Efektivitas Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi Di Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi
DOI:
https://doi.org/10.61722/jssr.v1i1.152Keywords:
@agrowisata_nanas, Media for advertising, New Tangkit Village.Abstract
Since sharia-based marketing is one of the marketing methods based on the Quranand the Prophet SAW's Sunnah, it occupies a strategic position since it is marketing that is not just profit-oriented but also contains worship values. The following are the issues with this study, according to the author: Instagram @agrowisata_nanas can aid all business operations, starting from online promotion and marketing, in
order to enhance household income in Tangkit Baru Village. Instagram
@agrowisata_nanas can promote products made by people of Tangkit Baru
Village. The goal of this study is to determine the impact of using Instagram
@agrowisata_nanas on the local economy in Tangkit Baru Village, Sungai Gelam
District, Muaro Jambi Regency and to determine the effectiveness of sharia-based
marketing on Instagram @agrowisata_nanas in promoting local resident’s
products. In qualitative research, sample selection is done both before and during
the study process (Emergent Sampling Design). The idea is that the researcher
selects a certain subject who is thought to supply the data required, and then the
researcher can identify additional samples under consideration will provide more
complete data based on the data or information gained from the previous sample.
The term "Serial Selection of Sample Units" refers to this procedure. Five business actors and Hendra Kurniawan, the administrator of the Instagram
account @agrowisata_nanas, will serve as the research's informants. The
@agrowisata_nanas admin promotes the products of these five individuals on the
account. This study used a qualitative methodology. Using Nuruh Huda's (2017)
theory of product, price, communication, community, and distribution as well as
the AIDA model using Ramadan and Fatchiya's (2021) theory of attention, interest, desire, and action, the results demonstrated the efficacy of using Instagram as a
promotional medium in Tangkit Baru Village, Sungai Gelam District, Muaro Jambi Regency.
References
Buku
Buchari Alma dan Donni, Manajemen Bisnis Syariah, (Bandung: Penerbit ALFABETA, 2014)
Lexy J, Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010)
Miles, Mattew B., “Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode- Metode Baru/Mattew B, Miles dan A. Michael Huberman; Penerjemah Tjejep Rohendi Rohidi”, (Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia, 1992)
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2017)
Jurnal & Karya Ilmiah
Adhanisa, C., & Fatchiya, A. Efektivitas website dan instagram sebagai sarana promosi kawasan wisata berbasis masyarakat. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat, 1(4), 451-466. 2017.
Devi Ratna Sari, “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Whatsapp Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik”, skripsi (Tegal: Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Panca Sakti, 2020)
Fadly, M., & Wantoro, A. Model Sistem Informasi Manajemen Hubungan Pelanggan Dengan Kombinasi Pengelolaan Digital Asset Untuk Meningkatkan Jumlah Pelanggan. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya. Vol. 1, pp. 46-55. 2019, August.
Handoko, B. Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 61-72. 2017.
Haryani, D. S., & Fauzar, S. Efektivitas Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Pada Umkm Chacha Flowers. Manajerial Dan Bisnis Tanjungpinang, 4(1), 12-20. 2021.
Indika, D. R., & Jovita, C. Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25-32. 2017.
Jannah, M., & Ashal, F. F. Analisis Penerapan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Berbasis Syariah dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen pada Produk Nozy Juice di Kota Banda Aceh. Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance., 2019
Jamaludin, A., Arifin, Z., & Hidayat, K. Pengaruh Promosi Online dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 21(1). 2015.
Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. Strategi pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1). 2018.
Mulawarman, N. D. A., & Nasrullah, R. A. Media Sosial, Pemanfaatan Media Sosial Facebook Sebagai Strategi Pemasaran Paket Umrah Pt Hajar, tahun 2020.
Nurhayati, “Efektifitas Penggunaan Media Sosial (Whatsapp) Dalam Penyampaian Pesan Dakwah Terhadap Kalangan Remaja Di Desa Seritanjung”, Skripsi (Palembang: Program Studi Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2019), 9.
Nurpratiwi, S. Urgensi Literasi Agama dalam Era Media Sosial. In Proceeding Annual Conference on Islamic Education. Vol. 1, No. 1, pp. 94-99. 2019.
Nova, S. P., & Firdaus, M. Efektivitas Komunikasi Aplikasi Telegram Sebagai Media Informasi Pegawai PT. Pos Indonesia (Persero) Kota Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University). 2018.
Oktaviani, W. F., & Fatchiya, A. Efektivitas Penggunaan Media Sosial sebagai Media Promosi Wisata Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(1), 13-27. 2019.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1) 2019.
Ramadan, A., & Fatchiya, A. Efektivitas Instagram Sebagai Media Promosi Produk “Rendang Uninam”. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 5(1), 64-84. 2021.
Susanti, F., & Gunawan, A. C. Pengaruh Bauran Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline Di Kota Padang. 2019.
Syahreza, M. F., & Tanjung, I. S. Motif dan pola penggunaan media sosial Instagram di kalangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi UNIMED. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1). 2018.
Untari, D., & Fajariana, D. E. Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun@ Subur_Batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2). 2018.
Yuyun Linda Wahyuni, “Efektivitas Komunikasi Melalui Aplikasi Whatsapp (Studi Terhadap Grup Kpi 2012 Di Whatsapp Pada Mahasiswa KPI Angkatan 2012”, skripsi (Yogyakarta: Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Islam UIN Sunan Kalijaga, 2016), 8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.