PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALLIZATION (TAI) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI
DOI:
https://doi.org/10.61722/jssr.v2i3.1224Keywords:
Hasil Belajar, Kooperatif, Student Team Achievement Division, Team Assisted IndividuallizationAbstract
Masalah dalam penelitian dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar peserta didik. Dengan tujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi dengan membandingkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tipe TAI di kelas XI IPS SMAN 4 Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain pre-test post-test nonequivalent multiple group design. Populasi yang digunakan seluruh peserta didik kelas XI IPS berjumlah sebanyak 186 peserta didik. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen 1 menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen 2 menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI, pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobality sampling. Hasil penelitian menjelaskan terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang signifikan baik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD atau tipe TAI sebelum dan sesudah perlakuan pada mata pelajaran ekonomi. Nilai rata-rata post-test menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih unggul dibandingkan dengan tipe TAI, dengan demikian dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih unggul dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
References
Ahyar Dasep Bayu, Prihatasari Ema Butsi, Rahmadsyah, Setyaningsih Ratna, Maryani Dwi, Yuniansyah, Syilviana Luvy, Fauzi Muhammad, Mudrikah Saringatun, Widyaningrum Ratna, Falaq Yusuf, K. E. (2021). Model Model Pembelajaran. CV. Pradina Pustaka Grup.
Dewi, I. G. A. G. P., Selamat, I. N., & Suardana, I. N. (2019). Studi Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Dan Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Topik Struktur Atom. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 50. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16614
Niland, N., Pearce, A. P., Naumann, D. N., O’Reilly, D., Series, P. B., Sataloff, R. T., Johns, M. M., Kost, K. M., Orsini, R. J., Medicine, T., Kalkman, J. P., Sataloff, R. T., Johns, M. M., Kost, K. M., Maiti, Bidinger, Assistance, H., Mitigate, T. O., Eroukhmanoff, C., & Licina, D. (2020). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN FIQIH. Global Health, 167(1), 1–5. https://www.e-ir.info/2018/01/14/securitisation-theory-an-introduction/
Nurhadi. (2020). Teori kognitivisme serta aplikasinya dalam pembelajaran. 2, 77–95.
Rahmat, Z., Fattah, N., Waspada, I. P., & Ansharullah, A. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif : Team Assisted Individualization Dan Student Team Achievement Division Terhadap Kognitif Siswa. JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 2(2), 62–72. https://doi.org/10.55583/jkip.v2i2.216
Zakariah, Askari dan Afriani, V. (2021). Analisis Statistik Dengan SPSS Untuk Penelitian Kuantitatif. Yayasan Pondok Pesantren Al Mawadah Warahmah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.