PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP LABA BERSIH PT INDUSTRI JAMU DAN FARMASI SIDO MUNCUL TBK PERIODE TAHUN 2014-2024
DOI:
https://doi.org/10.61722/jrme.v2i5.6393Keywords:
Biaya Produksi, Biaya Promosi, Laba BersihAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba bersih pada PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk selama periode 2014 hingga 2024. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis data bersifat kuantitatif statistik. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder, yang diperoleh dari laporan laba rugi tahunan perusahaan serta didukung dengan Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) untuk memperjelas rincian akun biaya. Pengujian data dilakukan menggunakan uji regresi linear berganda melalui SPSS versi 26.0. Biaya produksi berpengaruh signifikan terhadap laba bersih dengan nilai t-hitung sebesar 3,147 > t-tabel 2,306 dan nilai signifikansi 0,014 < 0,05. Biaya promosi berpengaruh signifikan terhadap laba bersih karena nilai t-hitung sebesar 6,922 > t-tabel 2,306 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Secara simultan, biaya produksi dan biaya promosi berpengaruh signifikan terhadap laba bersih dengan nilai F-hitung 101,446 > F-tabel 4,26 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Biaya produksi terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan laba bersih perusahaan, sedangkan biaya promosi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap laba bersih perusahaan, biaya produksi dan biaya promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap laba bersih perusahaan.
References
BUKU
Apriadi, D., Nuryakin, R. A., Sariwardani, A., Dawud, M. Y., Syamsuddin, F. R., Supangat., Rottie, R. F. I., Nurjannah, D. R., Bonok, Z., Nirwani, A., Suryaningsih., Supriyadi, I. (2024). Manajemen Produksi dan Operasi: Era Revolusi Industri 4.0. Padang: Gita Lentera. ISBN: 978-634-7072-02-3
Dewi, S. R. (2019). Buku Ajar Akuntansi Biaya. Sidoarjo: UMSIDA Press. ISBN: 978-623-6833-85-8
Fakhrudin, A., Roellyanti, M. V., Awan. (2022). Bauran Pemasaran.Yogyakarta: DEEPPUBLISH. ISBN: 978-623-02-5422-2
Febriana, H., Rismanty, V. A., Bertuah, E., Permata, S. U., Anismadiyah, V., Sembiring, L. D., Dewi, N. S., Jamaludin, J., Jatmiko, N. S., Inrawan, A., Astuti, W., & Dewi, I. K. (2022). Dasar-dasar analisis laporan keuangan. Dalam J. Irnawati (Ed.), Bandung: Media Sains Indonesia. ISBN: 978-623-362-063-5
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. ISBN: 979-704-015-1
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. ISBN: 979-704-015-1
Lesmana, N., Hakim, I., Riana, Sanjaya, A., Marsin, I. S., Safitri, M., Prasetyo, E., Witiyastuty, H., Jamal, I., Firmanda, R., Suparno, Aman, Herman, H. (2022). Manajemen Pemasaran. Depok: Strategy Cita Semesta. ISBN: 978-623-88061-1-9
Hery. (2015). Analisis laporan keuangan. Jakarta: Grasindo. ISBN: 978-602-9324-61-7
Husnan, S., & Pudjiastuti, E. (2018). Dasar-dasar manajemen keuangan (Edisi ke-7). Yogyakarta: UPP STIM YKPN. ISBN: 978-602-8740-57-4
Indrawati, F. (2023). Heterokedastisitas dan Multikolinieritas. Dalam Haryanti, S. (Ed.), Statistika Pendidikan. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI. ISBN: 978-623-195-321-6.
Kartajaya, H. (2017). Marketing 4.0: Bergerak dari tradisional ke digital. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. ISBN: 978-602-03-6503-0
Kasmir. (2023). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Rajawali Pers. ISBN: 978 979 769-216 2
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen pemasaran (Edisi 13, Jilid 1 & 2). Jakarta: Erlangga. ISBN: 978-0-13-600998-6
Misra, I., Wulandari, D., Rahma, E. (2024). Manajemen Pemasaran: Konsep dan Teori. Yogyakarta: K-Media. ISBN: 978-623-174-381-7
Mulyadi. (2018). Akuntansi biaya (Edisi 5). Jakarta: Salemba Empat. ISBN: 978-979-3532-84-4
Purwanti, P. (2023). Normalitas. Dalam Haryanti, S. (Ed.), Statistika Pendidikan. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI. ISBN: 978-623-195-321-6.
Sinaga, D. (2014). Buku Ajar Statistik Dasar. Jakarta: UKI PRESS. ISBN: 978-623-6963-47-0
Siswanto, E. (2021). Buku Ajar Manajemen Keuangan Dasar. Malang: Universitas Negeri Malang. ISBN: 978-602-470-395-0
Sudianto, S., Suyatni, S., & Mulyadi, M. (2022). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Trussmedia Grafika. ISBN: 978-623-5528-23-6
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. ISBN: 978-602-289-533-6
Supiyanto, Y., Martadinata, I. P. H., Adipta, M., Rozali, M. R., Idris, A., Nurfauzi, Y., Fahmi, M., Sundari, S., Adria, A., Mamuki, E., & Supriadi, S. (2023). Dasar-dasar manajemen keuangan. Sanabil Publishing. ISBN: 978-623-317-368-1
Suprihartini, L., Reken, F., Erdawati, Rahayu, S., Apriansyah, R., Herman, H., Sulfitri, V., Hermanto, Fatmawati, Masliardi, A., Hariyanti, N. K. D., Tawil, M. R. (2024). Pengantar Ilmu Manajemen Pemasaran. Padang: Gita Lentera. ISBN: 978-623-88909-7-2
Taswan. (2019). Akuntansi Perbankan: Transaksi dalam valuta rupiah (Edisi ke 3). Yogyakarta: UPP STIM YKPN. ISBN 978 602-1286-82-1
Yuliara, D. (2016). Modul Regresi Linier Berganda. Universitas Terbuka.
JURNAL
Abdullah, M. W., & Syukriadi, M. (2016). Pengaruh komponen biaya terhadap laba dengan volume penjualan sebagai variabel moderasi. ASSETS: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 6(1), 75-88. E-ISSN: 2580-5746
Adihesti, S. W. (2022). Pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba bersih perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor konsumsi yang terdaftar pada BEI 2016–2020. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Magister, 1(1), 12-20 E-ISSN: 2830-0548
Akbar, M. A., & Noviyanty, I. (2024). Pengaruh kepemimpinan dan deskripsi pekerjaan terhadap kinerja karyawan pada PT Teknoplast Tangerang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 2(1), 1–13. E-ISSN: 2614-5758
Ambarini, M. M. (2020). Pengaruh biaya produksi dan volume penjualan terhadap laba bersih pada perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2012–2016. International Journal on Economics, Finance and Sustainable Development, 2(4), 49–56. E‑ISSN: 2620‑6269
Anggraini, A., & Indawati, I. (2020). Perputaran Persediaan Memoderasi Penjualan Dan Biaya Produksi Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Pulp & Paper. Kreatif : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 8(2), 39–56. E-ISSN: 2406-8616
Antono, Y. V., Suhendri, H., & Putri, S. A. (2021). Pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba bersih (Studi pada perusahaan roti PT Nippon Indosari Corpindo Tbk). yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014–2019). INVENTORY: Jurnal Akuntansi, 5(2), 144–151. ISSN: 2622-9810
Casmadi, Y., & Aulia, R. F. (2021). Pengaruh biaya promosi terhadap laba bersih perusahaan (pada perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2017–2020). Jurnal Akuntansi, 14(2), 24–33. ISSN: 1979-8334
Dewi, N. P. S., & Dewi, N. W. Y. (2023). Pengaruh biaya kualitas, biaya promosi dan biaya produksi terhadap perubahan laba bersih pada perusahaan manufaktur sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018–2021. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, 13(3). ISSN: 2089-3310
Febriana, H., Irnawati, J., & Novyanhagi, A. F. (2022). Pengaruh current ratio (CR) dan debt to equity ratio (DER) terhadap laba bersih pada PT Darya-Varia Laboratoria Tbk. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 6(2), 123–134. E-ISSN: 2549-2284
Felicia & Gultom, R. (2018). Pengaruh biaya produksi, biaya kualitas dan biaya promosi terhadap laba bersih pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013–2015. Jurnal Ilmu Manajemen Methonomix, 1(1), 1–12. ISSN: 2621-7040
Fitri, N. & Salsabilla, F.A. (2024). Pengaruh pengendalian biaya produksi dan efisiensi operasional terhadap profitabilitas perusahaan pulp kertas. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(12). E-ISSN: 3031-5220
Juwariyah, N., & Rosyati, R. (2021). Pengaruh biaya promosi dan biaya produksi terhadap laba bersih yang dimediasi oleh volume penjualan (Studi pada PT Unilever Indonesia Tbk). Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan, 4(1). E‑ISSN: 2655‑1306
Laili, I. A. N., & Nugroho, H. S. (2022). Pengaruh biaya produksi dan promosi terhadap laba bersih. Journal Competency of Business, 6(2). E-ISSN: 2777-1156
Lara, R. (2021). Pengaruh pendapatan usaha dan biaya operasional terhadap laba bersih pada perusahaan sektor pertambangan batu bara periode 2016–2020. EKLEKTIK: Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan, 4(2), 159–167. E-ISSN: 2549-791X
Juwita, R., Sundari, R., & Fadila, I. A. (2025). Pengaruh biaya produksi terhadap laba bersih pada perusahaan sub industri makanan olahan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2021–2023. Land Journal, 6(1). E–ISSN: 2715-9590
Magfiroh, L. N., & Sugijanto. (2023). Pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba bersih pada UD. Seha Barokah Ngingas. Journal of Sustainability Business Research, 4(1). E‑ISSN: 2746‑8607
Manein, J. O., Saerang, D. P. E., & Runtu, T. (2020). Penentuan harga pokok produksi dengan menggunakan metode full costing pada pembuatan rumah kayu (Studi kasus pada CV. Rajawali Tunggal Perkasa – Woloan 1 Utara). Indonesia Accounting Journal, 2(1), 37–43. P-ISSN: 2715-9590
Manik, C. D. (2015). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap tingkat penjualan (Studi pada Perumahan Serpong Garden). KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3(1), 1–10. E-ISSN: 2406-8616
Marismiati, & Ziddan, A. A. (2022). Pengaruh biaya produksi terhadap laba bersih pada perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman. Land Journal, 3(1), 30-36. P-ISSN: 2715-9590
Maryana, D., & Febriliani, A. S. (2021). Pengaruh biaya produksi dan biaya operasional terhadap laba bersih pada PT Unilever Indonesia Tbk. periode 2013–2020. Jurnal Akuntansi, 14(2), 43–53. ISSN: 1979-8334.
Mulyanti, D. (2017). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 8(2), 62-71. ISSN: 2086-4159
Puspitasari, S. M. (2024). Analisis Faktor Keuangan terhadap Laba Bersih Perusahaan Consumer Non-Cyclicals di BEI. Master Manajemen, 2(4). E-ISSN: 3025-7433
Putri, S. P. (2023). Pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Manajemen, Hukum dan Sosial (JMHS), 1(1), 35–40. ISSN: 3021-8500
Rahmawati, F., Sari, Y. K. E., Sopian, D. (2021). Pengaruh biaya operasional terhadap laba bersih studi kasus pada Perum Jasa Tirta II Jatiluhur Purwakarta periode 2012-2019. Jurnal Bisnis, 9(1). ISSN: 2338-0411
Ratu, E. C., & Rachmawati, T. (2023). Pengaruh biaya produksi, biaya promosi dan volume penjualan terhadap laba bersih perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI. Jurnal Jebaku, 3(1). E-ISSN: 2827-8372
Rohani, C. A. (2021). Pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba bersih pada CV. NJ Food Industries. Nusantara Hasana Journal, 1(4), 55–66. ISSN: 2807-3705
Sutisna, D., Nirwansyah, M., Ningrum, S. A., Anwar, S. (2024). Studi literatur terkait peranan teori agensi pada konteks berbagai issue di bidang akuntansi. Karimah Tauhid, 3(4). E-ISSN: 2963-590X
Warits, M. A. A., & Sadikin, D. S. (2023). Pengaruh pertumbuhan biaya produksi dan biaya promosi terhadap pertumbuhan laba bersih dan penjualan. Journal of Accounting, Management, and Islamic Economics, 1(2), 457–468. E-ISSN: 3032-4289
Yuda, I. M. A., & Sanjaya, I. K. P. W. (2020). Pengaruh biaya produksi, biaya promosi dan volume penjualan terhadap laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2015–2017. Wacana Ekonomi, 19(1), 35–42. E-ISSN: 2655-9943
Yulia, H., Sulaeman, Suwiryo, D. H. (2020). Pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan pada pt kimia farma tbk. Jurnal Ilmu Manajemen Retail, 1(2). ISSN: 2746-1475
WEBSITE
Badan Pusat Statistik (2023). Pengeluaran rumah tangga untuk kesehatan. Diakses dari https://www.bps.go.id/id/statistics table/2/MjAxNiMy/proporsi rumah-tangga-dengan-akses-terhadap-pelayanan-dasar-menurut provinsi.html
Badan Standarisasi Instrumen Pertanian. (2024). Harta karun tanaman obat Nusantara. Diakses dari https://perkebunan.bsip.pertanian.go.id/berita/harta-karun-tanaman-obat-nusantara
Accounting BINUS. (2021, Agustus 6). Memahami uji heteroskedastisitas dalam model regresi. BINUS University. Diakses dari https://accounting.binus.ac.id/2021/08/06/memahami-ujiheteroskedastisitas-dalam-model-regresi/
Accounting BINUS. (2021, Agustus 12). Memahami koefisien determinasi dalam regresi linear. BINUS University. Diakses dari https://accounting.binus.ac.id/2021/08/12/memahami-koefisien-determinasi-regresi-linear/
Investasiku.id. (2024). Laba SIDO 2023 Turun Jadi Rp 950,6 Miliar. Diakses dari https://www.investasiku.id/eduvest/saham/laba-sido-2023-turun-jadi-rp950%2C6-miliar
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Penggunaan jamu di rumah tangga Indonesia. Diakses dari https://kemkes.go.id/id/konsumsi-jamu-jadi-upaya-promotif-preventif-ini-manfaatnya
Kontan.co.id (2025). Sido lanjutkan buyback saham, begini rekomendasi analis. Diakses dari https://investasi.kontan.co.id/news/sido-lanjutkan-buyback-saham-begini-rekomendasi-analis
Kyrim. (2023). Metode perhitungan persentase biaya promosi sebagai investasi strategis. Diakses dari kyrim.co.id/blog/cara-menentukan-biaya-promosi/
Raharjo, S. (2014). Uji Normalitas Kolmogorov-Smirnov SPSS. Diakses dari https://www.spssindonesia.com/2014/01/uji-normalitas-kolmogorov-smirnov-spss.html
SOS (2025). 7 Strategi Efisiensi Biaya Operasional Perusahaan dengan Outsourcing. Diakses dari https://www.sos.co.id/id/news/efisiensi-biaya-operasional
Pelatihan UI. (2021). Uji Autokorelasi dalam Regresi Time Series Menggunakan Durbin-Watson. Diakses dari https://pelatihan-ui.com/uji-autokorelasi-berdasarkan-nilai-durbin-watson-dengan-spss-18/
PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. (2023). Laporan tahunan 2023. Diakses dari https://investor.sidomuncul.co.id/id/annual_reports.html
PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. (2024). Laporan tahunan 2024. Diakses dari https://www.sidomuncul.co.id/id/bod_report.htm
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.