Analisis SWOT terhadap Strategi Produksi Pakaian di Perusahaan Moran Sewn Bali

Authors

  • Ni Putu Pande Dian Aprilia Dewi Universitas Terbuka
  • Candraningrat Universitas Dinamika

DOI:

https://doi.org/10.61722/jrme.v2i4.5358

Keywords:

Analisis SWOT, Industri Pakaian, Strategi Produksi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai strategi produksi pakaian di Moran Sewn Bali dengan menggunakan metodologi SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Data utama dikumpulkan melalui kunjungan lapangan, dan analisis dokumen di seluruh perusahaan, adapun wawancara dengan 30 partisipan untuk memperkaya pemahaman riil dilapangan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa perusahaan memiliki aset internal yang signifikan, seperti kualitas bahan baku yang berstandar internasional, produk desain unik yang memiliki sedikit unsur budaya Bali, dan pemanfaatan inovasi teknologi. Namun, perusahaan juga memiliki masalah internal yang bergantung pada penduduk setempat, seperti kurangnya keterampilan tenaga kerja lokal, rantai pasokan yang tidak stabil, dan praktik yang kurang optimal yang bergantung pada lingkungan setempat. Di sisi eksternal, Moran Sewn Bali memiliki peluang luar biasa untuk memperluas basis pelanggannya ke Eropa dan Amerika, serta memanfaatkan tren mode global yang berfokus pada keberlanjutan. Namun, bahaya seperti persaingan dari merek global, perubahan peraturan pemerintah, dan ketidakstabilan ekonomi di seluruh dunia perlu dipantau. Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, penelitian ini menyarankan agar perusahaan meningkatkan manajemen sumber daya manusia, menjaga rantai pasokan, mengoptimalkan praktik lingkungan, dan memanfaatkan teknologi digital untuk periklanan. Dengan langkah-langkah strategis ini, Moran Sewn Bali dapat meningkatkan kapasitasnya untuk bersaing di pasar global. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap literatur industri pakaian, khususnya yang berkaitan dengan perusahaan menengah di negara-negara berkembang.

References

Agustina, E. S. (2024). Analisis SWOT Untuk Merumuskan Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Locy Cahaya Bersaudara Menggunakan Matriks IFAS, EFAS, SFAS, dan Grand Strategy. Jurnal Bisnis dan Pembangunan, 13(3), 266-274.

Ahyuni, S. (2023). Strategi pendampingan industri kreatif menengah kerajiinan baduy berbasis local wisdom: tinjauan model triple helix. Journal of Socio-Cultural Sustainability and Resilience, 1(1).

Amane, A. P. O., Kertati, I., Hastuti, D., Shodiq, L. J., & Ridho'i, M. (2023). Metode Penelitian Kualitatif: Persperktif bidang ilmu Sosial. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Amzul, T. A. A., Purnomo, S. Y., Gunawan, L., Prihatni, A., Gunawan, L., & Daeli, H. P. D. (2024). Strategi manajemen inovasi dalam mempertahankan daya saing di pasar global. Jurnal Tadbir Peradaban, 4(3), 475-482.

Ardiansyah, W. M. (2023). Peran Teknologi dalam Transformasi Ekonomi dan Bisnis di Era Digital. JMEB Jurnal Manajemen Ekonomi & Bisnis, 1(1), 12-16.

Ayu, I. P. (2024). Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran di Tengah Krisis (Studi Kasus pada PT. Pos Indonesia). Jurnal Penelitian Inovatif, 4(1), 1-10.

Azzahra, S. (2023). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Perubahan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Tekstil Dan Garmen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Doctoral Dissertation, Universitas Bina Darma).

Candraningrat, C. (2017). Pengambilan Keputusan sebagai Wirausaha Muda dan Faktor Eksternal yang Mempengaruhinya di Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya. Business and Finance Journal, 2(1), 1-14.

Candraningrat, C. (2019). Business Plan" a Simple Strategy To Grow A Remarkable Business". Surabaya: Universitas Dinamika.

Candraningrat, C. (2019). Monograf Faktor Kesuksesan Suksesi UMKM di kota Surabaya Principal Component Analysis. Surabaya: CV. Revka Prima Media.

Candraningrat, C., Wibowo, J., & Santoso, R. (2020). Pembuatan digital marketing dan marketing channel untuk UKM PJ Collection. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(01), 82-91.

Candraningrat, C., Yurisma, D. Y., & Mujanah, S. (2021). Pengembangan strategi bisnis melalui BMC (business model canvas) dan strategi pemasaran bagi UMKM Sari Delight Surabaya. Tekmulogi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11-22.

Djunaidi, D., & Alfitri, A. (2022). Dilema industri padat modal dan tuntutan tenaga kerja lokal. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(1), 29-40.

Fadlan, A., & Pane, S. G. (2024). Pertumbuhan Home Industry Dan Transformasi Digital Dalam Dunia Bisnis. Serasi Media Teknologi.

Fatmah, F., Supriyanto, E., Budiman, D., Maichal, M., Ghozali, Z., Ismail, H., ... & Musty, B. (2024). UMKM & kewirausahaan: Panduan praktis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Freeman, R. E., Dmytriyev, S. D., & Phillips, R. A. (2021). Stakeholder theory and the resource-based view of the firm. Journal of management, 47(7), 1757-1770.

Haryani, D. S., & Sari, P. R. K. (2021). Analisis Risiko Jasa Penyewaan Mobil Pada CV. Rahmad Illahi. Manajerial Dan Bisnis Tanjungpinang, 4(1), 66-74.

Hidayat, D., & Abbas, A. (2024). Bisnis dan Industri Kreatif. CV. Gita Lentera.

Kolanus, J. A., Lapian, S. J., & Poluan, J. G. (2024). Evaluasi strategi pemasaran PT. Indofood Sukses Makmur Tbk Sulawesi Utara terhadap produk unggulan perusahaan (Indomie) menggunakan metode SWOT. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 12(01), 860-867.

Kurtmollaiev, S. (2020). Dynamic capabilities and where to find them. Journal of Management Inquiry, 29(1), 3-16.

Lailia, V. R., & Dwiridotjahjono, J. (2023). Penerapan strategi pemasaran digital melalui media sosial Instagram dalam meningkatkan penjualan pada Arunazma. Jurnal of Management and Social Sciences, 1(2), 01-10.

Laksmi, P. A. S., & Arjawa, I. G. W. (2023). Kearifan Lokal dalam Mendukung Pengembangan Industri Kreatif di Provinsi Bali. Journal Scientific of Mandalika (JSM) e-ISSN 2745-5955| p-ISSN 2809-0543, 4(1), 1-15.

Liana, W., Kusumastuti, S. Y., Damanik, D., Hulu, D., Apriyanto, A., Judijanto, L., ... & Milia, J. (2024). Teori Pertumbuhan Ekonomi: Teori Komprehensif dan Perkembangannya. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Mashuri, M., & Nurjannah, D. (2020). Analisis SWOT sebagai strategi meningkatkan daya saing. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 97-112.

Pasaribu, R. D., Pertiwi, A. N., & Sugiharto, Z. I. (2022). Strategi bisnis dan program fungsional pada usaha roti dengan pendekatan analisis dan matriks SWOT. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 1450-1465.

Setiawan, Z., Aulia, M. R., Adhicandra, I., Ariasih, M. P., Antesty, S., Dewi, R. D. L. P., ... & Afriyadi, H. (2023). Kewirausahaan 5.0: Membangun Keberhasilan Wirausaha Pada Era Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Siahaya, M. (2024). Green Strategy Mengintegrasikan Keberlanjutan dalam Rencana Bisnis untuk Masa Depan. Jurnal Inovasi Global, 2(9), 1338-1349.

Siska, E., Purwatiningsih, P., & Hasanudin, H. (2025). Mendongkrak Kinerja UMKM: Peran Financial Literacy, Credit Scoring, dan Kebijakan Pemerintah. Yayasan Drestanta Pelita Indonesia.

Suprayitno, D., Irmadiani, N. D., Munizu, M., Muchayatin, M., Mawarni, I., Saktisyahputra, S., ... & Erwin, E. (2024). Manajemen Pemasaran: Teori dan Strategi. PT. Green Pustaka Indonesia.

Ulinnuha, M., Fatmawati, W., & Marlyana, N. (2023). Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan SWOT, Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats (Studi Kasus Pada Walet Kofie). Jurnal Ilmiah Sultan Agung, 2(2), 75-91.

Wibowo, A. (2023). Manajemen Bisnis Internasional. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik.

Yunus, I. (2021). Strategi Pemasaran Industri Konveksi Menggunakan Analisis “SWOT”. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 9(2), 95-99.

Downloads

Published

2025-06-22

Issue

Section

Articles