Pengaruh Review Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Scarllet Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar TA 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.61722/jssr.v1i2.167Keywords:
Product Reviews, Promotions, Purchase DecisionsAbstract
The purpose of this research is to determine the influence of Product Reviews and Promotions on Scarlett purchasing decisions among Economic Education Students at HKBP Nommensen University, Pematang Siantar. This research is quantitative. The sampling technique used purposive sampling of 100 people and the measurement scale used a Likert scale. Data analysis uses multiple regression tests with the SPSS 25 program. Based on the calculation results, it shows that the product review variable partially has an influence on purchasing decisions, namely 2.215, and the promotion variable partially has an influence on purchasing decisions of 4.608. Meanwhile, the two variables simultaneously have an influence on purchasing decisions of 31.396. This means that the better product reviews and promotions will lead to higher purchasing decisions and will therefore increase the level of customer loyalty.
References
Buku
Aditya, W. et al. (2022) Perilaku Konsumen (Teori dan Implementasi). Edited by HARTINI. Bandung: CV. MEDIA SAINS INDONESIA.
Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan pelanggan. unitomo press.
Rini et.al. 2023. Manajemen Pemasaran. Bandung. Pustaka Lima Jari
Sitorus, O. F. & Novelia. (2017). Strategi Promosi Pemasaran . Jakarta: FKIP UMHAMKA
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPPS.Bandung:Alfabeta.
Surmawan and Ujang (2018) Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Zusrony, Edwin, S.E., M.M., M.Kom (2021) PERILAKU KONSUMEN DI ERA MODERN. Semarang: Yayasan PAT
Jurnal
Anggraeni, C. S., Ekawati, E., & Arum, K. (2023). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pasca Pandemi Analysis of the Effect of Price, Promotion, and Product Quality on Purchase Decisions. EBBANK, 13(1), 49-58.
Arif, D., & Pramestie, D. A. (2021). Pengaruh Promosi Dan Review Produk Pada Marketplace Shopee Terhadap Keputusan Pembelian di UMAHA. Ecopreneur. 12, 4(2), 172-178.
Cahyaningtyas, R., & Wijaksana, T. I. (2021). Pengaruh Review Produk dan Konten Marketing pada Tiktok terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Whitening By Felicya Angelista. eProceedings of Management, 8(5).
Fatmala, A. (2022). PENGARUH REVIEW PRODUK DAN IKLAN SEBAGAI MEDIA PEMASARAN TERHADAP MINAT KONSUMEN PADA SCARLETT WHITENING. GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis, 2(01), 1-18.
Hermawan, F. T. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda (Studi Kasus Pada Konsumen Motor Honda Di Komplek Graha Indah Bekasi) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).
Irawan, F. (2022). Pengaruh Promosi di Sosial Media Instagram dan Citra Merk terhadap Keputusan Pembelian Produk Perawatan Kecantikan Scarlett Whitening/Ferry Irawan/29199008/Pembimbing: Tumpal JR Sitinjak.
Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31-42.
Lubis, D. S. W. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. LITERASI JURNAL EKONOMI DAN BISNIS, 2(1), 183-191
Putra, E. (2020). Pengaruh Promosi Melalui Sosial Media Dan Review Produk Pada Marketplace Shopee Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa STIE Pasaman). Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(3), 467-474.
Saputra, R. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Distro Label Store Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Shafa, P. M., & Hariyanto, J. (2020). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, dan Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian dalam Berbelanja Online Melalui Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Bekasi).
Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh harga, ulasan produk, kemudahan, dan keamanan terhadap keputusan pembelian secara online di Tokopedia. com. Agora, 5(1).
Skripsi
Lubis, Rodhitur Rahman. 2021. Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Skripsi Tidak diterbitkan. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Yanti, Fitri. 2019. Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Viva Kosmetik Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palembang. Skripsi Tidak diterbitkan. Palembang: Universitas Muhammadiyah Palembang
PURBA, B. (2022). PENGARUH PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK. Skripsi Tidak diterbitkan. Medan: Universitas HKBP Nommensen
Rahmad, Andi. (2021). Pengaruh Ulasan Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia.Com Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Umsu. Skripsi Tidak diterbitkan. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan
Sumber Internet Liannya
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.