MSMEs. This research uses a qualitative method with a case study approach. Data was collected through in-depth interviews with MSME owners as well as direct observation of the marketing locations used. Data analysis was carried out using content analysis techniques to identify factors that influence buyer attraction. The research results show that accessibility, visibility and presence of target markets are the main factors in determining effective marketing locations. Apart from that, surrounding environmental factors and the presence of competitors also influence buyer attraction. The practical implication of this research is the importance of selecting strategic marketing locations to increase buyer attraction for Es Dawet and Cincau MSMEs. It is hoped that this research can contribute to MSME owners in designing more effective marketing strategies to improve their business performance.

References

Anon. n.d. ANALISIS KEBIJAKAN RELOKASI PEDAGANG KAKI LIMA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Relokasi PKL Alun-Alun Purbalingga).

Azmi, Dian, Fadhilah… Strategi, Pemasaran Produk, Umkm Melalui…, Studi Kasus, Kelompok Usaha, " Kremes, Ubi ". Di, Desa Cibunar, Kecamatan Rancakalong, Sumedang ). Dian, Azmi Fadhilah, and Tami Pratiwi. n.d. “Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing.”

Cay, Sam, and Jeni Irnawati. 2020. “Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus UMKM Di Tangerang Selatan).” Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi 4(2):160–70. doi: 10.33753/mandiri.v4i2.132.

Jayanti Mandasari, D., Widodo, J., & Djaja, S. (2019). STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BATIK MAGENDA TAMANAN KABUPATEN BONDOWOSO. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 123. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10432

Jenifer, S. H., Mandey, S. L., & Palandeng, I. D. (2022). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI UMKM LEZATO DESSERT DESA KLABAT) MARKETING STRATEGY ANALYSIS OF CONSUMER PURCHASE INTEREST IN THE COVID-19 PANDEMIC (STUDY OF MSME LEZATO DESSERT IN KLABAT VILLAGE). In 2185 Jurnal EMBA (Vol. 10).

-Jurnal Ekonomi Manajaemen dan Sosial, Jemes, Analisis Strategi Pengembangan, Citra Dewi Andriyani, and Hartiningsih Astuti. 2022. “ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) INNI DAWET CINCAU DESA SUMENGKO KECAMATAN KALITIDU KABUPATEN BOJONEGORO STATEGY ANALYSIS OF MICRO, SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES (MSME) INNI DAWET CINCAU AT SUMENGKO VILLAGE KALITIDU DISTRICT BOJONEGORO REGENCY.” 5(1).

Muadzimah, Z. (2022). Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Utilization of Social Media as Marketing Dawet Ireng in Kayen District (Vol. 3, Issue 2). https://journals2.ums.ac.id/index.php/sosial

Musyawarah, Irdha Yanti, and Desi Idayanti. 2022. “ISSN (Cetak) 2621-7406 ISSN (Online).” Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen 1(1):2656–6265.

Ni, Oleh, Wayan Ari Sudiartini, Ni Luh Kardini, Ari Mulyani, Ni Luh, and Putu Sariani. 2020. “STRATEGI BISNIS PEDAGANG KAKI LIMA PADA MASA SOCIAL DISTANCING DI KOTA DENPASAR.” Open Journal Systems 14(11).

Pada, S., Produk, P., Juwana, B., & Semarang, E. (n.d.). ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN.

Puspitaningrum, Y., & Damanuri, A. (n.d.). ANALISIS LOKASI USAHA DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN BISNIS PADA GROSIR BERKAH DOHO DOLOPO MADIUN. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 2(2), 289–304.

Rambe, Dhea Nita Syafina, and Nuri Aslami. 2022. “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Pasar Global.” El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2):213–23. doi: 10.47467/elmujtama.v1i2.853.

Zainuddin, Zabir, and Muh Kepin Saputra. n.d. STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA USAHA UMKM SEDERHANA (Studi Kasus Desa Konda Kec. Konda) 0leh: Muslimin.

Zebua, DPF, Dwi Putri Farida Zebua, Nov Elhan Gea, and Ratna Natalia Mendrofa. 2022. “ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DI CV. BINTANG KERAMIK GUNUNGSITOLI MARKETING STRATEGY ANALYSIS IN INCREASING PRODUCT SALES IN CV. BINTANG KERAMIK GUNUNGSITOLI.” 1299 Jurnal EMBA 10(4):1299–1307.

Anon. n.d.-b. “B.141.19.0032-15-File-Komplit-20220713045816.”

Ardiyanto, Arif and Yoga, Ika (2018) Analisis Penggunaan Media Sosial dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Kemasan Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali.

Feibe Kereh, et al. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Motor Yamaha Mio Pada PT. Hasjrat Abadi Outlet Yamaha Sam Ratulangi.

Ni Wayan Ari Sudiartini, et al. (2020). Strategi Bisnis Pedagang Kaki Lima Pada Masa Social Distancing di Kota Denpasar.

Sulfiana. (2020). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Rumah Makan Mbak Daeng Alauddin Makassar.

Wilujeng, Meika Rahayu (2022) Analisis Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus UMKM Muzada Madu Desa Puhsarang Kecamatan Semen Kabupaten Kediri).

Zainarti, Reformulasi. n.d. Sumber Daya Manusia Berkarakter Islami . MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA.

Downloads

Published

2024-06-12

Issue

Section

Articles