Pengaruh Manfaat dan Kemudahan Penggunaan QRIS terhadap Minat Pengguna di Kalangan Gen Z Melalui Kepuasan Pelanggan
DOI:
https://doi.org/10.61722/jrme.v2i3.4523Keywords:
QRIS, Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Kepuasan Pelanggan, Minat Pengguna, Generasi ZAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana persepsi terhadap manfaat dan kemudahan penggunaan QRIS memengaruhi minat Generasi Z dalam menggunakannya, dengan mempertimbangkan kepuasan pelanggan sebagai jembatan dalam hubungan tersebut. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survei, dan data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software LISREL 8.50. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang dari kalangan Gen Z yang telah memiliki pengalaman menggunakan QRIS. Hasilnya menunjukkan bahwa persepsi terhadap manfaat serta kemudahan penggunaan QRIS secara signifikan berdampak positif terhadap kepuasan pelanggan. Lebih lanjut, ketiga variabel yaitu manfaat, kemudahan, dan kepuasan pelanggan juga berpengaruh signifikan terhadap minat dalam menggunakan QRIS. Temuan penting lainnya adalah peran kepuasan pelanggan sebagai mediator, yang memperkuat hubungan antara persepsi manfaat dan kemudahan dengan minat penggunaan. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini memberikan kontribusi berarti dalam merancang strategi adopsi teknologi keuangan digital yang lebih efektif, khususnya bagi kalangan muda seperti Generasi Z.
References
Babbie, E. (2010). The Practice of Social Research (12th ed.). Wadsworth Cengage Learning.
Bank Indonesia. (2019). Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Bank Indonesia.
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13(3), 319-340.
Davis, F. D. (2017). User acceptance of information technology: System characteristics, user perceptions and behavioral impacts. International Journal of Man-Machine Studies, 38(3), 475-487.
Ernawati, N., & Noersanti, L. (2020). Pengaruh manfaat, kemudahan penggunaan dan kepercayaan terhadap keputusan menggunakan uang elektronik pada mahasiswa di Jakarta. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25(1), 1-13.
Ginantra, N. L. W. S. R., Simarmata, J., Purba, R. A., Nainggolan, L. E., Munsarif, M., Rahim, R., Sulistiyowati, S., Surmayanti, S., Adani, F., & Saputra, D. H. (2020). E-Commerce: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis.
Hanina, C. (2021). Implementasi sistem pembayaran digital di Indonesia: Studi kasus pada QRIS. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 6(2), 102-115.
Hoetor, E. A., & Sastra, A. (2020). Sistem pembayaran digital dan dampaknya terhadap efisiensi ekonomi. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 18(2), 125-140.
Jogiyanto, H. M., & Willy, A. (2009). Sistem Informasi Teknologi. Andi Offset.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson Education Limited.
Paramitha, I. A. P. D., & Kusumaningyuas, T. (2020). QRIS sebagai inovasi pembayaran digital pada era revolusi industri 4.0. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 17(3), 82-94.
Prasetyo, D. A., & Lestari, S. (2022). Karakteristik Generasi Z sebagai potensi konsumen masa depan: Tinjauan pada adopsi teknologi keuangan. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 9(1), 45-62.
Safira, S., Rahman, A., & Wijayanti, D. (2021). Faktor-faktor penentu adopsi pembayaran berbasis QR: Kasus masyarakat urban di Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen dan Ekonomi, 12(3), 215-230.
Solikin, M. (2020). Sistem Pembayaran: Konsep, Instrumen, dan Implementasinya di Indonesia. Penerbit Buku Kompas.
Widyanto, H. A., Kusumawardani, K. A., & Septyawanda, A. (2020). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi minat penggunaan dompet digital di Indonesia. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 7(2), 307-318.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.