Analisis Kelayakan Bisnis Pada UMKM Untuk Mendukung Keberlanjutan Usaha (Studi Pada Toko Kue Qella.id, Bumiayu)

Authors

  • Cindi Ayu Amelia Universitas Peradaban
  • Rizki Amalia Universitas Peradaban
  • Aldila Olivia Fitriyani Universitas Peradaban
  • Anisa Suci Lestari Universitas Peradaban
  • Assyifa Pujiani Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.61722/jrme.v2i4.5958

Keywords:

Keywords: analisis SWOT; bisnis kue; pemasaran digital; Qella.id; studi kelayakan

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengevaluasi keberlangsungan usaha kue Qella.id dengan menggunakan metode studi kelayakan yang meliputi aspek pasar dan pemasaran, teknis dan proses produksi, manajemen dan sumber daya manusia, serta pertimbangan hukum, lingkungan, serta analisis SWOT. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tekhnik observasi dan wawancara kepada pemilik usaha. Hasil penelitian menunjukan bahwa Qella.id memiliki potensi pasar yang luas, didukung oleh strategi pemasaran digital yang efektif, produk yang bervariasi, serta harga yang kompetitif. Meskipun menghadapi tantangan seperti fluktuasi harga bahan baku dan persaingan pasar yang tinggi, secara keseluruhan bisnis Qella.id dinilai layak untuk dijalankan dan memiliki prospek pertumbuhan yang menjanjikan. Inovasi produk dan penguatan merek direkomendasikan untuk meningkatkan daya saing di pasar bakery yang dinamis.

References

Alma, B. (2013). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta.

Assauri, S. (2016). Manajemen produksi dan operasi. Jakarta: Lembaga Penerbit FE UI.

David, F. R. (2017). Strategic management: Concepts and cases (16th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson.

Griffin, R. W. (2016). Fundamentals of management (8th ed.). Boston, MA: Cengage Learning.

Jakfar, M., & Kasmir. (2010). Studi kelayakan bisnis. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kasali, R. (2011). Manajemen pemasaran: Konsep dan aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kasmir. (2014). Kewirausahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing (17th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management (14th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving from traditional to digital. Hoboken, NJ: Wiley.

Porter, M. E. (2008). Competitive strategy: Techniques for analyzing industries and competitors. New York, NY: Free Press.

Rangkuti, F. (2017). Analisis SWOT: Teknik membedah kasus bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Robbins, S. P., & Coulter, M. (2016). Management (13th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian bisnis. Bandung: Alfabeta.

Supranto, J. (2010). Studi kelayakan investasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryana. (2013). Kewirausahaan: Kiat dan proses menuju sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Thompson, A. A. (2003). Strategic management: Concepts and cases. New York, NY: McGraw-Hill.

Tjiptono, F. (2015). Strategi pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Umar, H. (2018). Studi kelayakan bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2025-07-18

Issue

Section

Articles