PERAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM), PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK SKINTIFIC
DOI:
https://doi.org/10.61722/jrme.v2i4.5878Keywords:
E-WOM, persepsi harga, kualitas produk, keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami dampak dari Electronic Word of Mouth (E-WOM), persepsi harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Skintific. Pendekatan yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan melibatkan 93 responden yang berasal dari daerah Brebes hingga Banyumas. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan kemudian dianalisis menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga faktor tersebut secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Namun, ketika dilihat secara individual, hanya kualitas produk yang memiliki pengaruh yang signifikan.
References
Abdullah, T., & Tantri, F. (2018). Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada.
Compas.co.id. (2024). Penjualan produk skincare tertinggi Q1 2024: Skintific ungguli kompetitor di e-commerce. Retrieved from https://compas.co.id
Garvin, D. A. (1987). Competing on the eight dimensions of quality. Harvard Business Review, 65(6), 101–109.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Goldsmith, R. E., & Horowitz, D. (2006). Measuring motivations for online opinion seeking. Journal of Interactive Advertising, 6(2), 2–14.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2020). Multivariate Data Analysis (8th ed.). Cengage Learning.
Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38–52.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.
Monroe, K. B. (1990). Pricing: Making profitable decisions (2nd ed.). McGraw-Hill.
SastroAtmodjo, S. (2021). Manajemen Pemasaran (Marketing) (R. R. Rerung (ed.)). Media Sains Indonesia.
Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. (2015). Consumer behavior (11th ed.). Pearson Education.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2019). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach (8th ed.). Wiley.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2015). Strategi pemasaran (4th ed.). Yogyakarta: Andi.
Zeithaml, V. A. (1988). Consumer perceptions of price, quality, and value: A means-end model and synthesis of evidence. Journal of Marketing, 52(3), 2–22.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.