Dampak Penggunaan AI dalam Meningkatkan Efisiensi Belajar Mahasiswa: Studi tentang Ketergantungan dan Kemampuan Kritis
DOI:
https://doi.org/10.61722/jrme.v2i3.4530Keywords:
AI, Efisiensi Belajar, Ketergantungan, Kemampuan Berpikir Kritis, MahasiswaAbstract
Perkembangan kecerdasan buatan (AI) telah mengubah cara mahasiswa belajar, dengan memberikan kemudahan dalam mengakses informasi, menyusun tugas, dan memahami materi. Namun, muncul kekhawatiran mengenai potensi ketergantungan terhadap AI dan dampaknya terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan dan ketergantungan terhadap AI terhadap efisiensi belajar mahasiswa, serta menilai peran kemampuan berpikir kritis sebagai variabel intervening. Metode kuantitatif yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Hasil penelitian dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan LISREL. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan AI berdampak positif signifikan terhadap efisiensi belajar (t = 11.16) dan kemampuan berpikir kritis (t = 5.96), sementara ketergantungan terhadap AI berdampak negatif signifikan terhadap efisiensi belajar (t = 2.28) dan kemampuan berpikir kritis (t = 3.12). Selain itu, efisiensi belajar juga berpengaruh signifikan terhadap tefisiensi belajar (t = 11.06), yang menandakan perannya sebagai variabel intervening yang kuat. Temuan ini menekankan pentingnya penggunaan AI secara reflektif dan kritis untuk mencapai hasil belajar yang optimal, tanpa mengorbankan kemampuan kognitif mahasiswa.
References
Meiriza, M. S., Sembiring, G. B., Sitorus, M., Wardana, V., & Sakinah, N. (2024). Pengaruh Penggunaan AI terhadap Minat Belajar di Kalangan Mahasiswa: Studi Kasus pada Generasi Z. AR RUMMAN - Journal of Education and Learning Evaluation, 1(2), 319.
Salsabila, O., Tiur Nauli Sihombing, S., Maya Elfa Sari, N., Adestya, N., Nanda Hidayah, T., Aryaputra Santosa, N., Kusumawati, H., Putri Rahmadani, A., & Imam Rafly Siregar, M. (2025). Dampak Penggunaan AI (Artificial Intelegent) terhadap Kreatifitas Mahasiswa dalam Membuat Karya Digital Progammer pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer di Universitas Negeri Semarang. In Jurnal Analis (Vol. 4, Issue 1). http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/Analis
Ulfah, M. (2024). DAMPAK KETERGANTUNGAN PADA ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP KEMAMPUAN ANALITIS DAN KREATIF MAHASISWA. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.
Yulianie, P., & Anjani, M. (2025). Dampak Penggunaan Gamma AI dalam Pengembangan Soft Skills Mahasiswa di Program Studi PPKn Universitas Palangka Raya Kata kunci (Vol. 8, Issue 4). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Awaludin, M., & Vicky Amelia, L. (2021). PENERAPAN STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) DENGAN LISREL TERHADAP PERBEDAAN TARIF PENERBANGAN PADA PENUMPANG DOMESTIK DI BANDARA HALIM PERDANAKUSUMA.
Darwin, M., & Umam, K. (2020). Analisis Indirect Effect pada Structural Equation Modeling. NUCLEUS, 1(2), 50–57. https://doi.org/10.37010/nuc.v1i2.160
Rosak-Szyrocka, J., & Tiwari, S. (2023). Structural Equation Modeling (SEM) to Test Sustainable Development in University 4.0 in the Ultra-Smart Society Era. Sustainability (Switzerland), 15(23). https://doi.org/10.3390/su152316167
Wala, A. A., Alim, S., & Setyatama, F. (2020). Use of Structural Equation Modeling Method for Analysis of Factors Affecting the Quality of Library Services of Bhayangkara University. JEECS (Journal of Electrical Engineering and Computer Sciences), 5(2), 835–844. https://doi.org/10.54732/jeecs.v5i2.89
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.