PENGARUH BIAYA PRODUKSI, BIAYA OPERASIONAL DAN BIAYA PEMASARAN TERHADAP LABA PERUSAHAAN PADA PT NIPPON INDOSARI CORPINDO TBK PERIODE 2014-2023 Riska Putri Ningtias
DOI:
https://doi.org/10.61722/jrme.v2i5.6423Keywords:
Production Costs, Operational Costs, Marketing Costs, Net Profit.Abstract
The purpose of this study is to determine the effect of Production Costs, Operational Costs and Marketing Costs on Net Profit at PT Nippon Indosari Corpindo Tbk for the 2014-2023 Period, both partially and simultaneously. The research method used is a quantitative method. The population used is the Financial Report of PT Nippon Indosari Corpindo Tbk for the 2014-2023 Period for 10 (ten). The sample used is the Profit and Loss Report of PT Nippon Indosari Corpindo Tbk for the 2014-2023 Period. Data analysis in this study uses classical assumption tests, multiple linear regression analysis, hypothesis testing and determination coefficient analysis. The results of this study are multiple linear regression equations of Y = (-15.189.932) + 0.616X1 – 0.404X2 + 0.326X3. Partially, the Production Cost variable has a positive and significant effect on Net Profit with the result of t count > t table or (6.676 > 2.447) with a significance level of 0.001 < 0.05. The Operational Cost variable also has a negative and significant effect on Net Profit with the result of t count > t table or (-2.805) > (-2.447) with a significance level of 0.031 < 0.05. While the Marketing Cost variable has no significant effect on Net Profit with the result of t count < t table or (0.501 < 2.447) with a significance level of 0.634 > 0.05 Simultaneously, Production Cost, Operational Cost and Marketing Cost have a significant effect on Net Profit with the value of F count > F table, namely (16.934 > 4.76) with a significance level of 0.002 < 0.05. The coefficient of determination is 89.4%, the remaining 0.106% is influenced by other variables and factors.
References
Assauri, S. (2004). Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Revisi. Lembaga Penerbit FE-UI, Jakarta.
Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harnanto. (2017). Akuntansi Biaya: Sistem Biaya Historis. (1th ed). Yogyakarta: ANDI dengan BPFE.
Hasibuan, Malayu S.P 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung, PT. Bumi Aksa.
Hery. 2018. Analisis Laporan Keuangan: Integrated and Comprehensive Edition. Cetakan Ketiga. PT. Gramedia: Jakarta.
Jopie Jusuf. 2014, Analisis Kredit Untuk Account Officer. Jakarta: PT Gramedia
Kasmir. (2008). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. 1 ed. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kasmir. (2016). Pengantar Manajemen Keuangan. Edisi Kedua (Ed.2. Cet.). Persada Media Group.
Kotler dan Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.
Mulyadi. 2012. Akuntansi Biaya, Edisi kelima. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.
Mulyadi. 2014. Akuntansi Biaya. Edisi-5. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
Mulyadi. (2016). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta Selatan: Salemba Empat.
Najmudin. 2011. Manajemen Keuangan dan Akuntansi Syar’iyyah Modern,Yogyakarta: Andi.
Octovian, R. (n.d.). Investasi saham.
PAHLAWANI, M. P. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Anggaran Kas (Studi Kasus: Aktivitas Operasi, Aktivitas Investasi dan Aktivitas Pendanaan pada Perum Perumnas Regional IV). Universitas Sangga Buana YPKP Bandung.
Rahmayuni, Siti. (2017). Peran Laporan Keuangan dalam Peningkatan Pendapatan Pada UMKM. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan.
Rudianto, 2009, Pengantar Akuntansi, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Schein, E. H. (2008). Organizational Culture and Leadership. San Francisco: Jossey-Bass.
Siagian, Sondang P. 1998. Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Indonesia. Ganesha. Bandung.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Afabeta.
Sujarweni, V, Wiratna. (2017). Analisis Laporan Keuangan: Teori, Aplikasi, dan Hasil Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Jurnal dan skripsi :
Adiwibowo, A. S. (2018). Pengaruh manajemen laba, ukuran perusahaan dan leverage terhadap return saham dengan kebijakan dividen sebagai variabel moderasi. Jurnal Ilmiah Akutansi Universitas Pamulang, 6(2), 203.
Dharma, S. S. (2017). Manajemen Laba Melalui Aktifitas Riil Terhadap Koefisien Respon Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Ilmiah AKuntansi Universitas Pamulang, 5(1), 36–59. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JIA/article/view/556
Farah Meinda Sari, & Aris Munandar. (2022). Pengaruh Biaya Produksi Dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih Pada PT. Mayora Indah Tbk. JUEB : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 82–92. https://doi.org/10.55784/jueb.v1i2.124
Febransyah, & Ewa, A. (2020). Pengaruh Biaya Produksi Dan Biaya Pemasaran Terhadap Laba. Jurnal Riset Akuntansi Tridinanti, 2(2), 135–150.
Hasanah, A. S. (2021). Pengaruh Biaya Pemasaran Terhadap Laba Usaha Pada Nugget Sagala Rasa Kabupaten Kuningan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(2), 548–554.
Januarsah, I., Jubi, J., Inrawan, A., & Putri, D. E. (2019). Pengaruh Biaya Produksi Dan Biaya Pemasaran Terhadap Laba Perusahaan Pada Pt Pp London Sumatera Indonesia,Tbk Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Financial: Jurnal Akuntansi, 5(1), 32–39. https://doi.org/10.37403/financial.v5i1.90
Juwariyah, N., & Rosyati, R. (2021). PENGARUH BIAYA PROMOSI DAN BIAYA PRODUKSI TERHADAP LABA BERSIH YANG DIMEDIASI OLEH VOLUME PENJUALAN (STUDI PADA PT.UNILEVER INDONESIA Tbk PERIODE TAHUN 2015-2019). Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan (AKUNBISNIS), 4(1), 55. https://doi.org/10.32497/akunbisnis.v4i1.2662
Makalalag, A., Ilat, V., & Walandouw, S. K. (2023). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Pemasaran dan Biaya Kualitas Terhadap Laba Bersih (Studi pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di BEI Tahun 2018-2020). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(3), 71–81. https://doi.org/10.35794/emba.v11i3.49129
Marismiati, M., & Azhar, A. (2022). Pengaruh Biaya Produksi Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bei Periode 2019-2020. Land Journal, 3(1), 30–36. https://doi.org/10.47491/landjournal.v3i1.1746
Maryana, D., & Febriliani, A. S. (2021). Pengaruh Biaya Produksi Dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih Pada Pt. Unilever Indonesia Tbk. Periode 2013-2020. Jurnal Akuntansi, 14(2), 42–56.
Muhammad Hidayat. (2022). Pengaruh Aktivitas Pemasaran, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (2019 - 2021). Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 147–155. https://doi.org/10.58192/profit.v1i4.303
Nurawaliah, S., Sutrisno, S., & Nurmilah, R. (2020). Pengaruh Biaya Produksi Dan Biaya Pemasaran Terhadap Laba Bersih (Cv. Nj Food Industries). Jurnal Proaksi, 7(2), 135–150. https://doi.org/10.32534/jpk.v7i2.1284
Oktavianna, R., & Prasetya, E. R. (2021). Analisis Manajemen Laba yang Dipengaruhi oleh Komite Audit dan Firm Size Perusahaan LQ 45 Tahun 2015 - 2019. Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas Pamulang, 9(1), 54. https://doi.org/10.32493/jiaup.v9i1.9609
Pada, B., Perkebunan, P. T., & Viii, N. (2020). Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi UNIBBA 43. 11(April), 43-55.
Prasetya, V., Suripto, & Meilia Puspitasari, S. (2022). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Operasional dan Penjualan terhadap Laba Bersih (Studi pada Sub Sektor Food And Beverage di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021). Journal on Education, 05(01), 555–563.
Rahmanita Maulidina. (2017). Pengaruh Biaya Promosi Dan Biaya Produksi Terhadap Laba Bersih Dengan Volume Penjualan Sebagai Variabel Intervening. 1–2.
Sari, F. M., & Munandar, A. (2022). 10.++Farah+Meinda+Sari. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 82–92.
Setiawati, L. W., & Lim, M. (2015). Jurnal Akuntansi Jurnal Akuntansi.
Badruzaman JAJANG, 12(1), 29–57.
Yustika Wahyu Ningrum, J. D. (2021). Jurnal Fair Value. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(2), 691–703.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.