PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN BANTUAN MEDIA GAME EDUKASI QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Authors

  • Isep Saepumilah Universitas Siliwangi
  • Roro Suci Nurdianti Universitas Siliwangi
  • Yoni Hermawan Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v2i6.2948

Keywords:

Discovery Learning, Hasil Belajar, Quizizz.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di PKBM AL FATTAH yang dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran ekonomi yang dibuktikan dengan nilai hasil belajar yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sehingga tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media game edukasi Quizizz dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi materi ketenagakerjaan. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Jurusan IPS Program Paket C di PKBM AL FATTAH tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 55 peserta didik. Sampel penelitian ini yaitu kelas XI IPS 1 yang berjumlah 31 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 yang berjumlah 24 orang peserta didik sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel purpose sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media game edukasi Quizizz dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi, Ha diterima jika nilai Sig.2 tailed < dari 0,05 atau 5% dan berdasarkan hasil penelitian pada kelas eksperimen diperoleh nilai Sig.2 tailed sebesar 0,000 < 0,005, jadi Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan nilai rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 91 dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 59, maka penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media game edukasi Quizizz efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

References

Adi Kusumastuti, Ahmad Mustamil Khoiron, T. A. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. In Informasi dan Statistik.

Assidiq, M. F. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi di SMA Negeri 3 Boyolali Muhammad. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Habsy, B. A., Fitriano, L., Sabrina, N. A., & Mustika, A. L. (2023). Tinjauan Literatur Teori Kognitif dan Konstruktivisme dalam Pembelajaran. TSAQOFAH, 4(2), 751–769. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i2.2358.

Indah Suryanda, M., & Made Novi Suryanti, N. (2023). Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Peserta didik di SMAN, B. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 8(33), 1745–1752.

Nurrahman, B. T., Untari, M. F. A., & Purnamasari, I. (2022). Keefektifan Media Pembelajaran Game edukasi quizizz Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V Tema 5 Ekosistem di SD Negeri 1 Getas. Pena Edukasia, 1(1), 53–57. https://doi.org/10.58204/pe.v1i1.22.

Siyoto, Sandu. Sodik, M. A. (2020). Dasar metode penelitian (Vol. 21, Issue 1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutomo (ed.); Edisi Kedu).

Suoth, L., Mutji, E. J., & Balamu, R. (2022). Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Vygotsky Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 48–53.

Zainiyati, H. S. (2010). Model Dan Strategi Pembelajaran Aktif (Teori dan Praktek dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam). CV. Putra Media Nusantara, 1–232. https://core.ac.uk

Downloads

Published

2024-11-26