PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KOPERASI SYARIAH DI DKI JAKARTA

Authors

  • Fajar Malik Agus Karim Universitas Negeri Jakarta
  • Dita Puruwita Universitas Negeri Jakarta
  • Rizka Zakiah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61722/jrme.v2i4.5924

Keywords:

Product Quality, Service Quality, Customer Loyalty, Islamic Cooperatives

Abstract

Abstract, This study aims to analyze the influence of product quality and service quality on customer loyalty of Islamic cooperatives in Jakarta. The background of this research is based on the increasing competition among Islamic financial institutions, namely Islamic cooperatives, and the importance of product quality and service quality on customer loyalty. This study used a quantitative approach with a survey method. Data were collected through an online questionnaire distributed to 100 respondents, customers of Islamic cooperatives in Jakarta. The data analysis technique used was multiple linear regression to examine the relationship between variables. The results indicate that product quality and service quality have a positive and significant effect on customer loyalty of Islamic cooperatives. This finding has implications for companies in designing marketing strategies that focus on strengthening product quality and improving service quality.

Keywords: Product Quality, Service Quality, Customer Loyalty, Islamic Cooperatives

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan koperasi syariah di DKI Jakarta. Latar belakang penelitian ini didasari oleh meningkatnya persaingan lembaga keuangan syariah yaitu koperasi syariah serta pentingnya kualitas produk dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner online yang disebarkan kepada 100 responden pelanggan koperasi syariah di DKI Jakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan koperasi syariah. Temuan ini memberikan implikasi bagi perusahaan dalam merancang strategi pemasaran yang berfokus pada penguatan kualitas produk dan peningkatan kualitas layanan.

Kata kunci: Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Loyalitas Pelanggan, Koperasi Syariah

References

Arinawati, E., & Suryadi, B. (2021). Penataan produk (c3) kompetensi keahlian: daring dan pemasaran. Penerbit Grasindo: Jakarta. Hal, 164.

Budiono, A. (2021). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, promosi, lokasi, kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen di rumah makan Bebek Kaleo Tebet Jakarta Selatan dimasa pandemi COVID-19. Segmen Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 223–247.

Daga, R., & Razak, M. (2024). The Influence of Product Quality and Service Quality on Loyalty through Customer Satisfaction of Makassar Branch Pegadaian. Proceeding of International Conference on Business and Banking Innovations, 6, 276–297.

DEWI, F. M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Strategi Pemasaran Dan Religiusitas Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Di Bank Rakyat Indonesia Syariah Tulungagung. Skripsi, 1(1), 22–23.

Dimyati, M. (2018). Pendekatan Hayati: Strategi pemasaran untuk menghadapi persaingan yang dinamis.

Gulo, M., Zai, K. S., & Lase, N. K. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Di CV. Golden Mart Kota Gunungsitoli. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(4), 1290–1298.

Ika Devi Widyaningrum, D., & Effendi, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Hotel Luminor Mangga Besar Jakarta Barat. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Hotel Luminor Mangga Besar Jakarta Barat.

Khairan, K. (2020). Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Dengan Metode Reschedulling, Reconditioning dan Restructuring Pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah Baitul Maal Wat Tamwil. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 2(1), 1–22.

Mashuri, M. (2020). Analisis Dimensi Loyalitas Pelangan Berdasarkan Perspektif Islam. Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 54–64.

Nujum, S., & Djamereng, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah PT. Bank Sulselbar Cabang Pinrang. PARADOKS: Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(3), 71–78.

Qomarsyah, M. M., Mahyarni, M., & Romus, M. (2023). Pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah sebagai variabel intervening pada Koperasi Syariah BMT Al-Ittihad Pekanbaru. Jurnal Bisnis Kompetitif, 2(1), 31–39.

Sari, A., & Usman, O. (2024). The Influence of Service Quality and Trust on User Loyalty through User Satisfaction DANA in Jakarta. International Student Conference on Business, Education, Economics, Accounting, and Management (ISC-BEAM), 2(1), 957–972.

Setiawan, W. L. (2021). Mewujudkan Koperasi Sebagai Soko Guru Ekonomi Di Tingkat Lokal Dengan Program Kampung Koperasi Di Kabupaten Garut. Adaptasi Dan Sinkronisasi Kebijakan Pembangunan Memanfaatkan Momentum New Normal Pasca Covid-19, 277–288.

Singgih, C. T. (2020). Pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah tabungan bank syariah di kabupaten jombang yang dimediasi variabel kepuasan. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 3(2), 197–208.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan:(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Wati, I. F., Susianti, S., Ajabar, A., & Herlina, H. (2020). Peranan Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Prabumulih Timur. INVEST: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 1(2), 97–113.

Yusuf, Muhammad, N., & Putra, A. H. P. K. (2019). The impact of product quality, price, and distribution on satisfaction and loyalty. Journal of Distribution Science, 17(10), 17–26.

Downloads

Published

2025-07-15

Issue

Section

Articles