ANALISIS HUBUNGAN PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA DENGAN PERAN MAHASISWA DI MASYARAKAT

Authors

  • Clarensya Idolina Simanjuntak Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Khusnul Khotimah Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Farah Faadilah Afza Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Naufal Ahmad Rafiansyah Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Denny Oktavina Radianto Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v2i3.1238

Keywords:

Mahasiswa, Media Sosial, Masyarakat

Abstract

Mahasiswa merupakan asset suatu bangsa karena mahasiswa adalah sekelompok orang yang terlatih dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan sosial media dengan peran mahasiswa di masyarakat. Pendekatan teori inti yang digunakan dalam penelitian ini adalah media partisipatif Kebudayaan oleh Henry Jenkins. Jenkins dalam teorinya menguraikan sejumlah metode dan metode yang dilakukan secara bersama-sama oleh individu atau kelompok sasaran tertentu dalam mengambil peran sebagai konsumen media sekaligus bertindak sebagai produser informasi tertentu dari media. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. eskriptif dalam penelitian kualitatif berarti menggambarkan dan menjabarkan peristiwa, fenoma dan situasi sosial yang diteliti. Analisis berarti memaknai dan menginterpretasikan serta membandingkan data hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan analisis hubungan penggunaan media sosial dengan peran mahasiswa di masyarakat menunjukkan bahwa media sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap berbagai aspek peran mahasiswa hal ini dikarenakan media sosial dapat: (1) meningkatkan partisipasi sosial dan politik masyarakat, (2) mengembangkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi yang efekti dan (3) membangun relasi yang profesional. 

References

Phillips, David & Philip Young. (2009). Online Public Relations: A Practical Guide To Developing An online Strategy In The World Of Social Media, Second Edition, London: Kogan Page Limited , United Kingdom.

Harisman, Shermina Oruh & Andi. (2024). Pengaruh Media Sosial pada Remaja. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 8, No 1.

Setyadi, Y. D., Wulandari, D., Lestari, L. D., Meliasari, W. O., & Sari, I. N. (2021). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 2 Sebagai “Agent Of Change dan Social Control”. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1542-1547.

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Bandung: Rosda Karya.

Nugrahani, F. (2008). Metode Penelitian Kualitatif (Vol. 1, Issue 1). http://ejournal.usd.ac.id/index.php

Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In CV Nata Karya (Vol. 53, Issue 9). Nata Karya.

Haider, J. (2016). The Shaping of Environmental Information in Social Media: Affordances and Technologies of Self-control. Environmental Communication, 10(4), 473–491. https://doi.org/10.1080/17524032.2014.993416

Hermila, A., Ashari, S. A., Bau, R. T. R., & Suhada, S. (2023). EKSPLORASI INTENSITAS PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA (STUDI DESKRIPTIF PADA MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA UNG). Inverted: Journal of Information Technology Education, 3(2).

Hidayatullah, T. F., & Sutarso, Y. (2023). Peran Media Sosial, Ulasan Daring, dan Kepedulian Lingkungan pada Perilaku Pembelian Green Product. At-Tadbir: jurnal ilmiah manajemen, 7(1), 23-40.

Indraswati, D., Hidayati, V. R., Wulandari, N. P., & Maulyda, M. A. (2021). Pengaruh penggunaan media sosial dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa PGSD Universitas Mataram. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 9(1), 17-34.

Junawan, H., & Laugu, N. (2020). Eksistensi media sosial, Youtube, Instagram dan WhatsApp ditengah pandemi covid-19 dikalangan masyarakat virtual Indonesia. Baitul'Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 41-57.

Li, G., Yang, L., Zhang, B., Li, X., & Chen, F. (2021). How do Environmental Values Impact Green Product Purchase Intention? The Moderating Role of Green Trust. Environmental Science and Pollution Research, 28(33), 46020– 46034. https://doi.org/10.1007/s11356- 021-13946-y

Nguyen, Y. T. H., & Nguyen, H. V. (2021). An alternative view of the millennial green product purchase: the roles of online product review and self-image congruence. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 33(1), 231– 249. https://doi.org/10.1108/APJML- 10-2019-0612

Pratiwi, C., Yunarti, S., & Komsiah, S. (2023). Peran Mahasiswa Dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan Dengan Memanfaatkan Media Sosial. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 7(3), 390-404.

Suryo, H., & Aji, H. K. (2020). Media Sosial dan Pesan Politik (Persepsi Pemilih Pemula Dalam Menerima Pesan Politik Pada Pemilihan Umum 2019 Melalui Media Sosial). Research Fair Unisri, 4(1).

Widodo, A., Husniati, H., Indraswati, D., Rahmatih, A. N., & Novitasari, S. (2020). Prestasi belajar mahasiswa PGSD pada mata kuliah pengantar pendidikan ditinjau dari segi minat baca. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(1), 38-46.

Yue, B., Sheng, G., She, S., & Xu, J. (2020). Impact of Consumer Environmental Responsibility on Green Consumption Behavior in China: The Role of Environmental Concern and Price Sensitivity. Sustainability 2020, Vol. 12, Page 2074, 12(5), 2074. https://doi.org/10.3390/SU12052074

Downloads

Published

2024-05-04