PENERAPAN NILAI-NILAI ASWAJA SEBAGAI DASAR DAN PRINSIP ASWAJA MELALUI PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDIAYAH AL-FALAH KUNCUNG BANYUARANG NGORO JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.61722/jssr.v2i6.2979Keywords:
Penerapan Mata Pelajaran Aswaja, Nilai-Nilai Ahlussunnah Wal Jamaah (ASWAJA), Pembentukan Kepribadian SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membahas lebih dalam mengenai penerapan mata pelajaran Aswaja di MI AL-Falah Kuncung Banyuarang Ngoro Jombang pembelajaran agama yang butuh ditanamkan kepada para murid supaya tidak terjerumus dalam pergaulan yang menyimpang diera kemajuan globalisasi sekarang.Dalam hal ini seorang guru pembelajaran agama Islam sangat berarti kedudukannya dalam membentuk kepribadian muridnya dengan baik tanpa mengesampingkan norma-norma agama. Ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah atau biasanya disingkat dengan kata ASWAJA oleh kalangan Nahdliyin (NU) dikira cocok dengan Islam Indonesia,sebab didalamnya terdapat ajaran mengenai prinsip-prinsip,nilai-nilai aswaja seperti Tawassuth (mooderat) ,Tawasun (balance atau seimbang),Ta`adhul (adil),Tasamuh (toleransi). Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan mata pelajaran Aswaja di MI AL-Falah kuncung sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dibuat. Hal ini dilakukakn untuk mendukung siswa agar lebih memahami materi Aswaja,dan benar-benar mampu menerapkan dengan baik dalam tindakan,fikiran,ucapan didalam kehidupan sehari-hari
References
A. Pribadi, Benny. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat. Ahmad, A.B. 2010. Ensiklopedi Metodologi al-Qur’an. Mesir: Maktabah al-Usrah. Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:
Rineka Cipta
Anwar, Cecep, dan Nuryana, Ari (2019). Nilai pendidikan aqidah akhlak dalam surah al-Baqarah ayat 177 dan al-Nisa ayat 36. ATTHULAB: Islamic Religion Teaching & Learning Journal Volume 4 Nomor 2
Choiriyah, Siti. 2018. Implementasi Pembelajaran Aswaja untuk Peningkatan Iman dan Taqwa di SMK Al Falah Salatiga. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.
Fachrudin, Yudhi. 2023. Analisis Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Dirasah: Jurnal Pemikiran Sejarah Kebudayaan Dasar. Vol. 6, No. 1.
Fitrah, Muh, dkk. 2017. Metodologi Penelitian (Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, & Studi Kasus). Jawa Barat: CV Jejak.
Kadariah, dkk. 2020. Faktor Kesulitan Guru dalam Proses Pembelajaran Ditinjau dari Pengunaan Kurikulum, Struktur Materi, Sarana dan Prasarana, dan Alokasi Waktu. Jekpend: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Vol. 3, No. 2.
Khallaf, Abd. Wahab. 2004. Ilmu Ushul Al-Fiqh. Jumhur Indonesia: Al-Haromain. Margono S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Misrawi, Zuhairi. 2010. Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari, Moderasi, Keumatan dan Kebangsaan. Jakarta : Kompas
Muzakkir. 2015. Keutamaan Belajar dan Mengajarkan Al-Qur'an: Metode Maudhu’i dalam Perspektif Hadis. Lentera Pendidikan, Vol. 18, No. 1: pp. 107-121.
Sadiman, Arief S., dkk. 1986. Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No.6 Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali.
Subini, Nini. 2012. Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sumara, D.S., Humaedi, S., & Santoso, M.B. 2017. Kenakalan Remaja dan Penanganannya. Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.
Syarif, Jamal. 2015. Dinamika Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Banjarmasin: Institut Agama Islam Negeri Antasari.
Tanzeh. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras.
Tim Aswaja NU Center PWNU Jatim. 2016. Khazanah Aswaja: Memahami,
Mengamalkan dan Mendakwahkan Ahlussunnah Wal Jamaah. Surabaya: Aswaja NU Center PWNU Jatim.
Tim Pustaka Familia. 2006. Warna-Warni Kecerdasan Anak dan Pendampingannya.
Yogyakarta: Kanisius.
Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konsleing.
Jakarta: RajaGrafindo.
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Zahroh dan Na’imah. 2020. Peran Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Jogja Green School. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo. Vol. 7, No. 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.