Pengaruh Distress Akademik terhadap Sikap Mahasiswa Non-Sains pada Mata Kuliah Statistik melalui Mediasi Academic Help-Seeking : Pendekatan Structural Equation Modeling (SEM)
DOI:
https://doi.org/10.61722/jrme.v2i3.4483Keywords:
distress akademik, sikap terhadap statistik, mahasiswa non-sains, academic help-seeking, SEMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh distress akademik terhadap sikap mahasiswa non-sains terhadap mata kuliah statistik, dengan academic help-seeking sebagai variabel mediasi. Studi ini dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat kecemasan dan tekanan yang dialami mahasiswa non-sains saat menghadapi mata kuliah statistik, yang sering kali dianggap sulit dan tidak relevan dengan bidang studi mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM). Sampel terdiri dari mahasiswa non-sains di beberapa perguruan tinggi, yang dipilih melalui teknik purposive sampling sedangkan Analisis data tersebut menggunakan Lisrel 8.50. Hasil analisis menunjukkan bahwa distress akademik berpengaruh negatif terhadap sikap mahasiswa terhadap statistik. Namun, academic help-seeking terbukti menjadi mediasi positif yang signifikan, memperlemah dampak negatif distress akademik terhadap sikap mereka. Temuan ini mengindikasikan pentingnya strategi bantuan akademik dalam mengurangi pengaruh negatif distress terhadap pembelajaran statistik, khususnya bagi mahasiswa non-sains.
References
Abdillah, E., & Septianawati, E. (2023). Pemodelan Structural Equation Modeling (Sem) Pada Mekanisme Distress Mahasiswa Non-Sains Terhadap Mata Kuliah Statistika. JIVA: Journal of Behaviour and Mental Health, 4(2), 27–42. https://doi.org/10.30984/jiva.v4i2.2848
Brodie, D. (2011). Enterprise risk. Enterprise Liability and the Common Law, 27–44. https://doi.org/10.1017/cbo9780511778711.004
G. Adeniyi, S., & Yusuf, M. (2021). Comparative Study of the Attitudes of Science and Non-Science Students Towards Statistics. International Journal of Advanced Research, 9(5), 378–383. https://doi.org/10.21474/ijar01/12848
Lavldas, K., Barkatsas, T., Manesis, D., & Gialamas, V. (2020). A structural equation model investigating the impact of tertiary students’ attitudes toward statistics, perceived competence at mathematics, and engagement on statistics performance. Statistics Education Research Journal, 19(2), 27–41. https://doi.org/10.52041/serj.v19i2.108
Putri, N. G. (2022). Hubungan Tingkat Stres Akademik dengan Perilaku Help Seeking pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), 7(2), 16–22. https://doi.org/10.51933/health.v7i2.817
Sari, D. M., Pd, S., Si, M., Tarbiyah, F., & Keguruan, D. (2021). Hipotesis Penelitian Bahan-Bahan Perkuliahan Metodologi.
Zaki, M., & Saiman, S. (2021). Kajian tentang Perumusan Hipotesis Statistik Dalam Pengujian Hipotesis Penelitian. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(2), 115–118. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i2.216
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.