Pengaruh Gaya Kepemimpinan Islami terhadap Kinerja SDM dalam Pendidikan

Authors

  • Lenny Novita UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Zulfani Sesmiarni UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.61722/jrme.v2i3.4437

Keywords:

Kepemimpinan Islami, Kinerja SDM, Pendidikan, Amanah, Keteladanan, Regresi Linear

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan Islami terhadap kinerja sumber daya manusia (SDM) dalam konteks pendidikan. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode survei terhadap 120 responden dari lembaga pendidikan Islam, di mana data dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua dimensi gaya kepemimpinan Islami—yaitu siddiq (kejujuran), amanah (tanggung jawab), shura (musyawarah), dan uswah hasanah (keteladanan)—berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja SDM. Dimensi amanah memberikan pengaruh paling dominan dengan koefisien beta sebesar 0.412 dan nilai signifikansi p < 0.001, disusul oleh uswah hasanah dengan koefisien beta 0.367 (p < 0.01). Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai kepemimpinan Islami dapat meningkatkan etos kerja, akuntabilitas, dan produktivitas SDM dalam lembaga pendidikan. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan kepemimpinan berbasis nilai spiritual sebagai strategi peningkatan kinerja di sektor pendidikan.

References

Amin, Syaihol, And Ali Nurhadi. 2020. “Urgensi Analisis Kebutuhan Diklat Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pai Dan Budi Pekerti.” Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 83–100. Doi: 10.30868/Im.V3i02.871.

Faiza, Nur. 2023. “Konsep Kepemimpinan Pendidikan Islam.” Intelektualita: Journal Of Education Sciences And Teacher Training 12(1):172–74.

Hutagaluh, Oskar, Aslan, Purniadi Putra, Abdul Wahab Syakhrani, And Sri Mulyono. 2020. “Situational Leadership On Islamic Education.”

Mansir, Firman. 2020. “The Leadership Of Personnel Management In Islamic Education: Emerging Insights From An Indonesian University.” Journal Of Electronic Imaging 1. Doi: 10.28918/Jei.V5i1.2349.

Manzil, Kunzita Ladiana, And M. Imamul Muttaqin. 2024. “Kepemimpinan Dalam Pendidikan Islam (Pengertian, Karakteristik Kepemimpinan Rasulullah, Karakteristik Kepemimpinan Pendidikan Islam, Dan Keberhasilannya).” Jurnal Penelitian Multidisiplin Bangsa 1(7):734–43. Doi: 10.59837/Jpnmb.V1i7.140.

Maritasari, Atik, And Widodo Widodo. 2022. “The Role Of Islamic Leadership Style And Affective Commitments To Human Resources Performance At Pt. Indonesian In Health Life Insurance In Semarang.” Journal Of Public Administration And Governance. Doi: 10.5296/Jpag.V12i1.19563.

Priyanti, Dinda. 2024. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Motivasi, Dan Pengembangan Sdm Terhadap Kinerja Pegawai Sekretariat Inspektorat Jenderal Kementerian Agama Ri.”

Ray, Swati, Joyati Das, Ranjana Pande, And A. Nithya. 2024. “Membangun Kepemimpinan Islami: Strategi Pengambilan Keputusan Di Lingkungan Pendidikan.” Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia 7693(3):195–222. Doi: 10.1201/9781032622408-13.

Wahyudin, Aji, Muhamad Furqon, G. Prabowo, And Ahmad Abdullah Zawawi. 2024. “Application Of Style Leadership Transformational In Islamic Education Institutions.” Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Doi: 10.18860/Rosikhun.V3i3.27705.

Wibowo, Ari. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Perawatan System Utama Engine Dan Mekanisme Katup Berbasis Adobe Flash Di Smk.” Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 109–10.

Yahya, Siti Nurhasanah, Mulyawan Safwandy Nugraha, Elvira Sitna Hajar, Neila Aisha, And Satria Adi Pradana. 2024. “Integrating Education And Entrepreneurship: Strategic Business Development At Pesantren In The Era Of Digital Disruption.” Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 22(3):401–22. Doi: 10.32729/Edukasi.V22i3.1926.

Downloads

Published

2025-05-06

Issue

Section

Articles