PENGARUH LITERASI DIGITAL, GAYA HIDUP DAN E-COMMERCE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Slamet Riyadi Surakarta)
DOI:
https://doi.org/10.61722/jrme.v2i2.4177Keywords:
digital literacy, lifestyle, e-commerce, consumer behaviorAbstract
Perilaku konsumtif merupakan kecenderungan individu untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa secara berlebihan, sering kali didorong oleh dorongan emosional atau sosial daripada kebutuhan rasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh literasi digital terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEB UNISRI Surakarta, 2) Pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEB UNISRI Surakarta, 3) Pengaruh e-commerce terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEB UNISRI Surakarta. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif, dikumpulkan melalui jawaban responden yang
dikonversikan ke dalam skala likert. Sumber data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Total populasi penelitian ini adalah mahasiswa aktif semester ganjil tahun 2024 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNISRI yang berjumlah 2.312 orang. Sampel penelitian sebanyak 100 responden ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dengan teknik Stratified Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif, uji instrumen, uji asumsi klasik, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R²). Hasil uji t menunjukkan bahwa literasi digital, gaya hidup, dan e-commerce memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumtif. Hasil uji F menunjukkan nilai F hitung sebesar 23,923 dengan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,000 < 0,05, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa model tersebut tepat untuk memprediksi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Koefisien determinasi (R²) yang diperoleh sebesar 0,410. Hal ini berarti kontribusi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 41%. Sisanya (100%-41%) sebesar 59% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model, seperti literasi keuangan, pengendalian diri, dan pendapatan, dan lain sebagainya.
References
Oktary, D., & Wardhani, F. I. 2023. Pengaruh Literasi Keuangan Dan E-Wallet Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Stie Indonesia Pontianak. Jurnal Ekonomi Integra, 13(1), 11-22.
Ningrum, S. K., Sakmal, J., & Dallion, E. 2024. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva untuk Mengembangkan Budaya Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1500-1511.
Azizah, F. N., & Andriansyah, E. H. 2024. Pengaruh Kemampuan Literasi Digital dan Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Kota Surabaya. Jurnal Edueco, 7(1), 31-38.
Karimah, M., Nurhayati, D., & Indarti, N. 2023. Pengaruh Penggunaan E-Money, Fitur Live Streaming, Dan Literasi Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Pembelanjaan Online. Jurnal Equilibrium Nusantara, 1(1), 8-15.
Alfiyansyah, M. A., Alamsyah, S., & Tanjung, H. 2024. Pengaruh E-Commerce, Literasi Keuangan, Dan Literasi Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Revenue: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 5(1), 972-979.
Nurmalia, G., Wulan, M. N., & Utamie, Z. R. 2024. Gaya Hidup Berbasis Digital Dan Perilaku Konsumtif Pada Gen Z Di Bandar Lampung: Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee. Jurnal Rekoginisi Ekonomi Islam, 3(1), 22-32.
Hasibuan, I. K., Harahap, I., & Nasution, J. 2024. Pengaruh Iklan, Konformitas Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Menurut Etika Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam UINSU). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 4(2), 545-559.
Wati, A. S., Mulyani, I. D., & Ernitawati, Y. 2024. Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEB Universitas Muhadi Setiabudi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(7), 535-548.
Lisdayanti, D., Trihantana, R., & Kusumaningrum, R. 2023. Pengaruh Literasi Keuangan, Electronic Money, Gaya Hidup, Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Sahid Banking Journal, 3(1), 168-187.
Hidayanti, F., Tubastuvi, N., Purwidianti, W., & Endratno, H. 2023. The Influence Of Financial Literacy, Lifestyle, Self-Control, And Peer Conformity On Student’s Consumptive Behavior. International Journal Of Economics, Business And Accounting Research (IJEBAR), 7(1), 1-14.
Gunawan, A. 2023. The Influence of Financial Literacy, Lifestyle and Self Control on Consumptive Behavior of Management Study Program Students, Faculty of Economics and Business Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. International Journal Reglement & Society (IJRS), 4(1), 71-80.
Lestari, D. S., Mutmainah, K., & Romandhon, R. 2024. Pengaruh Literasi Keuangan, Pengendalian Diri, Gaya Hidup, Dan Budaya Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah, 4(1), 119-128.
Ulyasari, O. R., Agustina, D., Wardhani, R. S., & Ilhamsyah, A. W. 2023. Pengaruh E-Commerce Dan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Umkm Terhadap Kinerja Umkm Sektor Industri. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(2), 799-808.
Nurhalijah, I. S., Suarna, I. F., & Marhamah, M. 2024. Peran Kewirausahaan Dalam Mendorong Pertumbuhan UMKM Melalui E-Commerce Di Desa Bojong Kalapa. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB), 1(3), 177-184.
Listia A & Sihotang. M. K. 2024. Pengaruh Digital Payment dan E-Commerce terhadap Perilaku Konsumtif: Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Agama Islam UMSU. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(7), 5730 – 5744.
Madjid, M. Z. R., Hinelo, R., & Kango, U. 2024. Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pasca Pandemic Covid 19. El- Economica, 1(1), 10-17.
Al-Wafa, M. Q., Rohmah, L. N., Maida, N. Z., & Kusumaputri, L. A. F. 2024. Pengaruh Kemudahan Bertransaksi Dan Sifat Hedonisme Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2023 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Diponegoro Journal of Islamic Economics and Business, 4(1), 13-26.
Pramesti, G., Azizah, A., Purnamasari, E., Sulistiyani, E., & Widyanti, D. V. 2024. Pengaruh Penggunaan E-Wallet Shopeepay Dan Promosi Cashback Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Bangun Rekaprima, 9(1), 35-42.
Filia, S., Rodiah, S., & Samsiah, S. 2024. Pengaruh Literasi Digital, Media Sosial Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Riau. Jurnal CoSciTech Computer Science and Information Technology, 5(1), 144-150.
Aswan, D. 2023. Analisis Pengaruh Literasi Digital Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Dalam Era Internet. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 949- 955.
Ramadhan, R., Muchsin, M. M., & Heikal, M. 2024. Pengaruh Gaya Hidup, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smarthphone Merek Oppo: Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Malikussaleh. Jurnal Visioner & Strategis, 13(1), 19-26.
Isnaini, H. M. 2024. Pengaruh Gaya Hidup, Literasi Keuangan, dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa FEB UMRI Tahun 2020-2022. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka Emba, 3(1), 353- 362.
Dani, R., Firayanti, Y., & Wulansari, F. 2024. Analisis Penggunaan E-Commerce Shopee terhadap Perilaku Konsumtif pada Generasi Z (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nadhlatul Ulama Kalimantan Barat). AKSIOMA: Jurnal Sains Ekonomi dan Edukasi, 1(8), 561-580.
Delvisa, E. 2023. Pengaruh E-Commerce, Pengetahuan Kewirausahaan dan Sistem Informasi Akuntansi pada Minat Berwirausaha. Jurnal EMT KITA, 7(3), 630- 636.
Jailani, M. S. 2023. Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9.
Susanto, P. C., Arini, D. U., Yuntina, L., Soehaditama, J. P., & Nuraeni, N. 2024. Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multidisplin, 3(1), 1-12.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









