ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI KUNCI UTAMA DALAM MEMBANGUN LOYALITAS KONSUMEN PADA INDUSTRI KOSMETIK
DOI:
https://doi.org/10.61722/jrme.v2i6.6738Keywords:
Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Konsumen, Industri KosmetikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas konsumen pada produk kosmetik dengan menggunakan metode studi literatur. Informasi yang digunakan didapat dari hasil penelitian sebelumnya yang membahas keterkaitan antara kepuasan pelanggan dan loyalitas konsumen terhadap berbagai produk kosmetik seperti Wardah, Viva, Garnier, Maybelline, Make Over, MS Glow, dan Somethinc. Faktor-faktor lain seperti kualitas, harga, citra merek, brand image, keterkaitan emosi dan kualitas pelayanan menjadi faktor pendukung agar kepuasan pelanggan dapat tercapai. Hasil telaah mengindikasikan bahwa kepuasan pelanggan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap loyalitas konsumen. Penelitian menunjukkan kepuasan pelanggan juga berperan sebagai variabel mediasi yang menghubungkan faktor-faktor lain untuk memperkuat loyalitas konsumen. Penelitian terdahulu menegaskan bahwa kepuasan pelanggan merupakan faktor kunci untuk membangun dan mempertahankan loyalitas konsumen pada industri kosmetik. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah penting untuk meningkatkan mutu produk, memperkuat citra merek, serta memberikan pengalaman pelayanan yang optimal agar dapat menciptakan pelanggan yang loyal dan berkelanjutan.
References
Anggraini, N. P., & Suryoko, S. (2018). Pengaruh Labelisasi Halal, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepusan Pelanggan (Studi pada Konsumen Kosmetik Sariayu di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 359–369.
Azizah, M. (2025). Pengaruh Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Viva Cosmetics di Kabupaten Banyumas. EKOBIL, 4(1), 1-
https://doi.org/10.58765/ekobil.v4i1.244
Damayanti, A. E., Manggabarani, A. S., & Pusporini, P. (2021). Analisis Loyalitas Pelanggan Terkait Kualitas, Harga dan Desain Produk serta Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna Kosmetik Brand Wardah). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Marketing Journal), 20(2), 114–
https://doi.org/10.14710/cspi/v20i2.125-151
Dewantoro, N., Astuti, W., & Putri, N. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Repurchase Intention Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 22(1), 1–10.
Febrian, I. R., & Nugroho, R. H. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Produk Sabun Pembersih Wajah Garnier (Studi pada Konsumen di Kota Surabaya). NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(6), 1989-1995. DOI: 10.31604/jips.v9i6.2022.1989-1995
Hasanah, N., & Kurriwati, N. (2023). Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan pada Produk Kosmetik MS Glow. Jurnal Manajemen, 13(1), 287–296. https://doi.org/10.21107/ee.v9i2.29762
Hassanah, M., Sentosa, E., & Marnis, M. (2023). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Kosmetik Wardah Di Lingkungan Mahasiswi Universitas Persada Indonesia YAI. IKRAITH- EKONOMIKA, 6(2), 172–181.
Khotijah, S., Pradiani, T., & Fathorrahman. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Produk
dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi Pelanggan Kosmetik LT Pro di Hong Kong). JIRAM: Jurnal Ilmiah Riset Aplikasi Manajemen, 1(1), 129-140. https://doi.org/10.32815/jiram.v1i1.13
Nopitasari, N., Sentosa, E., & Nursina, N. (2024). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Pengguna Produk Kosmetik Make Over di Kelurahan Pulogadung). IKRAITH- EKONOMIKA, 7(2), 76–86. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v7i2
Puspita, I. D., & Saktiana, G. M. (2025). Faktor-faktor yang Memengaruhi Loyalitas Pelanggan pada Bisnis Kosmetik Lokal. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 7(2), 545-552.
Safira, D., & Fasa, M. I. (2024). Determinan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan: Harga dan Kualitas Produk Wardah. MAMEN: Jurnal Manajemen, 3(4), 444–455.
Saniati, S., & Wilujeng, S. (2020). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penggunaan Kosmetik Dalam Hukum Positif Indonesia. Jurnal Hukum Keluarga Islam, 5(2), 173–188.
Santy, R. D., & Wulandari, P. M. (2024). Membangun Loyalitas Pelanggan dalam Industri Kosmetik: Peran Kesesuaian Diri, Citra Merek, dan Keterikatan Emosional. Journal of Economics, Management, Business and Accounting (JEMBA), 4(1), 74–86. https://doi.org/10.34010/jemba.v4i1.13089
Sasongko, N. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomika dan Bisnis, 5(2), 163–175. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1
Setiawati, E. E., Nuringwahyu, S., & Zunaida, D. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Skincare Unilever di Aster Kosmetik Malang). JIAGABI, 12(1), 616- 623
Supertini, N. K., Sudipa, I. K. E., & Yulianthini, N. N. (2020). Peran Kepercayaan Pelanggan Dalam Memediasi Hubungan Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(3), 1157–1176.
Tjiptono, F. (2017). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan dan Penelitian (Edisi Kedua).
Andi.
Tjiptono, F. (2017). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima (Edisi ke-3).
Yogyakarta: Andi Offset.
Tuzzahra, Z., & Kurniawati, K. (2023). Determinan Loyalitas Konsumen Muslim Terhadap Pengguna Kosmetik Halal: Analisis Kualitas Produk, Harga dan Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 8(2), 488–499. https://doi.org/10.25105/jet.v3i1.15555
Widjaya, M. P., & Ellitan, L. (2025). Pengaruh Ekuitas Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas dengan Variabel Intervening Kepuasan Pelanggan pada Produk Kosmetik Maybeline. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(4), 6288-6307.
Yunanto, L. S. (2022). Analisis Pengaruh Kesadaran Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Konsumen pada Pelanggan Somethinc. Jurnal Strategi Pemasaran, 10(1), 1–13.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.