Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada Aplikasi Shopee Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

Authors

  • Yustika Warni Pardosi Universitas HKBP Nomensen Pematang Siantar
  • Binsar Tison Gultom Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Debbi Ptra Meyana Sitorus Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v1i2.282

Keywords:

Price, product quality Purchase decisions

Abstract

Current technological developments are increasingly showing very rapid improvements. Technology is increasingly showing progress where all daily activities are carried out easily and quickly, one of which is technological development which is growing rapidly and is currently a trend, namely online trading (e-commerce). The purpose of this research is to determine the influence of product price and quality on purchasing decisions on the Shopee Application, Economic Education Study Program, HKBP Nomensen University, Pematang Siantar. This research is quantitative. The sampling technique used Slovin, a total of 201 people and the measurement scale used a Likert scale. In data analysis using multiple regression tests with the SPSS 21 program. Based on the calculation results, it shows that the price variable partially has an influence on purchasing decisions, namely 4.110, the product quality variable partially has an influence on purchasing decisions of 6.108. Meanwhile, the price and product quality variables simultaneously have an influence on purchasing decisions of 82.971. This means that the better the price and quality of the product, the higher the purchasing decisions will be and thus the level of customer loyalty will increase

References

Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Angipora, Effendi, R. A., & Satrio, B. (2018). Pengaruh Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Karita Muslim Square. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 7(9).

Arumsari, D., & Khasanah, I. (2012). Analisis pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan (AMDK) Merek Aqua (Studi pada Konsumen Toko Bhakti Mart KPRI Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Bailia, J. F., Soegoto, A. S., & Loindong, S. S. R. (2014).Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warungwarung Makan Lamongan. Manado.Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3).

Effendi, R. A., & Satrio, B. (2018). Pengaruh Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Karita Muslim Square. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 7(9).

Fransiscus Xaverius Febrianto, “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Pelanyanan terhadap Keputusan Pembelian Produk Fesyen Melalui Media Social. Yogyakar: universitas sanata dharma Yogyakarta.

Kotler dan Amstrong dalam jurnal Arumsari, D., & Khasanah, I. (2012). Analisis pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan (AMDK) Merek Aqua (Studi pada Konsumen Toko Bhakti Mart KPRI Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Kurniawan, A. A. F. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan promosi terhadap loyalitas konsumen di mediasi dengan kepuasan pelanggan pada jasa transportasi Gorental Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Laksana (2019) dalam Maulana, M. G., & Gunadi, W. (2023). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembellian Online di tojopedia Wilayah DKI Jakarta. Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 3(2), 183-197.

M Prawiro dalam Kurniawan, A. A. F. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan promosi terhadap loyalitas konsumen di mediasi dengan kepuasan pelanggan pada jasa transportasi Gorental Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Malau (2017) dalam Lubis, D. S. W. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Literasi Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 183-191.

Agustina, S., Lestari, E., & Susanti, R. A. D. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui E-Commerce (Studi Empiris Pengguna Shopee Pada Mahasiswa UNITRI) (Doctoral dissertation, Fakultas Manajemen Universitas Tribhuwana Tunggadewi).

Abdul Ghofur Ainun Najib (2022) dalam jurnal NABILA, S. (2022). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Mahasiswa Dalam Berbelanja Online Pada Shopee menurut perspektif Ekonomi Syahriah (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RIAU).

Maulana, M. G., & Gunadi, W. (2023). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Online DI Tokopedia Wilayah DKI JAKARTA. Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 3(2), 183-197.Murni, M. (2022). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Emina Di Kota Banda Aceh. Jimma: Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh, 12(2).

Pratama, D. W., & Santoso, S. B. (2018). Pengaruh citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen pada produk stuck original. Diponegoro Journal of Management, 7(2), 139-149.

Putra, A. E. D. (2012). Efektivitas Social Media Sebagai Sarana Pembentukan Engagement Antara Brand Dengan Target Audience (Pengukuran Engagement berdasarkan IPM Interactions per Thousand) formula pada Target Audience Account Twitter@ GamelanLovers dan Account Facebook Yogyakarta Gamelan Lovers Periode Bulan Agustus 2012) (Doctoral dissertation, UAJY).

Buku

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syofian Siregar, (2013). Metode peneletian Kuantitatif dilengkapi dengan perbandingan perhitungan Manual & SPSS.

Tjiptono dan Candra dalam jurnal Sabilla, T. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus pada konsumen toko kopi Tuku Jakarta) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

WARASTINI, N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Promosi Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada UD. Media Sarana Gianyar (Doctoral dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar).

Downloads

Published

2023-12-01