ANALISIS PERILAKU KONSUMTIF DAN PENGELOLAAN KEUANGAN MAHASISWA GEN Z UNIVERSITAS DI MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.61722/jrme.v2i3.4535Keywords:
Pengelolaan keuangan, pengaruh sosial, kebiasaan konsumtif, mahasiswa Gen Z, literasi keuanganAbstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh faktor sosial dan kebiasaan konsumtif terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa Gen Z di Makassar. Hasil analisis model struktural menunjukkan bahwa Pengaruh Sosial (PS) memiliki dampak langsung paling signifikan terhadap Pengelolaan Keuangan (PK), sesuai dengan teori Social Influence Theory yang menyatakan bahwa norma lingkungan membentuk perilaku keuangan. Sementara itu, Kebiasaan Konsumtif (KK) berpengaruh lebih rendah, mengindikasikan bahwa meskipun mahasiswa rentan terhadap impuls belanja, pengaruhnya tidak sekuat faktor sosial. Indikator PK terkuat adalah perencanaan anggaran, sementara aspek lain seperti pengendalian utang kurang signifikan. Temuan ini menegaskan bahwa literasi keuangan Gen Z sangat dipengaruhi oleh ekosistem sosial, termasuk teman sebaya dan media. Oleh karena itu, intervensi edukasi keuangan disarankan untuk memanfaatkan pendekatan berbasis komunitas dan platform digital, serta memperkuat kemampuan manajemen diri (mental accounting) untuk mengurangi dampak negatif konsumerisme.
References
Dewi, N., & Rusdarti, R. (2017). Pengaruh lingkungan keluarga, teman sebaya, pengendalian diri dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Journal of Economic Education, 6(1), 29–35.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kurniawan, C. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif ekonomi pada mahasiswa. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4).
Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku konsumtif di kalangan remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2). https://doi.org/10.29210/3003210000
Mafo, S., Prasasti, N. D., & Abella, P. (2024). Implikasi mental accounting, prospect theory, framing dan overconfidence terhadap pengambilan keputusan investasi bagi. Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMIE), 1(4), 862–872.
Mujahidah, A. N. (2020). Analisis perilaku konsumtif dan penanganan (Studi kasus pada satu peserta didik di SMK Negeri 8 Makassar). 1–18.
Nadhifah, H. A., Sucipto, M. A. B., & Sudibyo, H. (2024). Tingkat perilaku konsumtif Generasi Z pada mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Pancasakti. Jurnal Fokus Konseling, 10(1), 17–27.
Narimawati, U., & Sarwono, J. (2022). Kajian tentang indeks kecocokan model dalam pemodelan persamaan struktural berbasis kovarian dalam LISREL dan AMOS serta berbasis partial least square dalam PLS SEM. Majalah Ilmiah UNIKOM, 20(2), 85–94.
Olajide, O., Pandey, S., & Pandey, I. (2024). Social media for investment advice and financial satisfaction: Does generation matter? Journal of Risk and Financial Management, 17(9), 410. https://doi.org/10.3390/jrfm17090410
Prisnadela, P., Prasaja, M. G., & Utomo, A. S. (2025). Pengaruh literasi keuangan, gaya hidup, dan jenis kelamin terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa (Studi pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo). Volatilitas Jurnal Manajemen dan Bisnis, 7(2).
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Yanto, H., Ismail, N., Kiswanto, K., Rahim, N., & Baroroh, N. (2021). The roles of peers and social media in building financial literacy among the millennial generation: A case of Indonesian economics and business students. Cogent Social Sciences, 7. https://doi.org/10.1080/23311886.2021.1947579
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.