ANALISIS FAKTOR DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER TRUST DAN PURCHASE INTENTION PRODUK HAIRCARE MAKARIZO PADA PLATFORM TIKTOK
DOI:
https://doi.org/10.61722/jrme.v2i5.6675Keywords:
Influencer Marketing, Live Streaming, Brand Awareness, Customer Trust, Dan Purchase Intention.Abstract
TikTok telah menjadi salah satu media sosial yang paling berhasil dalam pemasaran digital, terutama dalam menumbuhkan kepercayaan pelanggan dan mendorong mereka untuk membeli barang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana influencer marketing, live streaming, dan brand awareness meningkatkan customer trust, serta bagaimana hal-hal ini berdampak pada purchase intention produk haircare Makarizo. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan mengirimkan kuesioner online kepada 225 orang yang aktif pada platform TikTok di DKI Jakarta. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan AMOS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh influencer marketing, live streaming, dan brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer trust. Selain itu, customer trust terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Hasilnya menunjukkan bahwa strategi digital marketing yang bergantung pada influencer marketing, live streaming, dan penguatan brand awareness berhasil membangun customer trust, yang berdampak pada purchase intention untuk produk Makarizo. Penemuan ini memberikan masukan praktis bagi perusahaan untuk memaksimalkan potensi TikTok sebagai alat pemasaran digital.
References
Alamsyah, D. P., And R. Febriani. 2020. “Green Customer Behaviour: Impact Of Green Brand Awareness To Green Trust.” Journal Of Physics: Conference Series 1477(7):072022. Doi: 10.1088/1742-6596/1477/7/072022.
Alessandro, Lavenia Calista, Edwin Japarianto, And Yohanes Sondang Kunto. 2023. “Peran Mediasi Brand Image Pada Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Intention Produk Skin Care Nature Republic.” Jurnal Manajemen Pemasaran 17(1):24–30. Doi: 10.9744/Jmp.17.1.24-30.
Azalia, Diva, And Muhamad Amin. 2023. “Analisis Penerapan Live Streaming Shopee Dan Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan.” Journal Of Entrepreneurship, Management And Industry (JEMI) 6(2):117–32. Doi: 10.36782/JEMI.V6I2.2435.
Bagus Nyoman Udayana, Ida, Lusia Tria Hatmanti Hutami, Faturrahman Imam Hanafi, Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, And Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. 2024. “Dampak Influencer Marketing Dan Online Customer Reviews Terhadap Online Purchase Decisions Dimediasi Oleh Customer Trust.” JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan) 8(1):206-215–206–215. Doi: 10.29408/JPEK.V8I1.24913.
Baharin, Ain Ruzanna Kamarol, And Syafiqah Md Md Nayan. 2020. “Make A Customer, Not A Sale: Review On Customer Trust.” Journal Of Undergraduate Social Science And Technology 2(2):1–5.
Febriyantoro, Mohamad Trio. 2020. “Exploring Youtube Marketing Communication: Brand Awareness, Brand Image And Purchase Intention In The Millennial Generation.” Cogent Business & Management 7(1):1787733. Doi: 10.1080/23311975.2020.1787733.
Foroudi, Pantea. 2019. “Influence Of Brand Signature, Brand Awareness, Brand Attitude, Brand Reputation On Hotel Industry’s Brand Performance.” International Journal Of Hospitality Management 76:271–85. Doi: 10.1016/J.IJHM.2018.05.016.
Ginting, Yanti Mayasari, Teddy Chandra, Ikas Miran, And Yusriadi Yusriadi. 2023. “Repurchase Intention Of E-Commerce Customers In Indonesia: An Overview Of The Effect Of E-Service Quality, E-Word Of Mouth, Customer Trust, And Customer Satisfaction Mediation.” International Journal Of Data And Network Science 7(1):329–40. Doi: 10.5267/J.IJDNS.2022.10.001.
Hair, Joe, Carole L. Hollingsworth, Adriane B. Randolph, And Alain Yee Loong Chong. 2017. “An Updated And Expanded Assessment Of PLS-SEM In Information Systems Research.” Industrial Management And Data Systems 117(3):442–58. Doi: 10.1108/IMDS-04-2016-0130.
Hariyanti, Novi Tri. 2020. “PENGARUH INFLUENCER MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL ERA MODEREN (SEBUAH STUDI LITERATUR).”
Janna, Nilda Miftahul, And H. HERIANTO. 2021. “Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS.” Doi: 10.31219/OSF.IO/V9J52.
Juliana, Sartika, Usep Suhud, And Rahmi Rahmi. 2024. “Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Purchase Intention Dan Purchase Decision Pada Produk Hijab Premium Buttonscarves.” Jae (Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi) 9(1):64–78. Doi: 10.29407/Jae.V9i1.21948.
Kirana, Willy Pebriana Chandra, Ida Bagus Nyoman Udayana, And Lusia Tria Hatmanti Hutami. 2023. “Pengaruh Website Design, Customer Trust Dan Personalization Terhadap Purchase Intention Melalui Customer Satisfaction Pada E-Commerce Shopee.” Jurnal Mirai Management 8(1):458–68. Doi: 10.37531/MIRAI.V8I1.4554.
Leung, Fine F., Flora F. Gu, And Robert W. Palmatier. 2022. “Online Influencer Marketing.” Journal Of The Academy Of Marketing Science 50(2):226–51. Doi: 10.1007/S11747-021-00829-4/METRICS.
Moslehpour, Massoud, Taufiq Ismail, Bey Purba, And Wing Keung Wong. 2021. “What Makes GO-JEK Go In Indonesia? The Influences Of Social Media Marketing Activities On Purchase Intention.” Journal Of Theoretical And Applied Electronic Commerce Research 2022, Vol. 17, Pages 89-103 17(1):89–103. Doi: 10.3390/JTAER17010005.
Okonkwo, Ifeanyi, And Emmanuel Namkoisse. 2019. “The Role Of Influencer Marketing In Building Authentic Brand Relationships Online.” Digital Marketing And Communication 3(2):81–90. Doi: 10.53623/Jdmc.V3i2.350.
Purnomo, Eddy Sutadji, Wargijono Utomo, Okta Purnawirawan, Rachmat Farich, Sulistianingsih A.S., Ratna Fajarwati M., Annisa Carina, And Najih Gilang R. 2022. Analisis Data Multivariat.
Purwanto, Agus, Masduki Asbari, And Teguh Iman Santoso. 2021. “Analisis Data Penelitian Marketing: Perbandingan Hasil.” Journal Of Industrial Engineering & Management Research 2(4):216–27.
Rosniati, Rosniati, Heriyadi Heriyadi, Nur Afifah, Wenny Pebrianti, And Harry Setiawan. 2023. “The Influence Of Live Streaming Shopping, Online Customer Reviews, And Affiliate Marketing On Impulse Buying Trought Customer Trust In E-Commerce Shopee.” International Journal Of Applied Finance And Business Studies 11(3):460–72. Doi: 10.35335/IJAFIBS.V11I3.171.
Salma, Aqidah Nuril. 2020. “PENGARUH SPONSORSHIP DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS (Studi Pada Sponsorship Garuda Indonesia Terhadap Liverpool FC Sebagai Global Official Airline Partner).” INJECT (Interdisciplinary Journal Of Communication) 2(1):1. Doi: 10.18326/Inject.V2i1.1-26.
Saputra, Farhan, Hapzi Ali, And M. Rizky Mahaputra. 2023. “Peran Ingredients, Influencer Review Dan Live Streaming Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Skincare Varian Mugwort.” Jurnal Komunikasi Dan Ilmu Sosial (JKIS) 1(3):141–53.
Setiabudi, Nicholas Anthony, Ignatius Wisnu Prabaseno, And Catharina Aprilia Hellyani. 2023. “Pengaruh Influencer Terhadap Brand Awareness Dari Produk Skincare.” Co-Value:Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan 14(5):537–48.
Setyawan, Ryan Ari, And Yumarlin Marzuki. 2018. “SURVEI APLIKASI VIDEO LIVE STREAMING DAN CHAT DI KALANGAN PELAJAR.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL & INTERNASIONAL 1(1).
Wibowo T. 2021. “Customer Expectations And Product Quality.” Ekobis Dewantara 1(9):96–107.
Wikanta, Christian, And Hatane Semuel. 2019. “Analisis Marketing Communication, Customer Trust, Dan Customer Loyalty Pada Telkomsel.” Analisis Marketing Communication, Customer Trust, Dan Customer Loyalty Pada Telkomsel Vol 5, No:1–6.
Wiranda, Aditya, Rina Suthia Hayu, Fakultas Ekonomi, Dan Bisnis, And Universitas Bengkulu. 2023. “Fitur Live Streaming Sebagai Strategi Digital Marketing.” OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi 8(1). Doi: 10.23969/OIKOS.V8I1.10550.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.