Mencegah Zina Sejak Dini: Pentingnya Pendidikan Seksual dan Moral Bagi Anak
DOI:
https://doi.org/10.61722/jssr.v2i3.1429Keywords:
Pendidikan Moral, Pendidikan Sosial, ZinaAbstract
Artikel berjudul "Mencegah Zina Sejak Dini: Pentingnya Pendidikan Seksual dan Moral Bagi Anak" membahas kebutuhan mendesak akan pendidikan seksual dan moral dalam mencegah perilaku zina pada anak-anak. Melalui tinjauan literatur dan analisis kerangka pendidikan yang ada, studi ini menjelajahi signifikansi intervensi dini dalam membentuk pemahaman anak-anak terhadap norma-norma sosial dan batasan etis. Artikel ini menekankan kerja sama yang diperlukan antara keluarga, lembaga pendidikan, dan pembuat kebijakan untuk mengembangkan program pendidikan komprehensif dan berkelanjutan. Program tersebut bertujuan untuk membekali anak-anak dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk membuat keputusan yang berdasarkan informasi terkait perilaku seksual mereka. Dengan mengintegrasikan pendidikan seksual dan moral ke dalam kurikulum sejak dini, anak-anak dapat mengembangkan fondasi yang kuat untuk menghadapi tantangan-tantangan sosial yang kompleks dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat mereka. Penelitian ini menegaskan pendekatan proaktif yang diperlukan untuk melindungi anak-anak dari risiko yang terkait dengan perilaku zina dan untuk mempromosikan perkembangan holistik mereka.
References
Aprianto., Dkk. (2022). Peran Orang Tua Dalam Pengenalan Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini. Jambura Early Childhood Education Journal. 4(2). 157-171.
Dewantara, K. H. (2013). Ki Hadjar Dewantara: Pendidikan Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka I (Pendidikan). Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.
E.Fitriani, Yahmun, E. S. (2021). Penyuluhan Dan Pelatihan Komunikasi Tentang Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. JPM Pambudi, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.33503/pambudi.v5i01.1359
Goldfarb, E. S., & Lieberman, L. D. (2021). Three Decades of Research: The Caseb for Comprehensive Sex Education. Journal of Adolescent Health, 68(1), 13–27. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2020.07.036
Herzig van Wees, S., Fried, S., & Larsson, E. C. (2021). Arabic speaking migrantparents’ perceptions of sex education in Sweden: A qualitative study. Sexual and Reproductive Healthcare, 28(1), 1–5. https://doi.org/10.1016/j.srhc.2021.100596
Jatmikowati, Tri Endang., dkk. (2015). Model dan Materi Pendidikan Seks Anak Usia Dini Perspektif Gender Untuk Menghindarkan Sexual Abuse. Cakrawala Pendidikan. (3). 434-448.
Komalasari, Elis. (2020). Pengembangan Skill-Based Curriculum Untuk Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Aura. 12(2). 13-22.
Nessa, Rahmatun., Dkk. (2022). Upaya Meningkatkan Pemahaman Keterampilan Perlindungan Diri pada Anak Usia Dini Melalui Audio Visual di TK IT Al-Azhar Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Tambusa. 6(1). 3257-3272
Nurrohmah, Anjar,., & Susilowati, Tri. (2021). Edukasi Toilet Training Untuk Melatih Kemandirian Anak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 5(2). 1666-174.
Purhasanah, Siti., dkk. (2023). Kewajiban Menutup Aurat Dalam Perspektif Al-Quran. Jurnal Al-Fahmu. 2(1). 53-61.
Purnomo, Muhammad., Dkk. (2022). Pendidikan Seks Usia Dini di MI Muhammadiyah Undaan. Jurnal Abdimas Indonesia. 4(2). 112-117.
Ratnasari, Risa Fitri., & Alias. (2016). Pentingnya Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi Khatulistiwa. 2(2). 55-59.
Rothwell, M., Fido, D., & Heym, N. (2021). Perceptions around adult and child sex offenders and their rehabilitation as a function of education in forensic psychology independent of traditionalism and perpetrator sex. Forensic Science International: Mind and Law, 2(8), 100039. https://doi.org/10.1016/j.fsiml.2020.100039
Sary, Kurnia., dkk. (2023). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Membentuk Identitas Gender. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. 1(5). 503-508.
Suhasmi, Nadya Charisa., & Ismet, Syahrul. (2021). Materi Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age. 5(2). 164-174.
Suteja, J., & Riyadi, M. (2019). Revitalisasi Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Memberikan Pendidikan Seks Pada Anak. Equalita: Jurnal Pusat Studi Gender Dan Anak, 1(1), 38–50. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i1.5154
Wahyuni, D. (2018). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Seks Bagi Anak untuk Mengantisipasi LGBT. Quantum : Jurnal Kesejahteraan Sosial, 14(1), 23–32. https://ejournal.kemensos.go.id/index.php/Quantum/article/view/1747
Wajdi, F. (2021). Manajemen Perkembangan Siswa SD Melalui Peran Guru Dan Orang Tua Pada Masa Pandemi. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 41–50. https://doi.org/10.17977/um027v4i12021p41
Wajdi, F., Wahyono, E., & Arif, A. (2021). Management of Student Development on The Impact of Smartphones through the Role of Parents During the Pandemic. Journal of Educational Science and Technology (EST), 7(2), 155–162. https://doi.org/10.26858/est.v7i2.19361
Zumaro, Ahmad. (2021). Konsep Pencegahan Zina Dalam Hadits Nabi SAW. Al-Dzikra; Jurnal Studi Ilmu al-Qur’an dan al-Hadits. 15(1). 139-160.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.