Pengaruh Intensitas dan Penggunaan TikTok terhadap Produktivitas Mahasiswa Universitas Negeri Makassar di Era Digital Ditinjau dari Motivasi Belajar
DOI:
https://doi.org/10.61722/jrme.v2i3.4486Keywords:
TikTok, intensitas penggunaan, motivasi belajar, produktivitas mahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh intensitas dan jenis penggunaan TikTok terhadap produktivitas mahasiswa Universitas Negeri Makassar dengan mempertimbangkan motivasi belajar sebagai faktor yang memengaruhi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis SEM dan data diperoleh dari 150 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas penggunaan TikTok berpengaruh negatif signifikan terhadap produktivitas. Tujuan penggunaan TikTok tidak berpengaruh signifikan, dan motivasi belajar tidak memediasi hubungan tersebut secara signifikan. Temuan ini menunjukkan pentingnya literasi digital
References
Awahatillah, P. A., Ningtyas, J. D. A., Purwanti, I., & Mutmainah, I. (2022). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Fokus Belajar Mahasiswa (Prodi Perbankan Syariah) UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Jurnal Sahmiyya, 2, 332–340.
Azizah, I. Q., & Anshori, I. (2025). Pengaruh Penggunaan Tiktok Sebagai Media Sosial Terhadap Fokus Belajar Dan Produktivitas Mahasiswa The Influence Of Using Tiktok As Social Media On Student Focus And Productivity. VI(1), 88–100.
Haryanto, M., Sidauruk, A. C., Hendy, Y. B., Sabailaket, J. A., Purba, D. R., & Handoyo, E. R. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok terhadap Produktivitas Belajar Mahasiswa di Yogyakarta. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(2), 330–341. https://doi.org/10.24002/konstelasi.v3i2.7213
Kurniawan, I. S., & Cahyaningtyas, T. (2021). Peningkatan Produktivitas: Peran Kemampuan, Lingkungan, dan Motivasi Pada Azzahra Moslem Wear Yogyakarta. Jurnal Produktivitas, 8(2), 296–304. https://doi.org/10.29406/jpr.v8i2.2645
Malimbe, A., Waani, F., & Suwu, E. A. A. (2021). Dampak Penggunaan Aplikasi Online Tiktok (Douyin) Terhadap Minat Belajar di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik. Ilmiah Society, 1(1), 1–10.
Maret, U. S. (2025). Pengaruh manajemen waktu dan intensitas penggunaan tiktok terhadap tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa pendidikan ekonomi universitas sebelas maret. 6(1), 115–125.
Muhtar, I. N., B, Y., & Rahman, A. (2023). The Effect of Using the Tik Tok Application on Student Behavior at the University. PINISI Jurnal of Art, Humanity & Social Studies, 3(5), 226–233.
Silvialorensa, D. ., Aini, E. ., & Khoirunnisa, S. (2021). Perkembangan Peran Mahasiswa Universitas Islam Majapahit Terhadap Kegiatan Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 179–189.
Solihah, S. (2024). Pengaruh penggunaan media sosial tiktok terhadap intensitas interaksi sosial di kalangan mahasiswa tadris ips uin jakarta.
Vidyana, A. N., & Atnan, N. (2022). Pengaruh Konten Edukasi Tiktok Terhadap Pengetahuan Mahasiswa: Sebuah Kajian Sosiologi Pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(4), 7131–7144. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3453
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.