Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Ii Pada Subtema Hidup Bersih Dan Sehat Di Rumah Di SD Negeri 124405 Pematang Siantar
DOI:
https://doi.org/10.61722/jssr.v1i2.130Keywords:
Learning outcomes, Contextual Learning ModelAbstract
. This research aims to determine the effect of the contextual learning model on the learning outcomes of class II students on the sub-theme of clean and healthy living at home at SD Negeri 124405 Pematang Siantar odd semester FY 2023/2024. The type of research in this research is quantitative research. The research population was all class II A students at SD Negeri 124405 Pematang Siantar totaling 22 students. The sampling technique in this research is non-probability sampling, where the sample selected is a saturated sample. The sample in this study consisted of class II at state elementary school 124405 Pematang Siantar, totaling 22 students. The results of this research show that student learning outcomes using the contextual learning model are an average of 84.32%.
The results of the t distribution test are at a significant level (ɑ = 0.05) and dk = N-1 = 22-1 = 21, namely tcount>ttable, so the data has a t distribution with results of 14.36>ttable 0.404. The data can be said to have a significant influence. The results of the t-test table prove that there is an influence of the contextual learning model (X) on learning outcomes (Y) with the result tcount 14.36 > ttable 0.404. This proves that there is a significant influence from the use of contextual learning models on the learning outcomes of class II students in the sub-theme of clean and healthy living at home at SD Negeri 124405 Pematang Siantar.
References
Aminah, A., Hairida, H., & Hartoyo, A.
” Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu. Vol . 6 (5) : pp 8349-8358.
Aziizu, B. Y. A. 2015. “Tujuan besar
pendidikan adalah tindakan”. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 2 (2).
Antara, P. A., Ujianti, P. R., & La Patissera,
A. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak”. Mimbar Ilmu. Vol 24 (2): hal 221-231.
Asriningtyas, A. N., Kristin, F., &
Anugraheni, I. 2018. “Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD”. Jurnal Karya Pendidikan Matematika. Vol. 5 (1): hal 23-32.
Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F.
“Pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep matematika siswa smp Mosharafa”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.8 (2): hal. 261-272.
Cholifah N.T., dan Zuhroh Luthfiatus.
Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Malang Selatan. Malang: Media Nusa Creative.
Fatmawati E, dkk. 2022. Pembelajaran
Tematik. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Fitria Y., dan Indra Widya. 2020.
Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Dan Literasi Sains. Yogyakarta: Cv Budi Utama.
Fimansyah, D. 2015. “Pengaruh Strategi
pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika”. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA. Vol. 3 (1).
Hardianto, D. 2005. “Media Pendidikan
sebagai Sarana Pembelajaran yang Efektif”. Majalah Ilmiah Pembelajaran. Vol. 1 (1): hal 95-104.
Hakiki, M., Menrisal, M., & Radyuli, P.
” Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Studi Kasus Kelas XII Sma Negeri 3 Padang)”. RISTEKDIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol 1 (2).
Hasibuan, M. I. 2014. “Model
Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning”. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains. Vol 2 (01).
Iriyani T., dan Ramadhan A.M. 2019.
Perencaaan Pembelajaran Untuk kejujuran. Jakarta: Kencana.
Jannah, F. 2015. “Implementasi Model
Pembelajaran Kontekstual dalam
Meningkatkan kualitas Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar”. Vol. 1 (2): hal 19-24.
Taliak J. 2020. Teori dan Model
Pembelajaran. Jawa Barat: Adab.
Kadir, A. 2013. “Konsep pembelajaran
kontekstual di sekolah”. Dinamika ilmu.
Lahir, S., Ma’ruf, M. H., & Tho’in, M.
“Peningkatan prestasi belajar
melalui model pembelajaran yang tepat pada sekolah dasar sampai perguruan tinggi”. Jurnal Ilmiah Edunomika. Vol. 1 (01).
Lawe, Y. U., & Pau, M. 2019. “Pengaruh
Model Pembelajaran Kontekstual
Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. Vol 6 (1): hal 64-74.
Muslihah, N. N., & Suryaningrat, E. F. 2021. “Model Pembelajaran Contextual
Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis”. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1 (3): hal 553-564.
Margono. 2004.”Metodologi Penelitian
Pendidikan”. Jakarta : Rineka Cipta.
Mirdanda, A. 2018. “Motivasi Berprestasi
dan Disiplin Peserta Didik Serta
Hubungannya Dengan Hasil Belajar”. Kalimantan Barat: Yudha English Galery
Nilasari, E., Djatmika, E. T., & Santoso, A.
“Pengaruh penggunaan modul pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, State University of Malang) “. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan. Vol. 1 (7): hal 1399-1404.
Pangastutik, D. A. 2022. “Implementasi
Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas 4 MI Ma'arif Polorejo Babadan Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo)”.
Permatasari, D. 2021. “Pengaruh Penerapan
Model Contextual Teaching And
Learning berbanttu Zoom Cloud Meetings Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Pada Mata Pelajaran Biologi (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung)”.
Ramdani, E. 2018. “Model pembelajaran
kontekstual berbasis kearifan lokal
sebagai penguatan pendidikan karakter”. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial. Vol 10 (1): hal 1-10.
Suhandi, A., & Kurniasri, D. 2019.
“Meningkatkan kemandirian siswa melalui model pembelajaran kontekstual di kelas iv sekolah dasar”. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. Vol. 4 (1): hal 125-137.
Santoso, E. 2017. “Penggunaan model
pembelajaran kontekstual untuk
meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa sekolah dasar”. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 3 (1).
Suprapto, E. 2015. “Pengaruh model
pembelajaran kontekstual, pembelajaran langsung dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kognitif”. Invotec. Vol. 11 (1).
Sabroni, D. 2017. “Pengaruh model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa”. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.Vol. 1 (1): pp 55-68.
Sudarmanto, E. dkk. 2021. “Model
Pembelajaran Era Society 5.0”. Penerbit Insania
Triyanto, T. 2021. “Penggunaan Model
Pembelajaran CTL dalam
Peningkatan Penguasaan Tata Tertib Sholat Berjamaah Siswa SMPN Satap 1 Mendawai”. In Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS). Vol. 1 (1).Tibahary, A. R., & Mulliana, M. (2018). Modell-modell pelmbellajaran inovatif. Scolael: Joulrnal of Peldagogy, 1(1), 54-64.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.