IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN KERJASAMA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 1 BONYOKAN
DOI:
https://doi.org/10.61722/jssr.v2i6.2895Keywords:
Pembelajaran Kooperatif, Deskripsi Kualitatif,Peserta DidikAbstract
Pembelajaran kooperatif merupakan metode belajar yang dilakukan dengan kerjasama suatu kelompok sehingga peserta didik bekerja sama dan saling memberikan dorongan antar peserta didik satu sama lain. Mereka juga bisa saling mengenal dan berkolaborasi dalam menyelesaikan pembelajaran. Penelitian ini mengkaji implementasi pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode yang peneliti gunakan yaitu deskripsi kualitatif dengan melibatkan 24 peserta didik.
References
Atikah Atikah, Fatya Ayuni, Irsal Hidayat, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Implementasi Strategi Cooperative Learning Dalam Pembelajaran. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 4(3), 90–105. https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i3.1458
Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), 466–476. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6735
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK. 1(1).
Jannah, F., Fathuddin, T. I., & Zahra, P. F. A. (2022). PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR 2022. . . Oktober, 4(2).
Mandasari, S. D., & Supriyadi, S. (2024). ANALISIS SIKAP KERJASAMA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL KOOPERATIF LEARNING. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(2), 200–207. https://doi.org/10.24176/re.v14i2.12446
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.