Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Terhadap Keputusan Pemembelian Laptop Merek Axioo Di Kota Jambi

Authors

  • H Maulana Yusuf Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Lidya Anggraeni UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • M Amrul Hadawi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v1i1.208

Keywords:

Brand Image, Price, Product Quality, Purchase Decision, Axioo Laptop

Abstract

In deciding to buy a product, consumers make several considerations until they come to a decision to buy the product. Other factors that are taken into consideration are product quality, brand image of a product, and price. The importance of maintaining quality and brand image for a product will affect the level of consumer confidence. In addition, the prices offered by various products are an important factor in purchasing decisions. This study aims to determine the effect of brand image, price, and product quality on consumer decisions to buy Axioo brand laptops. This type of research is descriptive quantitative. Data obtained from distributing questionnaires, observation, and documentation. The method used to analyze the data is multiple regression analysis. The results of the study show that brand image, price, and product quality have a partial and simultaneous effect on consumer purchasing decisions.

References

Al-Qur’an

Terjemahannya. (2010). Departemen Agama RI. Jakarta Bumi Restu.

Buku

Agustina, Shinta.(2011). Manajemen Pemasaran. Universitas Brawijaya Press. Malang.

Daga. 2017. Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan.Global RCI, Sulawesi Selatan.

Djohan, A. 2015. Manajemen & Strategi Pembelian. MNC Publishing, Malang.

Fandy, Tjiptono. (2000). Manajemen Jasa Edisi Kedua. Yogyakarta: Andy offset.

Fauzan. 2019. Manajemen Pemasaran Syariah. Bildung, Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Handayani, T. & Fathoni, M. 2019. Buku Ajar Manajemen Pemasaran Islam. CV Budi Utama, Sleman.

Haryanto. 2017. Manajemen Pemasaran Bank Syariah (Teori dan Praktik). Duta Media Publishing, Pamekasan.

Ibrahim, dkk. 2021. Pengantar Ekonomi Islam. Bank Indonesia, Jakarta.

Ilham. (2019). Islamic Branding Dan Religiusitas Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Pada Swalayan Al-Baik Kota Tanjung Pinang. STAIN Sultan Abdurrahman Press, Bintan.

Irwansyah, R. dkk. (2021). Perilaku Konsumen. Widina Bhakti Persada Bandung. Bandung, Jawa Barat.

Kotler, P., dan Amstrong, G. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Rangkuti, Freddy. (2008). The Power of Brands. Jakarta: Erlangga

Razak, M. 2016. Perilaku Konsumen. Alauddin University Press, Makassar.

Sugiyono.(2019).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta,. Hal 142.

Suharsmi Arikunto.(2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta, Rineka Cipta, Hal. 319

Suprapto, R. dan Azizi, Z. W. 2020. Buku Ajar Manajemen Pemasaran. Ponorogo: Myria Publisher.

Supriadi. (2019). Konsep Harga Dalam Ekonomi Islam. Jakarta: Quepedia Press

Syaparuddin. 2002. Ilmu Ekonomi Mikro Islam. Peduli Maslahah Vs Tidak Peduli Maslahah. Yogyakarta, Trust Media Publishing

Tjiptono, Fandy. (2019). Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2010). Perspektif Manajemen dan Pemasaran.Yogyakarta: Andi Offset. Hal 103.

Tjiptono. (2008). Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Suprapto, R. dan Azizi, Z. W. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran. Ponorogo: Myria Publisher. Hal 52-53

Wibowo, A. (2020). Perilaku Konsumen & Hubungan Masyarakat. Yayasan Prima Agus Teknik. Semarang.

Zulham. 2018. Peran Negara Dalam Perlindungan Konsumen Muslim Terhadap Produk Halal. Kencana, Jakarta.

Jurnal

Aditia, F.(2013). Factors That Influence Purchasing Decisions Of Mint Dress At The Counter Java Mall Semarang. Jurnal Ekonomi Widya Manggala. Vol 2. No 1.

Amilia, S. dan Asmara. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan. Vol. 6. No. 1.

Anan, Nadila, Anindita, dan Rosia. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra. Jurnal ekonomi & Ekonomi Stariah. Vol. 4. No.1

Fahira, S., HArtati, T., dan Amir. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Maskara Maybelline. Jurnal Epigram. Vol. 16. No.2.

Fatima. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Liberika Daam Perspektif Islam Pada Gerai UMKM Mekar Jaya. Jurnal Ekonomi Islam. Vol. 3(2).

Khasananh. (2015). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Pelangi kemasan 600 ML di Semarang. Diponegoro Journal of Management. Vol.(4). No. 2.

Meutia D. Analisis Rasio.(2017). Keuagan untuk mengukur Kinerja Keuangan PT Smartfren Telecom,Tbk. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI). 2017. Vol 1. No 1. Hal 703

Musay, P. (2012). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Survey pada Konsumen KFC Kawi Malang.. Vol 1. no. 1. Hal 3

Towoliu dan Tumbuan. (2017). Pengaruh Faktor Pribadi dan Faktor Keluarga Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Waroeng Tepi Laut, Manado. Jurnal Emba. Vol. 5. No.2

Downloads

Published

2023-10-01