https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jrme/issue/feedJURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI2025-10-20T05:36:22+00:00Muhamad Sidikmgcn.sidik@gmail.comOpen Journal Systems<h3><strong style="font-size: 0.875rem;">JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI (JRME) </strong><span style="font-size: 0.875rem;">berfokus pada penerbitan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek penelitian, masalah, dan perkembangan terbaru di bidang Ilmu Manajemen. Topik dalam Jurnal ini berkaitan dengan aspek apapun dari manajemen, namun tidak terbatas pada topik berikut : Manajemen Sumberdaya Manusia , Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sektor Publik, Manajemen Operasional, Manajemen Rantai Pasokan, Corporate Governance, Etika Bisnis, Akuntansi Manajemen dan Pasar Modal dan Investasi. berfokus pada penerbitan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi. Jurnal ini memberikan ruang bagi para peneliti untuk berdiskusi, mengejar dan meningkatkan pengetahuan di bidang Ilmu Ekonomi Bisnis dan Akuntansi yang terus berkembang. Artikel dapat ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia Jurnal ini terbit 1 tahun</span></h3> <div class="description"> <p>6 kali<strong> ( Januari, Maret, Mei, Juli, September, November )</strong></p> </div>https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jrme/article/view/6491PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KARAKTER INDIVIDU TERHADAP KINERJA PEGAWAI YANG DIMEDIASI MOTIVASI KERJA DI DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN BOJONEGORO2025-09-04T05:44:15+00:00Mohammad Aris Hidayatullohipdn.xxi@gmail.comMei Indrawatimeiindrawati@uwp.ac.idWoro Utariworoutari@uwp.ac.id<p>penghargaan dan lingkungan kerja terhadap komitmen organisasional melalui kepuasan kerja pada Pemerintahan Desa se-Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori (explanatory research). Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, karena penelitian ini disajikan dengan angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Pemerintah Desa se-Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro yang berjumlah 83 orang. teknik analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini didapatkan bahwa Persepsi pegawai tentang Sistem Penghargaan, Lingkungan Kerja, kepuasan kerja dan Komitmen Organisasional pegawai Pemerintah Desa se-Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro termasuk dalam kategori tinggi. Ada pengaruh yang signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung antara sistem penghargaan dan lingkungan kerja terhadap komitmen organisasional melalui kepuasan kerja pada Pemerintahan Desa se-Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro.</p>2025-09-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMIhttps://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jrme/article/view/6494PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR DAN PENGHARGAAN TERHADAP LOYALITAS PEGAWAI MELALUI KEPUASAN KERJA PADA KANTOR KECAMATAN BUBULAN KABUPATEN BOJONEGORO2025-09-04T06:32:36+00:00Rima Kurniasihrimakurniasih82@gmail.comIndra Prasetyoindraprasetyo@uwp.ac.idNugroho Mardi Wibowonugrohomardi@uwp.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pengembangan karir dan penghargaan terhadap kepuasan kerja serta loyalitas pegawai, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan kerja. Studi eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif ini melibatkan 33 pegawai di Kecamatan Bubulan, Kabupaten Bojonegoro, menggunakan metode sensus melalui kuesioner dan analisis data Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengembangan karir tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja maupun loyalitas, baik secara langsung maupun tidak langsung; (2) penghargaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja dan loyalitas, baik secara langsung maupun melalui kepuasan kerja; (3) kepuasan kerja terbukti berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pegawai. Temuan ini menegaskan bahwa penghargaan menjadi faktor dominan dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas, sedangkan pengembangan karir tidak memberikan pengaruh berarti dalam konteks penelitian ini.</p>2025-09-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMIhttps://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jrme/article/view/6714Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Jasa Pada PT Sahabat Insan Perubahan Development Center Di Cibinong - Bogor2025-10-10T23:07:58+00:00Dinda Widianty Safitridindawidianty15@gmail.comHaryantini Haryantinidosen01640@unpam.ac.id<p><strong><em>Abstrak</em></strong><strong><em>.</em></strong> <em>This study aims to analyze marketing strategies to increase the sales volume of services at PT Sahabat Insan Perubahan Development Center. The research method used is qualitative with a descriptive approach through interviews, observations, and documentation. The results show that the main weakness of the company lies in the aspect of digital promotion, which has not been implemented optimally. The utilization of digital marketing facilities such as paid promotions, visual content design, and social media management is still limited, making it less effective in attracting large corporate markets and increasing profile visits on digital platforms. Based on the SWOT analysis, these weaknesses can be overcome through the implementation of the WO (Weakness–Opportunity) strategy by optimizing digital promotion through improved facilities and digital marketing resources, designing professional and relevant content, and establishing strategic collaborations with trainers to expand promotional networks. Overall, the success of marketing strategies highly depends on the company’s ability to optimize its digital marketing potential to expand market reach, enhance promotional effectiveness, and drive sustainable growth in service sales volume</em></p> <p><strong><em>Keywords: </em></strong><em>marketing strategy, SWOT analysis, digital marketing, sales volume</em><em>.</em></p>2025-10-10T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMIhttps://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jrme/article/view/6738ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI KUNCI UTAMA DALAM MEMBANGUN LOYALITAS KONSUMEN PADA INDUSTRI KOSMETIK2025-10-13T15:01:32+00:00Felisa Dwi Safirli24042010104@student.upnjatim.ac.idJelita Mifti Sholikhah 24042010098@student.upnjatim.ac.idNatasya Abdillah Luay24042010234@student.upnjatim.ac.idMuhammad Rifqi Huwaidi24042010219@student.upnjatim.ac.idIndah Respati Kusumasariindah_respati.adbis@upnjatim.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas konsumen pada produk kosmetik dengan menggunakan metode studi literatur. Informasi yang digunakan didapat dari hasil penelitian sebelumnya yang membahas keterkaitan antara kepuasan pelanggan dan loyalitas konsumen terhadap berbagai produk kosmetik seperti Wardah, Viva, Garnier, Maybelline, Make Over, MS Glow, dan Somethinc. Faktor-faktor lain seperti kualitas, harga, citra merek, brand image, keterkaitan emosi dan kualitas pelayanan menjadi faktor pendukung agar kepuasan pelanggan dapat tercapai. Hasil telaah mengindikasikan bahwa kepuasan pelanggan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap loyalitas konsumen. Penelitian menunjukkan kepuasan pelanggan juga berperan sebagai variabel mediasi yang menghubungkan faktor-faktor lain untuk memperkuat loyalitas konsumen. Penelitian terdahulu menegaskan bahwa kepuasan pelanggan merupakan faktor kunci untuk membangun dan mempertahankan loyalitas konsumen pada industri kosmetik. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah penting untuk meningkatkan mutu produk, memperkuat citra merek, serta memberikan pengalaman pelayanan yang optimal agar dapat menciptakan pelanggan yang loyal dan berkelanjutan.</p>2025-10-14T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMIhttps://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jrme/article/view/6797Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Penyusunan Grand Design 2025-10-20T05:36:22+00:00Novita Setyawatinovita.wahyu@dsn.ubharajaya.ac.idDewi Sri WoelandariDew@gmail.com<p><em>Human resource development for transportation officials becomes an ongoing project if the type and quantity of human resource needs to be met are not known, in accordance with organizational needs. Preparing transportation support human resources through various processes, including education, training, technical guidance, workshops, outreach, and other activities for each type of competency development need. In response, a reference or guideline for developing a Grand Design for Development is needed to achieve the goals/targets set in the context of welcoming a Golden Indonesia.This research employed qualitative methods with a SWOT analysis. The conclusions of this study include the importance of structural changes within the organization, increased training and development, and enhanced utilization of information technology. Furthermore, collaboration between relevant agencies and external stakeholders is crucial.</em></p>2025-10-20T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI