Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru di SDN Mustikajaya 3 Kota Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.61722/jrme.v2i2.4071Keywords:
Professional Competence; Compensation; Teacher PerformanceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kompetensi profesional guru dan kompensasi guru dapat mempengaruhi kinerja guru di SDN Mustikajaya 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 21 responden yang merupakan jumlah dari keseluruhan guru di SDN Mustikajaya 3. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan metode statistik software SPSS 26. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Bahwa kompetensi profesional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru 2) Bahwa kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru 3) Bahwa kompetensi profesional dan kompensasi guru secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru.
Kata Kunci: Kompetensi Profesional; Kompensasi; Kinerja Guru
References
Akhiryan, Muhammad Tabah, Mirzam Arqy Ahmadi, Program Studi Manajemen, and Universitas Muhammadiyah Surakarta. “Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Program Studi Manejemen , Universitas Muhammadiyah Surakarta” 1 (2024): 56–67.
Carolus Rizky Aditama Don Jose Wee, Novita Wahyu Setyawati, and Indah Rizki Maulia. “Dampak Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Yadika 13 Tambun.” CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis 4, no. 2 (2024): 33–44. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v4i2.2629.
Dewi, Astri Riani, and Lili Karliha. “Pengaruh Kompetensi Guru, Fasilitas Belajar Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Sdn Sukahening Kec. Sukahening Tasikmalaya.” Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO) 1, no. 1 (2024): 603–13. https://doi.org/10.62567/micjo.v1i1.78.
Hakim, Muhlis, Jeni Kamase, Serlin Serang, and Aryati Arfah. “Pengaruh
Kepemimpinan, Kompetensi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Melalui Disiplin Kerja.” SEIKO : Journal of Management & Business 4, no. 1 (2021): 98. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i1.970.
Hamsal, Nurman, and Abdul Razak. “Pengaruh Motivasi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru PAUD Se-Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.” Management Studies and Entrepreneurship Journal 4, no. 1 (2023): 21–34. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej.
Manalu, Osman, and Aryanti Kristianingsih. “Jurnal Mirai Management Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Untuk Mewujudkan Sekolah Bermutu.” Jurnal Mirai Management 9, no. 2 (2024): 2024–
Priadana, S., & Sunarsi, D. Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books., 2021. Safrila, Anggit, and Nurvi Oktiani. “Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja
Terhadap Kepuasan Kerja” 2, no. 1 (2024): 35–49.
Sari, Yuana. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pembangunan (The Influence of Leadership Style and Work Motivation on Development Performance).” Politico 18, no. 1 (2024): 465–74. https://doi.org/10.32528/politico.v18i1.1367.
Tantria Desvi Vinata Sari, Cindy Silvia Agustin, and M. Isa Anshori. “Analisis Kompetensi Individu Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Semen Indonesia Logistik (SILOG).” CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis 4, no. 2 (2024): 296–309. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v4i2.2834.
Yasinta Pantow, Leidy, Arie Kawulur, and Nikolas Fajar Wuryaningrat. “Pengaruh Kompetensi Guru Pada Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Siswa Yang Di Moderasi Oleh Penggunaan Teknologi Informasi (Studi Pada SMA Seminari Fransiscus Xaverius Kakaskasen).” YUME : Journal of Management 6, no. 3 (2023): 334–43.
Zaraska Kristy, Dije, Nurzakiah Wenny, and Desty Febrian. “Pengaruh Disiplin Kerja , Motivasi , Dan Kompensasi Terhadap Kinerja” 6, no. 1 (2024): 46–64.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.