PENGARUH MEDIA SOSIAL, VARIASI PRODUK, DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PADA YOGURT CIMORY SQUEEZE
Studi Empiris tentang Peran Media Sosial, Variasi Produk, dan Harga terhadap Perilaku Konsumen Yogurt Cimory Squeeze
DOI:
https://doi.org/10.61722/jrme.v2i4.5903Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial, variasi produk, dan harga terhadap minat beli konsumen pada produk Yogurt Cimory Squeeze. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 97 responden. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, media sosial, variasi produk, dan harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Secara parsial, variasi produk dan harga berpengaruh signifikan, sedangkan media sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Faktor harga memiliki pengaruh paling dominan dibandingkan variabel lainnya. Penelitian ini memberikan implikasi bagi manajemen perusahaan dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif melalui inovasi produk dan penetapan harga yang sesuai dengan preferensi konsumen.
References
Amillia, S., & Nst, M. O. A. 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan Unsam, 6(1), 660– 669.
Baidowi, M. A. (2021). Pengaruh Strategi E-Marketing Dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Kompetitif, 10(1).
Darmawan, D., & Arifin, S. (2020). Studi Empiris tentang Kontribusi Harga, Varian Produk, dan Kemasan terhadap Pembentukan Minat Beli Produk Sabun Mandi Batang (Studi Kasus terhadap Pekerja Rantau di Kota Surabaya) (Vol. 3, Issue 2).
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Pelanggan. Unitomo Press.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Gizi Seimbang untuk Masyarakat Indonesia. Jakarta: Kemenkes RI.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.
Kurniawan. (2020). Pengaruh Celebgram Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Secara Online Pada Media Sosial Instagram Produk Erha Clinic Di Surabaya (Vol. 5).
Nagle, T. T., Hogan, J. E., & Zale, J. (2016). The strategy and tactics of pricing: A guide to growing more profitably (5th ed.). Routledge.
Nielsen. (2021). Indonesia Health & Wellness Consumer Trends Report. Diakses dari [https://www.nielsen.com/id].
Razak, A. (2016). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen, 7(1), 40-49.
Setiawati, M., Sari, D. P., & Putri, A. R. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen di Era Digital. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 9(2), 112-120.
Prakoso, Z., & Rusdianto, R. Y. (2023). The Influence of Brand Image, Online Consumer Reviews, and Prices on Interest in Buying Samsung Smartphone Products (Case Study of Samsung Smartphone Users in Surabaya City). In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 4).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.