Analisis Strategi Pemasaran Syariah Pada Usaha Batik Dalam Peningkatan Pendapatan Di Kecamatan Pelayangan Kota Jambi

Authors

  • Ahmad Muzni Wildan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Rafidah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Bella Arisha Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v1i1.158

Keywords:

Marketing Strategy, Development, Service, Increase, Income, Jambi Batik.

Abstract

Sharia marketing strategy is an activity through planning, service, product development and pricing that satisfies consumer needs in accordance with Islamic law. This study aims to analyze the application of sharia marketing strategies in service and product development to increase revenue for batik entrepreneurs in Pelayangan District, Jambi City. This thesis uses leatherative research, the data used are primary data and secondary data. Data is collected through observation and interviews with batik owners in Pelayangan District, Jambi City. The results of this study indicate that some batik entrepreneurs in Pelayangan District, Jambi City have not been optimal in implementing sharia marketing strategies. Sharia marketing strategies can have a positive impact, but it is still necessary to develop an optimal sharia marketing strategy, the development of sharia marketing strategies, especially in product and service promotion in Pelayangan District, Jambi City, of course, there are several obstacles.

References

Dr. Rafidah, S.E., M.E.I, The Effect of Business Capital, Length of Business and Entrepreneurship Attitude to The Income and Welfare of The Family Women of Batik Craftsmen in Danau Teluk Jambi City, Li Falah-Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam Volume 4 (No.2 2019).

Philip Kotler, Suzan Burton, Ken Deans, Linden Brown and Gary Armstrong. Marketing, 9th edtion, United States 2013, pearson education.

Sugiyono, "Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D". (Bandung: Alvabeta, cv, 2016)

Tati Handayani & Muhammad Anwar Fathoni, September 2019, Manajemen Pemasaran Islam, Yogyakarta, (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA).

Tengku Firli Musfar, S.E., M.M. Oktober 2020, Manajemen Pemasaran, Jawa Barat, (Cv. Media Sains Indonesia) Melong Asih Regency B40.

Titin Agustin Nengsih, S.Si., M.Si., PhD, Bella Arisha, M.Sc, Yuliana Safitri, M.Si, Desember 2020, Statistika Deskriptif Dengan Program R, Jambi, PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Skripsi/Jurnal :

A Farhan Zaki “Peran Negara Dalam Perekonomian Menurut Pemikiran Ibnu Taimiyah Dan Relevansinya Terhadap Sistem Pembangunan Ekonomi Di Indonesia” LTA S1 Kearsipan Fakultas EkonomiDan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin JambI, 2020.

Ades artika. Pengaruh Strategi Pemasaran Berbasis Syari’ah Terhadap Minat Konsumen Untuk MembeliProduk Pada Zoya Palembang, Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Fatah, (2017)

Afifah umi, Strategi Marketing Syari’ah Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi kasus PadaPesona ban Prinsip syari’ah di golantepus), skripsi thesis, STAIN Kudus (2016)

Ananda Putri Aisyah, Harum Dwi Nurhaepi, Nurlatifah Khaerani, Ali Alamsyah Kusumadinata, Pengaruh Kualitas Pelayanan E–Commerce Tiktok Shop Terhadap Kepuasan Konsumen Jurnal Volume 1 Nomor 6 (2022) .

Anissa Mayang Indri, Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, Volume 17, Nomor 2, 2020.

Arie Rachmat Sunjoto, Strategi Pemasaran Swalayan Pamella Dalam Perspektif Islam, Jurnal Ekonomi Indonesia, Volume I, No.2 Desember 2011/1433 H.

Badri, Sutrisno dkk, Jurnal Manajemen dan bisnis, Vol 1, No. 1, juli 2003, Program Pasca SarjanaProgram studi MM Universitas Sriwijaya

Chusnul Muali, Khoirun Nisa, Jurnal Pemasaran Syari’ah Berbantuan Media Sosial: Kontestasi Strategis Peningkatan Daya jual, Jurnal Vol. 5, No. 2, April 2019

Dimas Hendika wibowo, Zainul Arifin, Sunarti. Jurnal Ananilis Strategi Pemasaran Untuk meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi Pada Batik Diajeng Solo) Vol.29 No.1

Hari Putra, Analisis Penerapan Strategi Pemasaran Syariah Pada Usaha Batik Dalam Peningkatan Pendapatan Di Kecamatan Danau Teluk Seberang Kota Jambi, Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Uin STS Jambi 2021.

Haris Imawan Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar–Raniry Banda Aceh 2019 M/1440H. Analisis Strategi Pemasaran Syariah Dalam Penjualan Produk Bersaing Di Toko Saudi Store Batoh. Skripsi 2019.

Ida Hidayah, Teguh Ariefiantoro, Dwi Widi Pratito Sri Nugroho, Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis di Kaliwungu), Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, Januari 2021, Vol. 19, No. 1.

Ita Nurcholifah, Strategi Marketing Mix Dalam Perspektif Syariah, Jurnal IAIN Pontianak, Maret 2014, Volume 4 Nomor 1.

Lilis Wahidatul Fajriah, Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Tahu Baxo Ibu Pudjiungaran Dalam Perspektif Ekonomi Islam, Skripsi Universitas Islam Negri Walisongo (2018).

Made Laksmi Saraswati and Ari Pradhanawati, Pengaruh Desain Produk, Kualitas Harga, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kampung Batik WIRADESA.

Mahilda Anastasia Putri & Renny Oktafia. Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Kerupuk Desa Tlasih Tulangan Sidoarjo . November 2021. Volume 4 Nomor 2.

Mashuri. Analisis Strategi Pemasaran Umkm Di Era 4.0, Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita Desember 2019, Vol.8, No.2.

Muzni Ramanto, Progaram Studi Pendidikan Seni Rupa FBS Universitas Negeri Padang Studi Tentang Sejarah Dan Asal-Usul Bentuk Motif Batik Jambi. 2869-6100-1 Padang Juli 2013.

Nurma Waddah. (2019). Unsur-unsur Estetika Dalam Batik Tulis Jambi, Skripsi Fakultas Ushuluddin. Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Nurul Mubarok, Jurnal Strategi Pemasaran Islami Dalam meningkatkan Penjualan Pada Butik Calista.Vol. 3. No.1 juni 2017

Rika Paujiah, Ahmad Mulyadi Kosim, Syarifah Gustiawati, “Pengaruh Bauran Pemasaran Syariah dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian” Al Maal, Vol. 1 X, No. 2, Januari, 2020.

Okky Nanda Rusdianto, Makna Keuntungan Pada Para Pedagang muslim Di pusat GrosirSurabaya (PSG), Skripsi Universitas Airlangga Surabaya, (2013)

Rina Rachmawati Jurusan Teknologi Jasa dan Produksi, FT, Universitas Negeri Semarang. Mei 2011. Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran) Vol. 2, No. 2,

Suhikmah. Upaya pemerintah daerah provinsi Jambi dalam rangka perlindungan Hukum terhadap Ciptaan Motif Batik yang belum terdaftar. Tesis (Program Studi Magister Kenotariatan Universitas Diponegoro, 2008).

Sumadi, Muhammad Tho’in, Tino Feri Efendi, Diyah Permatasari. Fakultas Ekonomi Bisnis, Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia, Fakultas Teknologi, Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia Pengaruh Strategi Pemasaran Syariah, Kepuasan Konsumen dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus pada Naughti Hijab Store) Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol.7, 2021,

T. Prasetyo hadi Atmoko, Jurnal Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume penjualan Di Cavinton Hotel Byogyakarta, Vol. 1, No. 2, Oktobe 2018

Downloads

Published

2023-10-01