Pengaruh Penggunaan Media Sosial untuk Hiburan (Entertainment Use) dan Pembelajaran (Learning Use) terhadap Produktivitas Belajar Mahasiswa dengan Lingkungan Akademik sebagai Variabel Moderasi

Authors

  • Romansyah Sahabuddin Universitas Negeri Makassar
  • Azlan Azhari Universitas Negeri Makassar
  • Siti Nurfaizah Syarif Universitas Negeri Makassar
  • Asrianti Wulandari Universitas Negeri Makassar
  • Muthiah Noviyanti Universitas Negeri Makassar
  • Amalia Ramadani Putri R Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61722/jrme.v2i3.4513

Keywords:

media sosial, hiburan, pembelajaran, produktivitas belajar, lingkungan akademik, LISREL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial untuk hiburan dan pembelajaran terhadap produktivitas belajar mahasiswa, dengan lingkungan akademik sebagai variabel moderasi. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei terhadap 248 responden mahasiswa. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dengan 34 indikator yang diukur menggunakan skala Likert. Analisis data dilakukan dengan Structural Equation Modeling (SEM) melalui aplikasi LISREL 8.50. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial untuk hiburan dan pembelajaran secara signifikan berpengaruh positif terhadap produktivitas belajar mahasiswa. Kedua jenis penggunaan media sosial tersebut juga berpengaruh positif terhadap persepsi mahasiswa terhadap lingkungan akademik. Namun, lingkungan akademik secara langsung menunjukkan pengaruh negatif terhadap produktivitas belajar, yang mengindikasikan perlunya perbaikan dalam suasana dan dukungan akademik di institusi pendidikan. Temuan ini menegaskan pentingnya pemanfaatan media sosial secara seimbang dan strategis dalam proses pembelajaran serta perlunya optimalisasi lingkungan akademik guna meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

References

Aura Unga Safitri, R. K. (2025). PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP . Jurnal Rekayasa Sistem Informasi dan Teknologi .

Hastuti Naibaho, F. A. (2019). PENGARUH LINGKUNGAN KAMPUS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA (Studi Kasus Universitas Pelita Harapan Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran.

Musyirah Rahman, I. N. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran. Journal on Education, 10646-10653.

Rifa Suci Wulandari, F. K. (2022). Media Sosial sebagai Platform Pembelajaran Alternatif di Era Digital. Prosidin Nasional Pendidikan.

Shandra Elvyra Sudarsono Putri, A. P. (2023). Pengaruh Social Media Overload terhadap Produktivitas Belajar Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 92-95.

Suci Ramadhani, S. A. (2024). Hubungan Antara Tingkat Penggunaan Media Sosial dengan Tingkat Produktivitas Mahasiswa dalam. Interdisciplinary Explorations in Research Journal (IERJ), 1782-1792.

Suita Allemina Gloria, S. A. (2019). THE IMPACT OF SOCIAL MEDIA USAGE TO ACADEMIC PERFORMANCE. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia .

Welman Bu’ulolo, M. K. (2025). PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN ATAU MENGHAMBAT PRODUKTIVITAS MAHASISWA. Jurnal Ilmu Ekonomi, Pendidikan dan Teknik .

Yohanes Hendro Pranyoto, S. G. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke. Jurnal Masalah Pastoral.

Downloads

Published

2025-05-10

Issue

Section

Articles