Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan Tantangan Guru Pada Abad 21
DOI:
https://doi.org/10.61722/jssr.v1i2.295Keywords:
penggunaan teknologi, pendidikan teknologi, guruAbstract
Tantangan bagi guru pada abad 21 ialah pemanfaatan teknologi di dunia pendidikan. Secara umum para ahli mengatakan bahwa teknologi memiliki dua sisi. Di satu sisi, teknologi memberi banyak sekali manfaat, sehingga sebagian guru memanfaatkannya untuk proses mengajar. Namun di sisi lain, teknologi bisa memberikan dampak buruk di dunia pendidikan. Hakikat pendidikan tidak hanya mencakup transfer ilmu tetapi juga pemberian teladan, penanaman nilai-nilai baik, pengembangan kepribadian, dan lain sebagainya. Hal tersebut tidak bisa dicapai hanya dengan bantuan teknologi saja melainkan memerlukan interaksi intersubjektif manusia antara guru dan siswa. Oleh karena itu, refleksi tentang “pemanfaatan dukungan teknologi dalam pembelajaran, sekaligus memberikan “esensi” pendidikan, harus secara sadar dilaksanakan. Jika tidak dampak negatif dari penggunaan teknologi di dunia pendidikan akan semakin meningkat. Mungkin kita justru mengabaikan “hal yang penting” di dunia pendidikan yang bertumpu pada rangkuman buku dan pertanyaan-pertanyaan praktis yang tampaknya sudah meluas dan mapan, bisa jadi mengindikasikan bahwa hakikat pendidikan semakin hilang.
References
Fitriah, Dhia, and Meggie Ullyah Mirianda. “Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Berbasis Teknologi,” 2020
Mubin, Fatkul. “Tantangan Profesi Keguruan Pada Era Revolusi Industri 4.0,” 2020
Ngongo, V. L., Hidayat, T., & Wiyanto, W. (2019, July). Pendidikan Di Era Digital. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Sulastri, Happy Fitria, and Alfroki Martha. “Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Journal Of Education Research, 2021
Sulastri, Happy Fitria, and Alfroki Martha. “Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Journal Of Education Research, 2022
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.