PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP TAMAN SISWA PEMATANGSIANTAR
DOI:
https://doi.org/10.61722/jssr.v2i3.1389Keywords:
Learning Discipline, Learning Motivation, Learning ResultsAbstract
This research aims to obtain knowledge regarding the influence of learning discipline and learning motivation on learning outcomes in social studies subjects in class VIII SMP Taman Siswa Pematangsiantar.This research is quantitative type with the testing media used is SPSS 24. The sampling technique used saturated sampling for 76 respondents. The data collection technique used was a questionnaire. Instrument testing uses normality tests and reliability tests. The data analysis technique uses classical assumption tests, namely normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, and hypothesis testing, namely multiple linear regression analysis, t-test, f-test, and coefficient of determination.Data from research and management of partial test data (t-test) shows that the variable The variable Simultaneous test data management (f-test) shows that F_count is 5.582 > F_table is 3.12, so it can be concluded that learning discipline and learning motivation have a positive and significant effect on student learning outcomes.
References
Bloom. (2004). Pendekatan Keterampilan Bagaimana Mengaktifkan Peserta didik
dalam Belajar. Jakarta: Gramedia.
B. Uno, Hamzah (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Di bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Crow lester. (1990). Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Rake Sarasin
Djamarah Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Durkheim, Emile. (2000). Pendidikan Moral : suatu studi teori dan aplikasi sosiologi pendidikan/Emile Durkheim: Alih Bahasa. Lucas Ginting Jakarta : Erlangga
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Heri. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta
Hadari Nawawi,(2003). Organisasi Sekolah dan Pengelolaaan Kelas sebagai Lembaga Pendidikan, Jakarta: Haji Masagung
Hasbullah. (2012) . Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Hamalik, Oemar. (2004). Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Hurlock, B. Elizabet. (1999). Psikologi Perkembangan. Terjemahan Isti Widayanti dan Soejarwo Jakarta: PT. Erlangga
Iskandar.(2012). Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru). Jakarta:Referensi
Kurniawan. (2012) . Belajar dan Pembelajaran. Semarang: UNNES.
M. Dalyono. (2005) . Psikologi Pendidikan. Jakarta: RR Rineka Cipta
Maruni. (2011). Pendidikan Karakter. Jakarta: Kalam Mulia
Nani. ( 2005) . Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.
Naim. N (2012). Character Building Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Riduwan. (2009). Belajar Mudah Penelitian Untuk guru-karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung. Alfabeta
Rosyid, Moh Zaiful dkk. (2019) Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Semiawan, Conny R. Prof.Dr. (2008). Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: PT Index
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Perbandingan Perhitugan Manual & SPSS. Bandung. Alfabeta.
Sukmadinata Syaodih, Nana. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Suprijono. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Udin. (2000). Administrasi Pendidikan. Bandung Angkasa
Underwood. (2015). Problems and processes Discipline
JURNAL
Darfina Juniarti. (2020). “Pengaruh Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Mediating pada Karyawan Perbankan Bagian Keuangan di Tanjungpinang”, dalam: http://jurnal.umrah.ac.id/wpcontent/uploads/gravity_forms/.
Huda, A. (2013). “Pengaruh Peranan Teman Sebaya, Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat”, dalam: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(4).
Indrianti1, R. (2017). “PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR”. Program Studi Pendidikan Ekonomi , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember. Jawa Timur, dalam: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/644.
Khafid, M. (2007). “Pengaruh disiplin belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi”. Dinamika Pendidikan, 2(2).
Novita Sari, (2022). “Pengaruh Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMP Swasta Kartika 1-4 Pematangsiantar T.A 2022/2023”, dalam: https://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/124.
Sakinah, N. (2014). “Pengaruh Disiplin Belajar, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA N 2 Kudus Tahun Ajaran 2013/2014”, dalam: Economic Education Analysis Journal, 3(2).
Sasmito, Agus. (2012) . “Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Menafsirkan Persamaan Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Mardisiswa Semarang”, dalam: https//journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj Akses : 02-02-2019.
Soelaeman. (1994) . “Pendidikan dalam Keluarga”. Bandung: CV Alfabeta, dalam: http//lingkungan_keluarga.com
Suprapto. (2008). “Psikologi Pendidikan”. Jakarta: Rineka Cipta. Sukmadinata Faktor-faktor utama belajar., Skripsi UI, dalam: www//faktor_faktor_ prestasibelajar.id
Zuriah, N., & Yustianti, F , (2007), “Pendidikan moral & budi pekerti dalam perspektif perubahan: menggagas platform pendidikan budi pekerti secara kontekstual dan futuristic”. Bumi Aksara.
SKRIPSI
Erika Hutapea. (2023). “Pengaruh Motivasi Belajar dan Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 7 Pematangsiantar”. Skripsi. Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
SUMBER INTERNET LAIN
Conny Semiawan. (2010). “Lingkungan Keluarga yang Mempengaruhi Motivasi Belajar”. http://episentrum.com/artikel-psikologi/lingkunga-keluargayang mempengaruhi-motivasi-belajar.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Nasional Republik Indonesia. https://pusdiklat.perpusnas.go.id
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.