Persepsi dan Intensi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Terhadap Penggunaan Qris Sebagai Sistem Pembayaran Digital Di Kota Blitar
DOI:
https://doi.org/10.61722/jrme.v1i5.3820Keywords:
Perception;Intention;UMKM;QRIS;DigitalAbstract
Bank Indonesia (BI) sebagai regulator utama dalam sistem pembayaran terus berupaya memperkuat peranannya, termasuk termasuk mengawasi risiko dan teknologi yang ada dalam transaksi digital. Sebagai respons terhadap kebutuhan transaksi yang lebih efisien, BI meluncurkan Quick Response Indonesian Standard (QRIS), sebuah sistem pembayaran berbasis QR Code. QRIS sebagai inovasi dalam pembayaran non-tunai. Manfaat yang ditawarkan sistem ini sangat luas, mulai dari kemudahan bagi pengusaha, pelaku UMKM, hingga masyarakat umum. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia, dituntut untuk mengadopsi teknologi agar tetap kompetitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan sistem pembayaran QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) telah diimplementasikan oleh beberapa pelaku UMKM di Kota Blitar. QRIS membantu pelaku UMKM dalam melakukan proses transaksi dengan lebih efisien.
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.
Asrori, M. (2007). Psikologi Pembelajaran. CV Wacana Prima.
Featherman, M. S., & Pavlou, P. A. (2003). Predicting e-services adoption: a perceived risk facets perspective. International Journal of Human-Computer Studies, 59(4), 451–474.
Hutagalung, R. A., Nainggolan, P., & Panjaitan, P. D. (2021). Analisis Perbandingan Keberhasilan UMKM Sebelum Dan Saat Menggunakan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) Di Kota Pematangsiantar. Jurnal Ekuilnomi, 3(2), 94–103.
Kristanti, E., & Marta, R. F. (2021). Persuasive and Educative Advertising Content of Quick Response Code Indonesian Standard in Pandemic Era. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(2), 301–308
Kurniasih, A., Lestari, S. D., & Herminingsih, A. (2013). Persepsi mahasiswa terhadap kuliah kewirausahaan dan pengaruhnya terhadap sikap dan intensi berwirausaha mahasiswa. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial, 2(2), 129–146.
Musthofa, M. A., Kurniati, R. R., & Hardati, R. N. (2020). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Sistem Pembayaran Uang Digital (Studi Pada Pengguna Ovo Di Kota Malang). JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 9(2), 175–184
Ningsih, H. A., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2021). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi risiko terhadap keputusan menggunakan uang elektronik (QRIS) pada mahasiswa. IKRAITH-EKONOMIKA, 4(1), 1–9.
Paramitha, D. A., & Kusumaningtyas, D. (2020). QRIS. Fakultas Ekonomi, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Rayadi, R., & Maradesa, D. (2021). Evaluasi sistem pembayaran non tunai pada PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3).
Saputri, O. B. (2020). Preferensi konsumen dalam menggunakan quick response code indonesia standard (qris) sebagai alat pembayaran digital. KINERJA, 17(2), 237–247.
Setiawan, I. W. A., & Mahyuni, L. P. (2020). QRIS Di Mata UMKM: Eksplorasi Persepsi Dan Intensi UMKM Menggunakan QRIS. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 10(9), 921–946.
Silalahi, P. R., Tambunan, K., & Batubara, T. R. (2022). Dampak Penggunaan QRIS terhadap Kepuasan Konsumen Sebagai Alat Transaksi. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 122–128.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Bandung: Alfabeta.
Tarantang, J., Awwaliyah, A., Astuti, M., & Munawaroh, M. (2019). Perkembangan sistem pembayaran digital pada era revolusi industri 4.0 di indonesia. Jurnal Al-Qardh, 4(1), 60–75
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.