PENGARUH LIVE STREAMING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TAS FLICKA PADA PLATFORM TIK TOK E-COMMERCE

Authors

  • Nafi' Mardiansyah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Edita Rachma Kamila Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.61722/jrme.v3i1.7892

Abstract

Perkembangan social commerce mendorong pelaku usaha memanfaatkan live streaming dan online customer review sebagai strategi pemasaran digital. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kedua variabel tersebut terhadap keputusan pembelian produk tas Flicka di TikTok Shop menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survei kuesioner dan analisis PLS-SEM dengan SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa live streaming dan online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, yang menegaskan pentingnya interaksi real-time, refleksi produk, dan ulasan konsumen dalam membangun kepercayaan serta mendorong pembelian di TikTok Shop.

Kata kunci: Live Streaming, Review Pelanggan Online, Keputusan Pembelian, TikTok Shop

References

DAFTAR PUSTAKA

Aprilia, S. P., & Fitriani, N. (2025). The Influence of Live Streaming and Customer Reviews on Purchase Decisions mediated by Customer Trust in the TikTok Shop application of Generation Z in Jakarta. In Perbanas Institute-Jl. Perbanas, Karet Kuningan Setiabudi.

Dwi Siti Sholikah, & Ahmadi, M. A. (2024). Pengaruh Live Streaming, Online Customer Review dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Merek Jims Honey. 1, 148–159.

Hafizhoh, F. rona, Gunaningrat, R., & Akhmad, K. A. (2023). Potongan Harga, Live Streaming, Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Aplikasi Tiktok Shop. Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis, 2(3), 204–219. https://doi.org/10.55606/jupsim.v2i3.2023

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. In European Business Review (Vol. 31, Issue 1, pp. 2–24). Emerald Group Publishing Ltd. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203

Momentum Works. (2023). Ecommerce in Southeast Asia 2024. Momentum Works.

Monavia Ayu Rizaty. (2024, August 9). Data Jumlah Pengguna E-Commerce di Indonesia pada 2020 hingga 2029. Dataindonesia.Id.

Mutmainna, N., Hasbiah, S., Ilham Wardhana Haeruddin, M., Imran Musa, C., & Wulansari Hasdiansa, I. (2024). Pengaruh Live Streaming Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific Pada Platform Tiktok. Hal. 255 Journal of Information Systems Management and Digital Business (JISMDB), 1(2).

Prasetyo, H. D. (2024). The Influence of Live Streaming and Online Customer Reviews on Consumer Purchase Interest in the Tiktok Shop Feature (Case Study of Pamulang District Community). TRANSEKONOMIKA: AKUNTANSI, BISNIS DAN KEUANGAN, 5(1), 33–40. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v5i1.822

Sari, R., Anasrulloh, M., & Artikel, R. (2025). Pengaruh Live Streaming, Content Marketing dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Tiktok Shop (Studi Kasus pada Gen Z Kabupaten Tulungagung). 2(7), 1293–1305. https://doi.org/10.62335

Sugiono, Dr. P. (2022). Metode Penelitian.

Suwaji, F. M., Haryanto, T., Purwidianti, W., & Arini Hidayah. (2025). Pengaruh Program Gratis Ongkos Kirim, Live Streaming, dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada Platform E- Commerce Tiktok Shop. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 7(5). https://doi.org/10.47467/alkharaj.v7i5.5918

Downloads

Published

2025-12-23

Issue

Section

Articles