Penerapan Strategi Pemasaran Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Deskriptif Pada Pelaku UMKM Pengrajin Gula Aren di Desa Halong Kecamatan Haruai)

Authors

  • Yuliana Yuliana Universitas Terbuka
  • Candraningrat Candraningrat Universitas Dinamika

DOI:

https://doi.org/10.61722/jrme.v2i4.5294

Keywords:

Digital Marketing, UMKM, Pengrajin Gula aren

Abstract

UMKM merupakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah sebagi jenis usaha yang dijalankan oleh individu, rumah tangga, atau badan usaha kecil dengan skala operasional dan aset yang terbatas. Perekonomian nasional didorong oleh UMKM yang membuka peluang kerja, mendorong kemajuan ekonomi setempat, dan memperbaiki kualitas hidup masyarakat. Gula aren merupakan salah satu komoditas yang diperjualbelikan oleh UMKM. Nira pohon aren (pohon Enau) dimanfaatkan untuk membuat gula aren sebagai pemanis alami. Untuk membuat gula aren, nira ini diambil dari bunga jantan pohon aren dan dimasak hingga mengeras dan mengental. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan metode deskriptif karena gula aren yang termasuk dalam golongan gula merah sering digunakan sebagai pengganti gula tebu atau gula pasir dalam berbagai hidangan dan minuman. Namun, industri gula aren menghadapi tantangan yang cukup besar dalam menjaga keterhubungannya di era digital yang terus berkembang pesat ini. Desa Halong di Kecamatan Haruai menjadi lokasi penelitian. Sebanyak empat konsumen dan perajin gula aren dilibatkan dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data melalui dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku industri gula aren mulai memanfaatkan berbagai media sosial, antara lain Facebook, Instagram, WhatsApp Business, dan TikTok, sebagai bagian dari taktik pemasaran digital berbasis media sosial yang berhasil mendongkrak penjualan gula aren tradisional. untuk menjangkau pelanggan secara luas, terutama generasi muda yang lebih mengerti teknologi. Konten yang kreatif dan instruktif yang dikemas dengan baik dapat meningkatkan minat beli, meningkatkan brand awareness, dan meningkatkan reputasi gula aren sebagai produk kontemporer. Pemasaran influencer dan promosi iklan digital kini menjadi bagian dari strategi pemasaran digital. Kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan tren digital yang berubah, memahami target pasar, dan mengembangkan merek secara konsisten semuanya berperan dalam keberhasilan strategi ini.

References

Adolph, R. (2016). biasanya membuat rencana bisnis, mempekerjakan tenaga kerja, memperoleh sumber daya dan pembiayaan, memberikan kepemimpinan serta manajemen untuk bisnis.

Astari, N. P. R. P., & Candraningrat, I. R. (2022). Pengaruh Fintech Terhadap Kinerja Keuangan Umkm Dengan Literasi Keuangan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Manajemen Stratejik Dan Simulasi Bisnis, 3(1), 68–81. https://doi.org/10.25077/mssb.3.1.68-81.2022

Candraningrat, C., Yurisma, D. Y., & Mujanah, S. (2021). Pengembangan strategi bisnis Melalui BMC (Business Model Canvas) dan strategi pemasaran bagi UMKM Sari Delight Surabaya. TEKMULOGI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11–22. https://doi.org/10.17509/tmg.v1i1.34295

Citriadin, Y. (2020). Teknik analisis data penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif dalam metodologi penelitian pendekatan multidisipliner (pp. 201–218).

Harahap, H. S., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 3(2), 77. https://doi.org/10.32493/jls.v3i2.p77-85

Maimunah, M., Setiawati, B., & Subadi, W. (2020). Implementasi Peraturan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2015 Tentang Tarif Biaya Nikah (Studi Kasus Kantor KUA Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong). Japb, 3(1), 242–258. http://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/251

Muttaqiin, N., Rasyid, R. A., & Candraningrat, C. (2021). Pengaruh Citra (Images), Kepuasan Konsumen (Customer Satisfaction), Kepercayaan Konsumen (Customer Trust) Dan Loyalitas Konsumen (Customer Loyalty) Pada Perusahaan Agen Asuransi Di Surabaya. Media Mahardhika, 20(1), 173–181. https://doi.org/10.29062/mahardika.v20i1.332

Priambada, S. (2015). Manfaat Penggunaan Media Sosial Pada Usaha Kecil Menengah (Ukm). Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, November, 2–3.

Rosmiati, M., Paudin, M., Suyatna, R. G., Manajemen, P., Ekonomi, F., & Primagraha, U. (2025). Analisis Fungsi Manajemen Operasional pada UMKM Es Teh Indonesia Cabang Serang. 3.

Setiyono, A., Kamila, U. M., Multazamiya, N. S., Wahidiyatul, A., Hafizh, A., & Rahmah, F. N. (2024). ETAM : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Pengembangan Usaha Gula Aren Melalui Digitalisasi Marketing Di Desa Jaten Ponorogo Kabupaten Ngawi Development Of Palm Sugar Business Through Marketing Digitalization In Jaten Village Jogorowo Ngawi Etam : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 4(2), 170–180.

Susanto, S.E., M. . (2023). Pemasaran Digital UMKM Makanan Ringan (CV Saba Ja).

Syarif, A. H., Hudallah, S., Azriansyah, Q., Putri, I. L., & Nopriyanti, N. (2023). Pemberdayaan UMKM Gula Aren Berbasis Kearifan Lokal di Desa Kota Jawa Kecamatan Way Khilau Kabupaten Pesawaran. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(4), 311–320. https://doi.org/10.61231/jp2m.v1i4.158

Ummah, M. S. (2019). Produk dan layanan yag luar biasa kerena memiliki pemahan yang lebih dalam tentang konsumen. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008. 06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETU NGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Zia, H. (2020). Pengaturan Pengembangan Umkm Di Indonesia. Rio Law Jurnal, 1(1). https://doi.org/10.36355/rlj.v1i1.328

Downloads

Published

2025-06-19

Issue

Section

Articles