Pengaruh Digital Marketing, E-Service Quality dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Tiktok Shop

(Studi Kasus pada Generasi Z yang Menggunakan Aplikasi Tiktok Shop di Sidoarjo)

Authors

  • Defitri Prakasiwi Universitas 17 Agustus 1945
  • Sumiati Sumiati Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61722/jrme.v2i4.5186

Keywords:

Digital Marketing, E-Service Quality, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing, e- service quality, dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian pada Tiktok Shop di kalangan Generasi Z di Sidoarjo. Penelitian dilakukan secara kuantitatif menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Sampel penelitian terdiri dari 100 responden yang merupakan Generasi Z pengguna Tiktok Shop di Sidoarjo. Data dianalisis menggunakan IBM SPSS versi 25 dengan teknik uji instrument, uji asumsi klasik dan  analisis regresi linier berganda yang mencakup uji validitas, reliabilitas, uji T, uji F, dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel digital marketing, e-service quality, dan kepercayaan konsumen secara simultam memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Tiktok Shop di kalangan Geneasi Z di Sidoarjo. Penelitian ini relevan dalam era digital dan tren belanja online yang berkembang pesat. Implikasinya dapat digunakan untuk menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif, khususnya bagi Tiktok Shop dan bisnis serupa yang ingin memahami perilaku belanja Generasi Z secara daring.

References

Abiyanto, A., & Dwi, N. (2022). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Apotek Samari) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Aguspriyani, Y., Polindi, M., Fitriani, P. D., Darmansyah, T. T., & Setiadi, R. M. (2023). Pengaruh Strategi Digital marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Asuransi Pada Generasi Milenial. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 8(1), 35-48.

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh brand image dan brand awareness terhadap keputusan pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39-50.

Arifah, N., & Auliya, Z. F. (2020). Pengaruh E-service quality Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Repurchase Intention Pada Toko Akuniwashop Klaten Di Marketplace Shopee (Doctoral dissertation, IAIN SURAKARTA).

Firman, M. (2021). Analisis Antara E-Service Quality, E-Satisfaction, Dan E-Loyalty Terhadap Minat Pembeli Dalam Konteks E-commerce Aplikasi Belanja Online Shopee (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Fitrianna, H., & Aurinawati, D. (2020). Pengaruh Digital Marketing Pada Peningkatan Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Monggo di Yogyakarta. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3), 409-418.

Lestari, N. A., & Iriani, S. S. (2018). Pengaruh kepercayaan dan kemudahan transaksi terhadap keputusan pembelian secara online pada situs mataharimall. com. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(1), 1-8.

Lombok, V. V., & Samadi, R. L. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Emina (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 953-964.

Mewoh, F. M., Tampi, J. R., & Mukuan, D. D. (2019). Pengaruh Digital marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store Manado Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(1), 35-42.

Mulyansyah, G. T., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh digital marketing berbasis sosial media terhadap keputusan pembelian kuliner di kawasan G-Walk Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1097-1103.

Murhadi, W. R., & Reski, E. C. (2022). Pengaruh E-Service Quality, Kesadaran Merek, Kepercayaan, Word Of Mouth, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Tiktok Shop (Studi Pada Pelanggan Tiktok Shop). Jurnal Ilimiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(2), 229-240.

Nurmanah, I., & Nugroho, E. S. (2021). Pengaruh Kepercayaan (Trust) Dan Kualitas Pelayanan Online (E-Service Quality) Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Bukalapak. At-Tadbir: jurnal ilmiah manajemen, 5(1), 11-21.

Onsardi, O., Ekowati, S., Yulinda, A. T., & Megawati, M. (2022). Dampak Digital Marketing, Brand Image Dan Relationship Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lina Ms Glow Kota Bengkulu. Creative Research Management Journal, 5(2), 10-19.

Panjaitan, F. A., Andjarwati, T., Sumiati, S., & Panjaitan, H. (2019, September). The Influence of Quality of Services, Innovation of Products, Prices and Trust on Customer Satisfaction Telkomsel In Surabaya. In Proceedings of the 1st Asian Conference on Humanities, Industry, and Technology for Society, ACHITS 2019, 30-31 July 2019, Surabaya, Indonesia.

Pardede, J. (2022). Pengaruh Harga, Promosi Dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merk Prettyfit Pada Pt. Christoper Adidaya Rekananda (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia jakarta).

Putri, P. M., & Marlien, R. A. (2022). Pengaruh Digital marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), 25-36.

Riyadi, S. A., Suhud, U., & Usman, O. (2023). Pengaruh E-service quality dan Brand Image Terhadap E-Satisfaction dan E-Loyalty pada Pengguna Tiktok Shop. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan, 4(1), 1-16.

Romadlon, A., Marlien, R. A., & Widyasari, S. (2020). Pengaruh digital marketing, kepercayaan dan kualitas produk terhadap niat beli (Studi pada akun Instagram Kawaii Coklat).

Saputra, G. G., & Fadhilah, F. (2022). Pengaruh Live Streaming Shopping Instagram Terhadap Kepercayaan Konsumen Online dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 4(2), 442-452.

Saputra, R. G., & Santoso, A. (2022). Pengaruh Kepercayaan, E-Service Quality, Dan Information Quality Terhadap Keputusan Pembelian Online. Bussman Journal: Indonesian Journal of Business and Management, 2(3), 541-551.

Setyowati, D., & Suryoko, S. (2020). Pengaruh e-service quality terhadap keputusan pembelian melalui e-trust sebagai variabel mediasi (Studi pada pengguna situs Bukalapak di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 251-260.

Steven, J., & Ramli, A. H. (2023). E-Service Quality, E-Wallet Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Pada Pengguna Pembayaran Non Tunai Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 11(2), 267-278.

Wuisan, D. S., Candra, D., Tanaya, M. A., Natalia, V., & Bernarto, I. (2020). Pengaruh Website Design Quality dan E-service quality Terhadap Repurchase Intention Sociolla E-Trust Sebagai Variabel Mediasi. Computatio: Journal of Computer Science and Information Systems, 4(1), 55-67.

Downloads

Published

2025-06-21

Issue

Section

Articles