Pengaruh Influencer Marketing dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Glad2glow

Authors

  • Stefany Bangun Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Sri Andayani Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Agung Pujianto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61722/jrme.v2i4.5182

Keywords:

Brand Image, Influencer Marketing, Keputusan Pembelian, Pemasaran Digital, Skincare

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian produk skincare Glad2Glow. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pertumbuhan industri skincare yang signifikan, di mana strategi pemasaran digital melalui influencer dan pencitraan merek memainkan peran penting dalam membentuk keputusan konsumen. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data dikumpulkan melalui kuesioner kepada konsumen yang pernah membeli produk Glad2Glow setelah melihat promosi influencer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik influencer marketing maupun brand image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial maupun simultan. Temuan ini memberikan implikasi strategis bagi pelaku bisnis skincare dalam mengoptimalkan promosi berbasis media sosial dan membangun citra merek yang kuat untuk meningkatkan loyalitas konsumen dan volume penjualan.

References

Aprianti, W., & Tjiptodjojo, K. I. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Awareness dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Skincare Scarlett Whitening. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1275–1282. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1645

Comission, E. (2016). 済無pengaruh brand image (studi jonsumen erigo). 4(1), 1–23.

Ellis-Chadwick, D. C., & F. (2019). Digital Marketing. Pearson UK.

Fathurrahman, M. M., Triwardhani, D., & Argo, J. G. (2021). n. Prosiding SENAPENMAS, 346(2), 1209. https://doi.org/10.24912/psenapenmas.v0i0.15157

Hartini, S., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2022). Digital Marketing dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 5(1), 197–206. https://doi.org/10.26740/jekobi.v5n1.p197-206

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Philip_Kotler_Manajemen_Pemasaran_Edisi.pdf (p. 19).

Kurniawan, D. M. (2023). Pengaruh Beauty Influencer Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Maybelline New York (Studi pada Penonton Video TikTok Laura Siburian). Universitas Lampung.

Laksono, A. W., & Suryadi, N. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Dan Kualitas Merek Terhadap Loyalitas Merek Pada Pelanggan Geprek Bensu Di Kota Malang. Holistic Journal of Management Research, 3(1), 8–16. https://doi.org/10.33019/hjmr.v3i1.1804

Lestiyani, D. N., & Purwanto, S. (2024). Analisis Pengaruh Influencer Marketing dan Brand Love terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(2), 886–898. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i2.5513

Saraswati, C. D., & Evelina, T. Y. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ms Glow Di Kota Tulungagung. Aplikasi Bisnis, 8(1), 85–90.

Sari, O. H., Rukmana, A. Y., Munizu, M., Novel, N. J. A., Salam, M. F., Hakim, R. M. A., Sukmadewi, R., & Purbasari, R. (2023). DIGITAL MARKETING : Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital (M. K. Efitra, S.Kom (ed.).

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suhendra. (2023). Pengaruh Influencer Marketing Dan Social Media Marketing Terhadap Minat Beli Produk Skincare Pada Masyarakat Generasi Z Kecamatan Pancur Batu. Universitas Medan Area, 18–84.

Downloads

Published

2025-06-14

Issue

Section

Articles