PENGARUH TREN FOMO, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LOTION PRODUK MARINA

Authors

  • Khairun Nisa Ambary Universitas Peradaban
  • Yunisa Dwi Alisia Puspikasari Universitas Peradaban
  • Mukhroji Mukhroji Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.61722/jrme.v2i4.5854

Keywords:

Tren Fomo, Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji dampak atau pengaruh dari Tren FOMO, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Lotion produk Marina. Metode yang di gunakan merupakan metode kuantitatif menggunakan metode pengumpulan data dengan mendistribusikan kuesioner kepada 98 orang yang menjawab (responden) pengguna produk Marina. Pengujian dilakukan melalui validitas dan reliabilitas, t-test dan f-test dengan alat SPSS 25. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa Secara bersamaan, tren FOMO, harga, serta kualitas produk memiliki dampak yang besar terhadap keputusan pembelian. Akan tetapi , jika dilihat secara terpisah, hanya variabel harga serta kualitas produk yang memberikan pengaruh berarti (signifikan), tren FOMO tidak mempunyai pengaruh yang signifikan. Fenomena ini mengidentifikasikan meskipun tren sosial seperti FOMO berkembang, konsumen tetap mengutamakan kualitas dan harga dalam memilih produk.

References

Adrianto, A. (2021). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Smartphone. J. Ilman J. Ilmu Manaj, 9(2), 55-61.

Khotimah, K., & Nurtantiono, A. (2021). Pengaruh produk, persepsi harga, promosi dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk Wardah di Solo Raya. Creative Research Management Journal, 4(1), 1-10.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Marketing Management. Pearson Prentice Hall.

Kumala, F. O. N., & Anwar, M. K. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Pt. Hasanah Mulia Investama. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(2), 26-39.

Przybylski, A. K., Murayama, K., Dehaan, C. R., & Gladwell, V. (2013). Motivational, emotional, and behavioral correlates of fear of missing out. Computers in Human Behavior, 29(4), 1841–1848. https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.02.014

SAFITRI, R. D., & Prastiwi, S. K. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HAND AND BODY LOTION MARINA DI KOTA SURAKARTA (Doctoral dissertation, UIN Surakarta).

Santoso, I. H., Widyasari, S., & Soliha, E. (2019). Fomsumerism: Mengembangkan Perilaku Conformity Consumption Dengan Memanfaatkan Fear of Missing Out Konsumen. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 15(2), 159–171. https://doi.org/10.32815/jibeka.v15i2.230

Slamet, S., Perwira, I., & Suhartini. (2022). Pengaruh Inovasi Produk dan Promosi Media Online Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen ( Survei Pelanggan Online Cake Box ). 7(3), 452–460. https://doi.org/10.37531/mirai.v7i3.2492

Syafaah, N., & Santoso, I. H. (2022). Fear of Missing Out dan Korean Wave: Implikasinya pada Keputusan Pembelian Kosmetik asal Korea. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 5(3), 405-414.

Syamer, D. M., & Setyawati, I. (2024). PENGARUH FOMO, PERSEPSI HARGA DAN PROMOSI MEDSOS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN KAREN’ S DINER JAKARTA. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(3).

Zhang, Z., Jiménez, F. R., & Cicala, J. E. (2020). Fear of missing out scale: A self‐concept perspective. Psychology & Marketing, 37(11), 1619-1634.

Downloads

Published

2025-07-12

Issue

Section

Articles