Analisis Kelayakan Usaha Adijaya Bakpao Dalam Inovasi Produk Dan Strategi Pemasaran Digital
DOI:
https://doi.org/10.61722/jrme.v2i4.5956Keywords:
business feasibility, MSMEs, steamed buns, product innovation, marketing aspectsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kelayakan usaha Adi Jaya Bakpao sebagai bisnis rumahan yang bergerak di bidang produksi makanan, khususnya bakpao dengan berbagai pilihan rasa seperti coklat, kacang hijau, strawberry dan blueberry. Pendekatan penelitian yang digunakan bersifat kombinatif, yaitu metode kualitatif melalui wawancara dan observasi untuk menggali informasi dari pelaku usaha dan lingkungan sekitar, serta metode kuantitatif dalam menganalisis aspek keuangan menggunakan data pendapatan dan biaya usaha. Hasil studi menunjukkan bahwa Adi Jaya Bakpao telah mengantongi berbagai izin resmi seperti sertifikat halal dari MUI, izin SPP-IRT dari Dinas Kesehatan, serta SPPL dari Dinas Lingkungan Hidup. Dari sisi pemasaran, produk ini memiliki daya saing karena harganya terjangkau, cita rasa yang digemari berbagai kalangan, serta strategi penjualan langsung yang menjangkau wilayah sekitar. Ditinjau dari aspek teknis, usaha ini memiliki lokasi yang menguntungkan, peralatan produksi memadai, serta operasional yang berjalan efisien. Analisis keuangan menunjukkan adanya arus kas yang stabil dan proyeksi balik modal dalam waktu singkat. Meski begitu, usaha ini masih memiliki kekurangan, seperti pencatatan keuangan yang belum terkomputerisasi, variasi produk yang belum banyak, serta belum optimalnya penggunaan media digital dalam pemasaran.
Secara keseluruhan, AdiJaya Bakpao merupakan usaha yang potensial untuk dikembangkan lebih lanjut dengan peluang pertumbuhan yang baik, khususnya jika dilakukan inovasi produk dan penguatan strategi pemasaran digital.
References
Andayani, D., & Prameswari, A. D. (2021). Pengaruh digital marketing dan inovasi terhadap keputusan pembelian konsumen UMKM makanan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital (JEBDIG), 2(1), 44–51.
Astuti, R. D., & Nurcahyo, R. (2020). Inovasi produk dan digital marketing terhadap keunggulan bersaing UMKM kuliner di masa pandemi. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 6(1), 45–52.
Basu Swastha, D. H., & Irawan, H. (2005). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Bismala, L. (2016). Model manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan efektivitas usaha kecil menengah. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship, 5(1), 19-26.
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing (7th ed.). Pearson Education.
Christensen, C. M. (1997). The Innovator's Dilemma: When New Technologies Cause Great Firms to Fail. Boston: Harvard Business School Press.
Goody, J. (1982). Cooking, Cuisine and Class: A Study in Comparative Sociology. Cambridge: Cambridge University Press.
Hasibuan, A., Purba, B., Purba, D. S., Lifchatullaillah, E., Gemilang, F. A., Dewi, I. K., ... & Purba, S. (2021). Kewirausahaan.
Hidayat, A., & Dewi, R. P. (2022). Strategi digital marketing dalam meningkatkan daya saing UMKM di era industri 4.0. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi (JEMT), 6(2), 133–142.
HIDAYAT, Asep; LESMANA, Surya; LATIFAH, Zahra. Peran Umkm (Usaha, Mikro, Kecil, Menengah) Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional. Jurnal Inovasi Penelitian, 2022, 3.6: 6707-6714.
Kasmir, & Jakfar. (2016). Studi Kelayakan Bisnis (edisi revisi). Jakarta: Prenadamedia Group.
Kasmir, & Jakfar. (2016). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Penerbit Kencana Prenamedia Group.
Mardiasih, T. S. (2019). Pengaruh persepsi harga, kualitas produk, dan lokasi terhadap keputusan pembelian. IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN, 2(1).
Marselina, R. D., Sidik, R., Maulana, M., Utomo, R., Rohman, A., & Sutisna, A. (2024). Peran Pempublikasian Serta Inovasi Produk Dan Jaringan Bisnis Pada Konveksi RKM Garmenindo. Ebisnis Manajemen, 2(1), 100-118.
Munir, M., Saraswati, S., Hikmahyatun, S. F., & Rifai, Y. (2019). Study kelayakan bisnis dalam aspek lingkungan hidup. Labatila: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, 3(02), 157-171.
Nastiti, W. A. R., Wibowo, J., & Suhandiah, S. (2023). Analisis kelayakan bisnis produksi tas backpack: Studi tentang potensi pasar berdasarkan 6 aspek kelayakan. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3(2), 253-268.
Rachmawati, N. (2022). Peran Kuliner dalam Mempromosikan Pariwisata Budaya di Indonesia. Jurnal Pariwisata Nusantara, 14(2), 45-56.
Septiani, M., Ramadanty, R. F., & Astuti, D. (2025). Studi Kelayakan Bisnis melalui Analisis Aspek Pemasaran dan Aspek Manajemen Pada UMKM Nasi Uduk di Kabupaten Bekasi (Studi Kasus Pada Nasi Uduk Bu Asiah Rawa Sentul). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital, 2(3), 1348-1353.
Tanaka, Lukas Ardianto, and Maria Assumpta Evi Marlina. "Studi kelayakan bisnis uniquephotocard di mal Ciputra World Surabaya." PERFORMA 1.6 (2016): 746-754.
Turban, E., Volonino, L., & Wood, G. (2015). Information Technology for Management: Advancing Sustainable, Profitab
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.