PROBLEMATIKA BUDAYA MEMBACA DI IDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.61722/jssr.v2i6.2945Keywords:
Culture, Reading, IndonesiaAbstract
The purpose of this research is to find out the problems of reading culture in Indonesia. This research method uses the Library study method.b Data collection is done by searching for sources and constructing from various sources such as books, journals and research that has been done. Reading culture is very important for Indonesian people so that people do not easily accept hoax news.
References
Ade, Dian, Putri Pane, Jesika Nonida Purba, Kesia Meylani Purba, and Rafiqah Azizah Chaniago. 2024. “2024 Nanggroe : Jurnal Pengabdian Cendikia Problematika Dan Solusi Pada Permasalahan Kemampuan Membaca Siswa Kelas Tinggi Di SDN 105326 Bangun Rejo 2024 Nanggroe : Jurnal Pengabdian Cendikia.” Problematika Dan Solusi Pada Permasalahan Kemampuan Membaca Siswa Kelas Tinggi Di SDN 105326 Bangun Rejo Dian 3(2):214–20.
Amir, Amriani. 2023. “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Baca Siswa Di Daerah Terpencil Terdepan Dan Tertinggal.” Empiricism Journal 4(1):1–6. doi: 10.36312/ej.v4i1.1239.
Bedjo sukarno, Kunasiroh. 2020. “Intelektiva : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora.” KEBUTUHAN SETIAP ORANG DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN YAITU DENGAN MEMBACA Bedjo 1(12):254–59.
Dwi, Lolita, Kusuma Devi, and Sueb Hadi. 2024. “Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Teknologi Komik Digital ( Canva ) Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Di SMP Negeri 13 Surabaya.” (4).
EQTAFA BERRASUL MUHAMMAD Institut PTIQ Jakarta. 2020. “PENGARUH BUDAYA MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMP ISLAM AL SYUKRO UNIVERSAL CIPUTAT TAHUN 2019.”
(2):102–14.Irhandayaningsih, Ana. 2019. “Menanamkan Budaya Membaca Pada Anak Usia Dini.” Menanamkan Budaya Membaca Pada Anak Usia Dini 3(2):109–18. doi: 10.14710/anuva.3.2.109-118.
Jatnika, Shiva Ardenia. 2019. “Budaya Literasi Untuk Menumbuhkan Minat Membaca Dan Menulis.” Indonesian Journal of Primary Education 3(2):1–6. doi: 10.17509/ijpe.v3i2.18112.
Miza, dkk: 2021, Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka, Jurnal Pendidikan Vol.6, No 1Megantara, Kartika, and Abdul Wachid BS. 2021. “Pembiasaan Membaca Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Gerakan Literasi Sekolah.” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra 7(2):1–8. doi: 10.30605/onoma.v7i2.1230.
Mertens, D. M., & McLaughlin, J. A. (2004). Quantitative research methods: Questions of impact.
Research and Evaluation Methods in Special Education, 51–68.Priyeti. p. 2017. “Usaha Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa.” Jurnal Pustaka Budaya 4(1):55– 67.
Sari, Citra Pratama. 2018. “Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa Kelas IV.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7(32):4–10.
Sovia, Siti. 2016. “Jurnal Ilmiah Guru ‘COPE’, No. 02/Tahun XX/November 2016.” MENINGKATKAN KEBIASAN MEMBACA BUKU INFORMASI PADA ANAK SEKOLAH DASAR 96(02):1–7.
Sugianto Sugianto. 2023. “Mewujudkan Budaya Literasi Melalui Peningkatan Minat Baca Pada Usia Dini.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia 1(1):53–64. doi: 10.55606/jpmi.v2i1.1121.
Sugiyono.(2016) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (MixeMethods).Bandung: Alfabeta.
Tahmidaten, Lilik, and Wawan Krismanto. 2020. “Permasalahan Budaya Membaca Di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya).” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 10(1):22–33. doi: 10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33.
Yoni, Efri. 2020. “PENTINGNYA MINAT BACA DALAM MENDORONG KEMAJUAN DUNIA PENDIDIKAN.” 7(1):1–20.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.