https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jrme/issue/feedJURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI2025-03-03T16:24:24+00:00Muhamad Sidikmgcn.sidik@gmail.comOpen Journal Systems<h3><strong style="font-size: 0.875rem;">JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI (JRME) </strong><span style="font-size: 0.875rem;">berfokus pada penerbitan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek penelitian, masalah, dan perkembangan terbaru di bidang Ilmu Manajemen. Topik dalam Jurnal ini berkaitan dengan aspek apapun dari manajemen, namun tidak terbatas pada topik berikut : Manajemen Sumberdaya Manusia , Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sektor Publik, Manajemen Operasional, Manajemen Rantai Pasokan, Corporate Governance, Etika Bisnis, Akuntansi Manajemen dan Pasar Modal dan Investasi. berfokus pada penerbitan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi. Jurnal ini memberikan ruang bagi para peneliti untuk berdiskusi, mengejar dan meningkatkan pengetahuan di bidang Ilmu Ekonomi Bisnis dan Akuntansi yang terus berkembang. Artikel dapat ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia Jurnal ini terbit 1 tahun</span></h3> <div class="description"> <p>6 kali<strong> ( Januari, Maret, Mei, Juli, September, November )</strong></p> </div>https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jrme/article/view/3952FILOSOFI MANAJEMEN : KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM ORGANISASI 2025-01-29T22:29:07+00:00Abdul Wahid Mahsuniabdulwahid_fe@unisma.ac.idPuji Astutikpuji.polinema0611@gmail.comHofifatul Musyarofahhofifahmosyarrofah@gmail.comAzilul Akbarazilulakbar99@gmail.com<p><strong><em>Abstract</em></strong><strong><em>.</em></strong></p> <p><em>Decisions that fail to solve problems because they identify the wrong problem are not unusual. The heat makes this worse. As a result, shifting circumstances produce risks that need to be appropriately assessed in order to quantify and support judgments made by decision-makers who represent the organization that will be impacted by the choice</em><em>. This study aims to identify a clearer assessment of problem-solving and decision-making skills in the organization. in this article using library research by searching for sources and constructing from various sources such as books, journals, and research that has been done. And the results of this study are skills regarding problem-solving and decision-making that provide strategies and tactics in identifying problems, problem-solving processes, and decision-making.</em></p> <p><strong><em>Keywords: </em></strong><strong> </strong><strong><em>decision making</em></strong><strong><em>; </em></strong><strong><em>management philosophy</em></strong><strong><em>; </em></strong><strong><em>problem solving</em></strong></p> <p><strong> </strong></p> <p><strong>Abstrak</strong><strong>. </strong></p> <p>Tidak jarang keputusan yang diambil tidak dapat memecahkan masalah, karena identifikasi masalah yang tidak tepat. Hal ini diperburuk dengan adanya ketidakpastian, sehingga situasi berubahubah membuat timbulnya risiko yang harus diperhitungkan dengan tepat, sehingga keputusan yang harus diambil dapat dikuantifikasi dan dapat ditanggung baik oleh pengambil keputusan yang mewakili organisasi yang akan terdampak dari keputusan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi mengkaji lebih jelas mengenai keterampilan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan dalam organisasi. pada artikel ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan mencari sumber dan menkontruksi dari berbagai sumber contohnya seperti buku, jurnal dan risetriset yang sudah pernah dilakukan. Dan hasil dari penelitian ini adalah keterampilan mengenai pemecahan masalah dan pengambilan keputusan memberikan strategis dan taktis dalam mengidentifikasi masalah, proses pemecahan, dan pengambilan keputusan.</p> <p><strong><em>Kata Kunci: pengambilan keputusan, filosofi manajemen, pemecahan masalah</em></strong></p>2025-01-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMIhttps://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jrme/article/view/4048PENGARUH KOMPENSASI DAN PELATIHAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. SOCFINDO2025-02-12T01:01:10+00:00Siti Nurul Zamilatun Nurulsitinuruljamilatun@gmail.comRahmi Meutia Rahmi@gmail.comDhian Rosalina Dhian@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan pelatihan kerja terhadap kinerja karyawan PT. Socfindo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 107 responden. Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi (adjusted R<sup>2</sup>). Hasil persamaan regresi linear berganda menunjukkan Y = 27,218 + 0,233 X<sub>1</sub> + 0,189 X<sub>2. </sub>Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikan 0,008 < 0,05. Variabel pelatihan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikan 0,029 < 0,05. Hasil uji f menunjukkan bahwa kompensasi dan pelatihan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05. Dari analisis koefisien determinasi (adjusted R<sup>2</sup>) diketahui bahwa variabel kompensasi dan pelatihan kerja terhadap kinerja karyawan PT. Socfindo sebesar 0,103 atau sebesar 10,3%. Sementara sisanya 89,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.</p> <p><strong><em>Kata Kunci: </em></strong><em>kompensasi;pelatihan kerja;kinerja</em></p>2025-02-11T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMIhttps://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jrme/article/view/4058Pengaruh Kompensasi, Motivasi, dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Harapan Baru Bekasi2025-02-13T13:39:24+00:00Adzansyah Adzansyahadzansyah11@gmail.comSugeng Surososugeng.suroso@ubhara.jaya.ac.idSupriyanto Supriyantosupriyanto@dsn.ubharajaya.ac.id<p><em>This research aims to determine the effect of compensation, motivation, and morale on the performance of CV. Harapan Baru Bekasi. The type of research used in this research is quantitative research. Where the object is the employees of CV. Harapan Baru Bekasi. The sampling technique uses a non-probability sampling method with a saturated sample technique (census), namely all members of the population are used as samples, a total of 50 employees of CV. Harapan Baru Bekasi. The data analysis method uses multiple linear regression. The results of this study indicate that (1) compensation has a positive and significant effect on the performance employees of CV. Harapan Baru Bekasi (2) motivation has a positive and significant effect on the performance employees of CV. Harapan Baru Bekasi (3) morale has a positive and significant effect on the performance employees of CV. Harapan Baru Bekasi and (4) compensation, motivation, and morale simultaneously have a significant effect on the performance employees of CV. Harapan Baru Bekasi.</em></p>2025-02-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMIhttps://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jrme/article/view/4071Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru di SDN Mustikajaya 3 Kota Bekasi2025-02-15T15:57:17+00:00Muhammad Ramadhani202010325255@mhs.ubharajaya.ac.idDody Kurniawan dody.k2010@gmail.comFerawaty Puspitoriniferawaty.puspitorini@dsn.ubharajaya.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kompetensi profesional guru dan kompensasi guru dapat mempengaruhi kinerja guru di SDN Mustikajaya 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 21 responden yang merupakan jumlah dari keseluruhan guru di SDN Mustikajaya 3. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan metode statistik software SPSS 26. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Bahwa kompetensi profesional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru 2) Bahwa kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru 3) Bahwa kompetensi profesional dan kompensasi guru secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru.<br>Kata Kunci: Kompetensi Profesional; Kompensasi; Kinerja Guru</p>2025-02-15T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMIhttps://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jrme/article/view/4083PENGARUH LIFESTYLE, STORE ATMOSPHERE DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KANASHA BISTRO LANGSA2025-02-18T19:03:42+00:00Tarisyah Yanitarisyahyani09@gmail.comDewi rosa Indahdewirosaindah@unsam.ac.idNajihatul Faridynajihatul.faridy@unsam.ac.id<p class="s23"><span class="s24"><span class="bumpedFont17"> </span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh </span></span><span class="s18"><span class="bumpedFont17">lifestyle</span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17">, </span></span><span class="s18"><span class="bumpedFont17">store </span></span><span class="s18"><span class="bumpedFont17">atmosphere</span></span> <span class="s25"><span class="bumpedFont17">dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan Kanasha Bistro</span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17"> Langsa</span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17">. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 105 responden dengan kriteria responden yang pernah berkunjung ke Kanasha B</span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17">istro</span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17">Langsa </span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17">lebih dari 2 kali. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji ko</span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17">efisien determinasi (</span></span><span class="s18"><span class="bumpedFont17">Adjusted R</span></span><span class="s26"><span class="bumpedFont17">2</span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17">). Hasil penelitian ini menunjukkan </span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17">Y = 1,392 + 0,079X</span></span><span class="s27"><span class="bumpedFont17">1</span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17"> + 0,593X</span></span><span class="s27"><span class="bumpedFont17">2</span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17"> + 0,043X</span></span><span class="s27"><span class="bumpedFont17">3</span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17">.</span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17"> Hasil uji t menyatakan bahwa variabel </span></span><span class="s18"><span class="bumpedFont17">lifestyle</span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17"> berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Kanasha Bistro</span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17"> Langsa</span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17">, variabel </span></span><span class="s18"><span class="bumpedFont17">store atmosphere</span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17"> berpengaruh signifikan terhadap kep</span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17">uasan pelanggan Kanasha Bistro</span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17"> Langsa </span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17">dan variabel lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Kanasha Bistro</span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17"> Langsa</span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17">. Hasil uji F menyatakan bahwa </span></span><span class="s18"><span class="bumpedFont17">lifestyle</span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17">, </span></span><span class="s18"><span class="bumpedFont17">store atmosphe</span></span><span class="s18"><span class="bumpedFont17">re</span></span> <span class="s25"><span class="bumpedFont17">dan lokasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Kanasha Bistro</span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17"> Langsa</span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17">. Hasil ko</span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17">efisien determinasi (</span></span><span class="s18"><span class="bumpedFont17">Adjusted R</span></span><span class="s21"><span class="bumpedFont17">2</span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17">) 0,</span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17">398</span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17"> atau sebesar </span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17">39,8</span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17">%, sedangkan sisanya </span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17">60,2</span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17">% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain diluar model penelitian ini</span></span><span class="s25"><span class="bumpedFont17">.</span></span></p>2025-02-18T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMIhttps://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jrme/article/view/4090PENGARUH PENGAWASAN DAN PEMBAGIAN KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TAPANULI TENGAH2025-02-21T01:01:37+00:00Trisna Dwi Hariyanitheexco953@gmail.comNelly Azwarni Sinaga Nelly@gmail.comAndrian Irsyan Andrian@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Ada Tidaknya Pengaruh Pengawasan dan Pembagian Kerja Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tapanuli Tengah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai yang ada pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tapanuli Tengah dengan penyebaran kuesioner berjumlah 77 (Tujuh puluh tujuh) responden.</p> <p> </p> <p>Hasil penelitian diketahui bahwa berdasarkan Analisis Koefisien Determinasi yang diperoleh sebesar 0,560 hal ini berarti bahwa yang terjadi pada variasi variabel terikat Efektivitas Kerja 56% ditentukan oleh variabel bebas Pengawasan dan Pembagian Kerja secara serempak dan sisanya sebesar 44 % ditentukan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini seperti Kepemimpinan, Motivasi, Komunikasi, Koordinasi, dan lain sebagainya. Dari Hasil uji t pada penelitian diketahui bahwa nilai t hitung Pengawasan sebesar 4,872 > t tabel 1.99254, dengan signifikan 0,001 < 0,05 dan Pembagian Kerja sebesar 3,737 > t tabel 1.99254 dengan signifikan 0,001 < 0,05, maka hipotesis yang menyatakan Pengawasan dan Pembagian Kerja secara parsial atau individu berpengaruh Positif dan Signifikan terhadap Efektivitas Kerja Pegawai pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tapanuli Tengah dapat diterima. Sedangkan dari hasil uji F diketahui Nilai F hitung 47,014 > F tabel 3.12 dan signifikasi F hitung 0.000 < 0,05 sehingga hipotesis yang menyatakan Pengawasan dan Pembagian Kerja secara bersama atau simultan berpengaruh Positif dan Signifikan terhadap Efektivitas Kerja Pegawai pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tapanuli Tengah dapat diterima.</p> <p><strong><em>Kata Kunci: </em></strong><em>Pengawasan, Pembagian Kerja dan Efektivitas Kerja</em></p>2025-02-20T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMIhttps://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jrme/article/view/4091PENGARUH KOMPETENSI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN ( LAPAS ) KELAS IIA SIBOLGA2025-02-21T01:23:22+00:00Enjelina Piliang Enjelina@gmail.comMhd Shafwan Koto Shafwan@gmail.comAndrian Irsyan Andrian@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas IIA Sibolga. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai yang ada pada Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas IIA Sibolga dengan penyebaran kuesioner berjumlah 99 (Sembilan puluh sembilan) responden. Hasil penelitian diketahui bahwa berdasarkan Analisis Koefisien Determinasi yang diperoleh sebesar 0,483 hal ini berarti bahwa yang terjadi pada variasi variabel terikat Kinerja 38,3% ditentukan oleh variabel bebas Kompetensi dan Buadaya Organisasi secara serempak dan sisanya sebesar 51,7 % ditentukan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini seperti Pengawasan, Kepemimpinan, Insentif, Komunikasi, Disiplin Kerja dan lain sebagainya. Dari hasil uji t pada penelitian diketahui bahwa nilai t hitung Kompetensi sebesar 5,553 > t tabel 1.98498, dengan signifikan 0,001 < 0,05 dan Budaya Organisasi sebesar 2,776 > t tabel 1.98498 dengan signifikan 0,007 < 0,05, maka hipotesis yang menyatakan Kompetensi dan Buadaya Oranisasi berpengaruh Positif dan Signifikan terhadap Kinerja Pegawai pada Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas IIA Sibolga dapat diterima. Sedangkan dari hasil uji F diketahui Nilai F hitung 44.910 > F tabel 3.09 dan signifikasi F hitung 0.001 < 0,05 sehingga hipotesis yang menyatakan Kompetensi Dan Budaya Organisasi berpengaruh Positif dan Signifikan terhadap Kinerja Pegawai pada Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas IIA Sibolga dapat diterima.</p> <p><strong><em>Kata Kunci: </em></strong><em>Kompetensi, Buadaya Oranisasi dan Kinerja</em></p>2025-02-20T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMIhttps://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jrme/article/view/4092PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN BEBAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) SIBOLGA-TAPANULI TENGAH 2025-02-21T01:45:42+00:00Fatimah Azzahrah fatimahazzahrah1708@gmail.comRosmita Ambarita Rosmita@gmail.comHeriyawan Hutagalung Heriyawan@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepuasan Kerja dan Beban Kerja Terhadap Turnover Intention pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Sibolga - Tapanuli Tengah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian asosiatif kausal (causal assosiative research). Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Sibolga - Tapanuli Tengah sebanyak 60 orang. Hasil penelitian diketahui bahwa berdasarkan analisa koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,654 hal ini berarti bahwa yang terjadi pada variasi variabel terikat Turnover Intention (Variabel Y) 65,4% ditentukan oleh variabel bebas Kepuasan Kerja (Variabel X1) dan Beban Kerja (Variabel X2) secara serempak dan sisanya sebesar 34,6% ditentukan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dari hasil uji t pada penelitian diketahui bahwa nilai t hitung Kepuasan Kerja sebesar 2,131 lebih besar dari t tabel sebesar 2,00247 (2,131 > 2,00247), dan signifikansi 0,0037 < 0,05, maka variabel Kepuasan Kerja (X1) berpengaruh dan signifikan terhadap Turnover Intention (Y) pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Sibolga - Tapanuli Tengah, berarti Ho ditolak, Ha diterima dan Beban Kerja sebesar 7,664 > t tabel 2,00247, dengan signifikansi 0,000 < 0,05, maka variabel Beban Kerja (X2) berpengaruh dan signifikan terhadap Turnover Intention pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Sibolga - Tapanuli Tengah, H0 ditolak, Ha diterima. Sedangkan dari hasil uji F diketahui Nilai F hitung 57,797 > F tabel 3,16 dan signifikasi 0.000 < 0,05 sehingga hipotesis yang menyatakan Kepuasan Kerja dan Beban Kerja berpengaruh xiv signifikan secara bersama atau simultan terhadap Turnover Intention pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Sibolga - Tapanuli Tengah dapat diterima.</p> <p><strong><em>Kata Kunci: </em></strong><em>Beban Kerja, Kepuasan Kerja, dan Turnover Intention</em></p>2025-02-20T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMIhttps://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jrme/article/view/4121Pengaruh Promosi, Harga dan Produk Minat Beli Konsumen Di Langsa Town Square2025-02-25T12:06:46+00:00Ika Syafianiikasyafriani2001@gmail.comRahmi Meutia Rahmi@gmail.comNajihatul Faridy Najihatul@gmail.com<p><em>This research aims to determine the influence of promotion (X1), price (X2), produk (X3) on interest (Y) partially and simultaneously on the performance of MSMEs in Langsa City. The sample in this research consisted of 100 respondents. The partial research . promotion variable is 0.019 < alpha 0.05, meaning promotion has a significant influence on buying interest at Langsa Town Square. The research results show that the significance value of the price variable is 0.019 < alpha 0.05, meaning that price has a significant influence on buying interest at Langsa Town Square. Product variable is 0.046 < alpha 0.05, meaning that the product has a significant influence on buying interest at Langsa Town Square. The research results show simultaneously (as a whole) promotion (X1), price (X2) and produk (X3) on the purchase interest variable (Y) where the significance value is 0.000</em></p>2025-02-25T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMIhttps://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jrme/article/view/4124PENGARUH STRES KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA TENAGA PENDIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGRI 19 BATANG HARI2025-02-26T01:40:05+00:00Ayu Sumarniayusumarni@gmail.comAmiruddin AmiruddinAmiruddin@gmail.comBeni SetiawanBeni@gmail.comZilawati Zilawati Zilawati@gmail.com<p><em>The aim of this research is to analyze the influence of work stress and work motivation on the performance of teaching staff simultaneously and partially at the 19 Batang Hari State Junior High School. This research uses quantitative methods. The population in this sample is all teaching staff at the Batang Hari 19 State Junior High School with 19 teaching staff as respondents. Data collection uses questionnaires and documentation. The results of this research show that: (1). The effect of work stress on the performance of teaching staff is 54%. Calculating tcount shows that tcount = 3.620 ttable= 1.729, this shows that you reject H0 and accept H1. This means that there is a significant influence between the work stress variable on the performance of an educator. (2). The influence of work motivation on the performance of teaching staff is 44.1%. Calculating tcount with ttable shows that tcount = 2.961 ttable= 1.729, this shows that we reject H0 and accept H1. This means that there is a significant influence between work motivation and the performance of teaching staff. (3). The influence of work stress and work motivation on the performance of teaching staff is 82.9%. Calculating Fcount with Ftable gets Fcount =38.730 Ftable= 3.52, this shows that H0 is rejected and H1 is accepted. This means that there is a significant influence between work stress and work motivation simultaneously on the performance of teaching staff.</em></p>2025-02-25T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMIhttps://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jrme/article/view/4130PENGARUH PENGALAMAN KERJA, TEAMWORK DAN PELATIHAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA DINO PARK, JATIM PARK 3 (PT. MAJU BATU BERSAMA) DI KOTA BATU 2025-02-26T23:29:05+00:00Shintia Putri Salsabillashintiaputri1206@gmail.com<p><em>Jatim Park 3 is a company operating in the tourism sector. The condition of employees in Jatim Park 3 in the Dino Park section has problems in terms of inadequate work experience so that there are many errors in work, teamwork is not implemented so that the work results are less effective and lack of job training for new employees means</em> <em>that the performance expected by the company is not achieved. The research objective</em> <em>to be achieved in accordance with the problem formulation described above is to</em> <em>determine, analyze and answer the role of Work Experience, Teamwork and Job</em> <em>Training partially and simultaneously on Employee Performance at Dino Park, Jatim</em></p> <p><em>Park 3 (PT. Maju Batu Bersama). This research uses primary data. With</em> <em>a population of 80 employees, the number of samples used is a saturated sample. And the</em> <em>testing in this research uses quantitative methods. The analytical tool used is the SPSS</em> <em>version 26 program. The results of the validity test for all indicators</em> <em>are valid (because the Corrected Item-Total Correlation value is greater than rtable),</em> <em>while the reliability test for all indicators is reliable (because the Cronbach's Alpha</em> <em>coefficient value is > 0.60). For the classical assumption test results, all results meet</em> <em>the criteria, namely 1) normality test on the Asymp value. Sig. (2-tailed) >0.05, 2) the</em> <em>regression model is free from multicollinearity, 3) heteroscedasticity does not occur.</em> <em>Multiple linear results show that all variables have a positive and significant effect. The</em> <em>results of hypothesis testing all independent variables have a positive and significant</em> <em>effect on employee performance and simultaneously have a significant effect on</em> <em>employee performance. Analysis of the coefficient of determination (R²) shows that the</em> <em>Adjusted R square is 0.931/ 93.1% of the influence of the variables work experience</em> <em>(X1), teamwork (X2) and job training (X3). The remaining 6.9% is influenced by other</em> <em>variables.</em></p>2025-02-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMIhttps://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jrme/article/view/4135PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA DEPARTEMEN INJECTION PHYLON PT PRATAMA ABADI INDUSTRI SERPONG2025-02-27T20:18:27+00:00Adi Ismantoadiismanto@gmail.comKrida Puji Rahayu dosen01666@unpam.ac.id<p><em>. </em><em>This research aims to determine the influence of the work environment and work discipline on employee performance in the phylon injection department at PT Pratama Abadi Industri Serpong. The research method used is the quantitative method. The sampling technique used is saturated sampling. The population and sample for this research consist of 90 respondents. The analysis technique used includes instrument test analysis (validity and reliability), classical assumption tests (normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, and autocorrelation test), simple linear regression analysis test, multiple linear regression analysis test, correlation coefficient analysis test, coefficient of determination analysis test, and hypothesis test. (uji t dan uji F). The research results for the Work Environment variable (X1) indicate a positive and significant partial effect on employee performance in the Injection Department of Phylon PT Pratama Abadi Industri Serpong. The t-test results (partial test) show that t count > t table (4.922 > 1.987) and significant < 0.05, namely (0.000 < 0.005). The Work Discipline variable (X2) also shows a positive and significant partial effect on employee performance in the Injection Department of Phylon PT Pratama Abadi Industri Serpong. The t-test results (partial test) show that t count > t table (9.521 > 1.987) and significant < 0.05, namely (0.000 < 0.005). The simultaneous research results indicate a positive and significant effect of the Work Environment and Work Discipline variables on Employee Performance in the Injection Department of Phylon PT Pratama Abadi Industri Serpong. The F-test results (simultaneous test) show that F count > F table (47.445 > 3.10) and significant < 0.05, namely (0.000 < 0.005). The results of the coefficient of determination test yielded an R-square value of 0.522. It can be concluded that the variables Work Environment (X1) and Work Discipline (X2) have an influence on the variable Employee Performance (Y) by 52.2%, while the remaining 47.8% is influenced by other.</em></p>2025-02-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMIhttps://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jrme/article/view/4148STRATEGI DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP LUMAJANG IMAM BONJOL2025-03-03T14:31:58+00:00Eristiana Choirun Nisaanaitsire@gmail.comSiva Indana ArisantiSiva@gmail.comAhmad FauziAhmadfauzi@gmail.com<p> </p> <p> </p> <p>Abstrak. This research aims to explore strategies for increasing customer loyalty at Bank Syariah Indonesia KCP Lumajang Imam Bonjol. Against the backdrop of increasingly fierce competition in the sharia banking sector, this research uses a qualitative approach with a case study method. Data was collected through in-depth interviews with bank management and several loyal customers, as well as direct observation of bank services. The research results show that implementing sharia values, improving service quality, sharia product education, and good personal relationships are the main factors in building customer loyalty. These strategies not only increase customer trust but also strengthen long-term relationships between banks and customers. This research provides insight for Islamic bank management to design more effective policies in maintaining customer loyalty amidst the challenges of the modern banking industry.</p> <p> </p> <p> </p>2025-03-03T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMIhttps://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jrme/article/view/4151KUALITAS SISTEM PELAYANAN NASABAH DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG PASAR WAGE PURWOKERTO SELATAN2025-03-03T16:24:24+00:00Nadiva Amelia Baetisalamah224110202116@mhs.uinsaizu.ac.idUmdah Aulia Rohmahumdahaulia@uinsaizu.ac.id<p><em>In an increasingly competitive global era, service quality is a crucial factor in building customer trust and loyalty. This study uses a qualitative approach to examine the quality of the customer service system at Pegadaian Syariah Cabang Pasar Wage, Purwokeroto Selatan. Data were collected through direct observation, documentation, and literature review to obtain an overview of the service dimensions: tangibles, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. The findings indicate that, overall, the service system at Pegadaian Syariah Cabang Pasar Wage is functioning well. However, several challenges were identified, such as limited supporting facilities, relatively long waiting times during peak periods, and suboptimal communication of information to customers. These findings are expected to serve as input for management in efforts to enhance service quality and strengthen the image of Pegadaian Syariah in the eyes of the community.</em></p>2025-03-03T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI