Analisis Pengaruh Brand Awareness dan Promosi Digital terhadap Keputusan Pembelian dengan Harga sebagai Pengaruh Modernisasi pada Mahasiswa Gen-Z di Universitas Negeri Makassar

Authors

  • Romansyah Sahabuddin Universitas Negeri Makassar
  • Azlan Azhari Universitas Negeri Makassar
  • Ahrianto Saputra Universitas Negeri Makassar
  • Rahmadani Almur Universitas Negeri Makassar
  • Arbiatun Adawya Universitas Negeri Makassar
  • Nur Alya Af-Daliyah Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61722/jrme.v2i3.4524

Keywords:

Brand Awareness, Promosi Digital, Keputusan Pembelian, Harga, Gen-Z

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brand Awareness dan Promosi Digital pada Keputusan Pembelian dengan Harga sebagai variabel moderasi pada mahasiswa Generasi Z di Universitas Negeri Makassar. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik purposive sampling, data dikumpulkan dari 100 responden mahasiswa aktif yang masuk dalam kategori Gen-Z. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Lisrel 8.50 (SEM Lisrel) untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Awareness dan Digital Promotion memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Selain itu, variabel Harga telah terbukti memperkuat pengaruh Brand Awareness dan Promosi Digital pada Keputusan Pembelian, menjadikannya variabel moderasi yang efektif. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pemasar dalam mengembangkan strategi branding dan promosi digital yang ditargetkan, terutama dalam menjangkau konsumen muda dari perguruan tinggi

References

Afifah, P. N., & Abadi, Moh. D. (2025). Pengaruh Harga dan Flash Sale terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna E-Commerce Shopee dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 5(1), 387–407. https://doi.org/10.60036/jbm.v5i1.432

Azkiya Syafi, R. I. (2024). PENGARUH PENGETAHUAN DIGITAL, SOSIAL MEDIA MARKETING, DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT GEN Z MEMBUKA REKENING TABUNGAN ONLINE DENGAN PERSEPSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING DI BANK MUAMALAT ( STUDI EMPIRIS PADA GEN Z WILAYAH PURWOKERTO).

Dhafin Syah, M., Usman, O., & Krissanya, N. (2024). Pengaruh Kepercayaan Merek, Persepsi Kualitas, dan Promosi Terhadap Keptusan Pembelian Serta Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen di Kalangan Gen-Z (Studi Pada Digital Out of Home Advertising Mobile Led). LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren, 2(2b). https://doi.org/10.35870/ljit.v2i2b.2885

Dian Natari, Rade Juliman Lumbantoruan, Dwi Sakinah, Syafrizal Helmi Situmorang, & Beby Karina Fawzeea Sembiring. (2024). The Influence Of Influencer Marketing On Gen Z Consumer Purchase Interest a Literature Review. Global Management: International Journal of Management Science and Entrepreneurship, 1(4), 91–107. https://doi.org/10.70062/globalmanagement.v1i4.29

Fathul Mubarak, M., Basalamah, S., Halim Perdana, A. K., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2024). Pengaruh Digital Marketing, Brand Image, Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z di Kota Makassar. In YUME : Journal of Management (Vol. 7, Issue 1). www.statista.co

Genoveva, G., & Chiandra, A. O. (2025). THE INFLUENCE OF INFLUENCER’S CREDIBILITY ON BRAND AWARENESS AMONG GENERATION Z THROUGH TIKTOK PLATFORM. https://www.researchgate.net/publication/388701025

Hamid, A. Z. (2024). PENGARUH HARGA, DIGITAL MARKETING, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KETUSAN PEMBELIAN JILBAB BRAND RABBANI.

Rosyihuddin, M., & Hendra, J. (2023). The Role of Price Discounts in Moderating, Customer Reviews and Free Shipping on Shopee Purchase Decisions in Surabaya. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 4(1), 162–172. https://doi.org/10.38035/jmpis.v4i1.1415

Simamora, V., & Islami, P. (2023). MILLENNIAL AND GENERATION Z ONLINE PURCHASING DECISIONS ON INDONESIAN MARKETPLACE. 02(8), 1706–1721. https://doi.org/10.36418/jrssem.v2i08.380

Downloads

Published

2025-05-10

Issue

Section

Articles