UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V SDN 241 PALEMBANG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.61722/jssr.v2i6.2953Keywords:
Learning Outcomes, Interactive MediaAbstract
This research aims to improve the learning outcomes of students in class V in Indonesian language subjects by using interactive learning media in the form of PPT slides, learning videos and word wall games. This research uses the Classroom Action Research (PTK) method with the subjects namely class V.B students at SDN 241 Palembang, totaling 27 students. Data collection techniques use observation, interviews, tests and documentation. The research results showed a significant increase in the percentage of students reaching the Minimum Completeness Criteria (KKM) from cycle 1. The average value of students was 64.07 and in cycle 2 it was 80.92. So the research results show that the use of interactive learning media can improve student learning outcomes.
References
Anisa, dkk. (2023). Media Interakif Nearpod Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio. 9(2)
Arimbawa, I.G.P.A. (2021). Penerapan Word Wall Game Quis Berpandukan Classroom untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Biologi. Indonesia Journal of Educational Development. 2(2)
Auliah, N.L., Asrul & Ramadhani, I.A. (2023). Penggunaan Media Interaktif berbasis Animasi Power Point terhadap Hasil Belajar Materi Gya dan Gerak di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda, 5(1).
Bahar, H.M.A., Septiana, I., & Sudadi. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Interaktif dan Benda Kongkret pada Peserta Didik Kelas III SDN Keputran 06. Educatif: Journal of Education Research, 4(4).
Dian, dkk. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Multimedia Interaktif dengan Model Discovery Learning. Euler: Jurnal Ilmiah Matermatika, Sains dan Teknologi. 9(2)
Firsta, dkk. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Bantuan CD Interaktif pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 9(2)
Icha, dkk. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Kecepatan Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(4).
Indah, dkk. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Kecamatan Guguak. Jurnal Penelitian dan Pengambdian Masyarakat. 1(9).
Irwanto, I. (2020). Implementasi Multimedia I-Spring Dengan Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Salat Untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1), 65–78.
Isnaeni, Neni & Hildayah, Dewi. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntx Transformation, 1(5).
Karmila, dkk. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas IV SD Negeri 240 Palembang Pada Mata Pelajaran IPAS. Jurnal Cakrwala Akademika (JCA) 1(3)
Leon, dkk. 2021. Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Penerapannya. CV Adanu Abimata. Indramayu Jawa Barat
Mahartinia, S.Q.G., Nuraini, N.L.S., & Ahdhianto, E. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Matematika Berbasis Ispring Materi FPB dan KPK untuk siswa kelas IV Sekolah. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(6).
Martini, dkk. (2021). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. 7(1)
Parahita, I. N., Santiyadnya, N., & Sutaya, I. W. (2019). Learning Community untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perawatan PC. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(3), 118–127.
Putra, A.D., & Salsabila, Hasna. (2021). Pengaruh Media Interaktif dalam Perkembangan Kegiatan Pembelajaran pada Instansi Pendidikan. Inovasi Kurikulum, 18(2)
Rihani, dkk. (2022). Studi Literatur: Media Interaktif Ispring Suite Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. 7(2)
Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Salsabila, Annisa & Nawawi Effendi. (2023). Perwujudan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Abad Ke-21 Di SMA Negeri 1 Palembang. Jurnal Pengabdian West Scrience 2(1)
Tri, dkk. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Media Youtube untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Kelipatan Dan Faktor Peserta Didik Kelas IV Sd Negeri 240 Palembang. Jurnal Cakrwala Akademika (JCA) 1(3)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.