Pengaruh Perencanaan Keuangan dan Kebiasaan Menabung terhadap Perilaku Overspending pada Intervening Spending Self-Control Pengguna E-wallet Generasi Z

Authors

  • Sararya Haikal Perdana Universitas Negeri Jakarta
  • Agung Dharmawan Buchdadi Universitas Negeri Jakarta
  • Shandy Aditya Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61722/jrme.v2i5.6176

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perencanaan keuangan dan kebiasaan menabung terhadap perilaku overspending pada intervening spending self-control pengguna e-wallet generasi z. latar belakang penelitian ini didasari kemajuan teknologi yang mendorong masyarakat untuk mudah bertransaksi secara digital yang dapat memicu perilaku overspending karena dengan adanya e-wallet akan menyebabkan orang berbelanja lebih banyak tanpa merasa mengeluarkan uang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap overspending sedangkan kebiasaan menabung berpengaruh negatif signifikan terhadap overspending. Temuan ini memperkuat pentingnya perilaku manajemen keuangan untuk mencegah terjadinya perilaku overspending pengguna e-wallet generasi z. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan literasi keuangan, khususnya dalam membentuk kebiasaan keuangan yang sehat di era digital, serta menjadi bahan pertimbangan bagi pengambil kebijakan dan penyedia layanan keuangan digital dalam merancang program edukasi keuangan yang lebih efektif.

References

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Almira, R. M., & Nugroho, B. S. (2023). Pengaruh Kebiasaan Menabung terhadap Pengendalian Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Era Digital. Jurnal Ekonomi Digital dan Keuangan, 4(1), 12–24.

Anggraini, D., & Sofyan, M. (2021). Spending Self-Control dan Perilaku Belanja Digital Mahasiswa Generasi Z di Perkotaan. Jurnal Psikologi Ekonomi, 6(1), 32–45.

Anjani, M. D., & Santoso, T. W. (2022). Pengaruh kebiasaan menabung terhadap pengendalian pengeluaran pada pengguna e-wallet di kalangan generasi muda. Jurnal Ekonomi Digital dan Keuangan, 4(1), 57–68.

Becker, J.-M., Cheah, J. H., Gholamzade, R., Ringle, C. M., Sarstedt, M. (2023): PLS-SEM’s Most Wanted Guidance, International Journal of Contemporary Hospitality Management, 35(1), pp. 321-346.

Davydenko, M., Kolbuszewska, M., & Peetz, J. (2021). A meta-analysis of financial self-control strategies: Comparing empirical findings with online media and lay person perspectives on what helps individuals curb spending and start saving. PLOS ONE, 16(7), e0253938. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0253938

Dewi, L. G. K., Herawati, N. T., & Adiputra, I. M. P. (2021). Penggunaan e-money terhadap perilaku konsumtif mahasiswa yang dimediasi kontrol diri. EKUITAS: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 5(1), 1–19. https://doi.org/10.24034/j2

Dinanti, H. A., & Nesneri, Y. (2024). Pengaruh literasi keuangan, gaya hidup, kontrol diri dan penggunaan e-money terhadap perilaku konsumtif generasi Z di Kota Pekanbaru. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(1), 1262–1275.

Faber, R. J., & O'Guinn, T. C. (1992). A clinical screener for compulsive buying. Journal of Consumer Research, 19(3), 459–469. https://doi.org/10.1086/209313

Fauziah, F., Sari, M. I., & Setianingsih, W. E. (2023, July). The influence of financial knowledge, financial planning, self-control on the financial management behavior of housewives. In Proceeding International Conference on Economics, Business and Information Technology (ICEBIT) (Vol. 4, pp. 478–486).

Fernandes, D., & Oliveira, A. (2021). The Influence of Self-Control on Impulsive Buying Behavior in Mobile Commerce. Journal of Retailing and Consumer Services, 63,102721. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102721

Fitri, S. N., & Maulidah, R. (2022). Pengaruh perencanaan keuangan terhadap kontrol pengeluaran impulsif pada generasi digital. Jurnal Ekonomi dan Perilaku Konsumen, 6(1), 41–52.

Fitria, D., & Hasanah, N. (2022). Perencanaan Keuangan dan Kontrol Diri dalam Menghadapi Godaan Belanja Digital pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Konsumen, 9(1), 41–52.

Ghozali. (2016). Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Semarang: Universitas Diponegoro.

Geng, L., Ye, L., Zhou, L., & Zhu, Y. (2021). The Impact of Financial Literacy and Saving Habits on Young Adults’ Spending Behavior. Frontiers in Psychology, 12, Article 705460. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.705460

Gunawan, N. J., Zulfa, M. T., Zahra, H. F., Setyaputri, I. S., Ginting, J., Halimah, S. N., Dinata, N. Y., Aryani, W. L., Salsabila, R. F., & Wulandari, S. S. (2024). Pengaruh gaya hidup hedonisme terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNNES. Jurnal Potensial, 3(2).

Hair, J. F. (with Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S.). (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R: A Workbook. Springer International Publishing AG.

Hakim, L. A., & Lestari, D. R. (2021). Menabung dan Self-Control: Studi pada Pengguna E-Wallet Mahasiswa. Jurnal Psikologi Keuangan Digital, 5(2), 66–77.

Handayani, L., & Prasetyo, H. (2022). Menabung dan Perilaku Konsumtif Generasi Milenial: Studi pada Pengguna Dompet Digital. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 10(2), 89–102.

Hidayati, I., & Afiatin, T. (2020). Peran kontrol diri dan mediasi orang tua terhadap perilaku penggunaan internet secara berlebihan. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 6(1), 43–55. https://doi.org/10.22146/gamajop.52744

Huang, Y., Jin, Q., & Zhang, L. (2022). Online Impulsive Buying: The Role of Payment Method and Self-Control. Frontiers in Psychology, 13, 835907. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.835907

Ibrahim, R. M., & Nurhaliza, A. (2021). Peran Self-Control dalam Memediasi Pengaruh Financial Planning terhadap Perilaku Konsumtif Digital. Jurnal Ekonomi dan Perilaku Finansial, 4(2), 47–58.

Insana, D. R. M., & Johan, R. S. (2020). Analisis pengaruh penggunaan uang elektronik terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Relasi: Jurnal Ekonomi, 17(2), 413–434. https://doi.org/10.31967/relasi.v17i2.494

Indrawati, H., & Rachmawati, A. (2022). Pengaruh Kebiasaan Menabung terhadap Kontrol Diri Keuangan Mahasiswa Generasi Z di Era Digital. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Finansial, 7(1), 28–39.

Khan, U., & Dhar, R. (2006). Licensing effect in consumer choice. Journal of Marketing Research, 43(2), 259–266. https://doi.org/10.1509/jmkr.43.2.259

Kholid, M. N. (2020). Understanding students' choice of becoming certified sharia accountant in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(10), 219–230.

Kim, J., Chatterjee, S., & Kim, J. (2021). The role of financial behavior in explaining financial satisfaction: A mediation analysis. Journal of Financial Counseling and Planning, 32(1), 1–13. https://doi.org/10.1891/JFCP-2000032

Kirana, A., Mutia, A., & Fielnanda, R. (2023). Pengaruh persepsi kemudahan, persepsi manfaat dan persepsi risiko terhadap keputusan penggunaan e-wallet pada mahasiswa di Kota Jambi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 123–135.

Kukar-Kinney, M., Close Scheinbaum, A., & Schaefers, T. (2016). Compulsive buying in online daily deal settings: An investigation of motivations and contextual elements. Journal of Business Research, 69, 691–699. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2015.08.021

Kumala, I., & Mutia, I. (2020). Pemanfaatan aplikasi dompet digital terhadap transaksi retail mahasiswa. Seminar Nasional Riset dan Teknologi, 64–69.

Kusnawan, A., Diana, S., Andy, A., & Tjong, S. (2019). Pengaruh diskon pada aplikasi e-wallet terhadap pertumbuhan minat pembelian impulsif konsumen milenial di wilayah Tangerang. Sains Manajemen, 5(2), 137–160. https://doi.org/10.30656/sm.v5i2.1861

Kusuma, A. P., & Syahputra, S. (2020). Pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi manfaat terhadap sikap penggunaan e-wallet di Kota Bandung. Journal of Applied Business Administration, 4(2), 45–56.

Leite, P. L., Pereira, V. M., Nardi, A. E., & Silva, A. C. (2014). Psychotherapy for compulsive buying disorder: A systematic review. Psychiatry Research, 219(3), 411–419. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2014.06.003

Leksono, A. W., & Vhalery, R. (2019). Pengaruh self-knowledge dan self-deception terhadap pengelolaan uang saku. Research and Development Journal of Education, 6(1), 28–40.

Lestari, R. T., & Fauzan, A. (2021). Pengaruh Perencanaan Keuangan terhadap Pengendalian Pengeluaran Mahasiswa di Era Digital. Jurnal Ekonomi dan Perilaku Keuangan, 5(2), 66–78.

Lim, H., Heckman, S., & Letkiewicz, J. (2020). Financial planning and financial behavior: The moderating role of financial knowledge. International Journal of Consumer Studies, 44(6), 516–527. https://doi.org/10.1111/ijcs.12596

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The economic importance of financial literacy: Theory and evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5–44. https://doi.org/10.1257/jel.52.1.5

Marlina, L., Mundzir, A., & Pratama, H. (2020). Cashless dan cardless sebagai perilaku transaksi di era digital. Co-Management, 3(2), 533–542.

Downloads

Published

2025-08-01

Issue

Section

Articles