IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN KERJASAMA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 1 BONYOKAN

Authors

  • Devina Wynne Prastica Universitas Widya Dharma Klaten
  • Erlintang Femy Firdauzy Universitas Widya Dharma Klaten
  • Isna Rahmawati Universitas Widya Dharma Klaten

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v2i6.2895

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, Deskripsi Kualitatif,Peserta Didik

Abstract

Pembelajaran kooperatif merupakan metode belajar yang dilakukan dengan kerjasama suatu kelompok sehingga peserta didik bekerja sama dan saling memberikan dorongan antar peserta didik satu sama lain. Mereka juga bisa saling mengenal dan berkolaborasi dalam menyelesaikan pembelajaran. Penelitian ini mengkaji implementasi pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode yang peneliti gunakan yaitu deskripsi kualitatif dengan melibatkan 24 peserta didik.

References

Atikah Atikah, Fatya Ayuni, Irsal Hidayat, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Implementasi Strategi Cooperative Learning Dalam Pembelajaran. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 4(3), 90–105. https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i3.1458

Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), 466–476. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6735

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK. 1(1).

Jannah, F., Fathuddin, T. I., & Zahra, P. F. A. (2022). PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR 2022. . . Oktober, 4(2).

Mandasari, S. D., & Supriyadi, S. (2024). ANALISIS SIKAP KERJASAMA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL KOOPERATIF LEARNING. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(2), 200–207. https://doi.org/10.24176/re.v14i2.12446

Downloads

Published

2024-11-19