Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Mahasiswa dengan Promosi sebagai Variabel Moderasi pada Indomaret di Sekitar Kampus UNM Gunung Sari

Authors

  • Romansyah Sahabuddin Universitas Negeri Makassar
  • Azlan Azhari Universitas Negeri Makassar
  • Salmawati Abbas Universitas Negeri Makassar
  • Andriansyah Andriansyah Universitas Negeri Makassar
  • Nur Ichwana Universitas Negeri Makassar
  • Ghazyah Dinah Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61722/jrme.v2i3.4510

Keywords:

Harga, Kualitas Produk, Kepuasan Mahasiswa, Promosi, Variabel Moderasi, Indomaret, Structural Equation Modeling (SEM), LISREL, Perilaku Konsumen, Pasar Kampus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan mahasiswa dengan promosi sebagai variabel moderasi pada Indomaret di sekitar Kampus UNM Gunung Sari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik Structural Equation Modeling (SEM) yang dianalisis menggunakan software LISREL. Data diperoleh dari 206 responden yang diambil menggunakan kuesioner. Hasil analisis menunjukkan bahwa harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswaMenariknya, promosi tidak dipengaruhi oleh harga secara signifikan dan bahkan berkorelasi negatif dengan kualitas produk. Namun, kepuasan mahasiswa terbukti berpengaruh positif terhadap respon terhadap promosi, yang menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan berperan penting dalam memperkuat efektivitas promosi. Penelitian ini memberikan wawasan bagi Indomaret dalam merancang strategi harga, kualitas, dan promosi yang lebih efisien untuk meningkatkan kepuasan konsumen, terutama di kalangan mahasiswa.

References

Adwimurti, Y., & Sumarhadi. (2023, April). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kualitas Produk Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3.

Manihuruk , B. K. (2023, April). Analisis Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pt Shopee Indonesia. Journal Business and Management, 1.

Rizkiana, C., Bekti, S. M., & Suryawardana, E. (2023). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada produk jasa wedding organizer. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis .

Aisyah, S., Tanjung, S. W., & Marliyah. (2024). Pengaruh Lokasi, Harga, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening: Studi Kasus UD Club Parfum Lubuk Pakam. Economic Reviews Journal, 3.

Nuriyono, Agustina, T., & Kusdyah, I. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Inkoffie Sidoarjo Dengan Promosi Sebagai Variabel Intervening. Jubis, 4.

Putri , D. M., Soeliha , S., & Sari, R. K. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Seduh Di Besuki Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME), 3.

Zubairi, A., Ediyanto, & Praja , Y. (2022, April). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Mediasi Variabel Keputusan Pembelian Pada Industri Makmur Jaya Di Besuki. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME), 1.

Downloads

Published

2025-05-10

Issue

Section

Articles